AI dan manfaatnya bagi manusia
|

Penerapan Artificial Intelligent untuk Pembangunan Indonesia

Anak saya, El, mulai menonton film Iron Man yang release pertama di tahun 2008 saat dia masih TK, entah TK A atau TK B lupa. Saat itu dia baru berumur 5 tahun.

Kok anak TK bisa tau? Karena banyak teman sekelasnya yang sudah nonton film ini, lalu biasa lah ya pada cerita ke teman-teman lainnya. Mungkin karena mendengar ceritanya kok seru, anak saya kemudian meminta ibu bapaknya nonton bareng.

Film End Game dimana Tony Stark alias Iron Man menghembuskan nafas terakhir, El sudah duduk di bangku SMA. Selama 13 tahun El mengenal Tony Stark dan Iron Man. Saking sayangnya dia dengan Iron Man, saat Tony Stark meninggal, dia menangis keras di bioskop. Emaknya pengen tertawa tapi takut dosa 馃槀

J.A.R.V.I.S. (Just A Rather Very Intelligent System) adalah robot asisten berbasis AI buatan Tony Stark yang mampu berkomunikasi dengan suara dan memberikan informasi serta dukungan teknis, termasuk mengendalikan peralatan Iron Man, menganalisis data, dan memberikan saran. Keren!

Jarvis Tony Stark Artificial Intelligence

Saat kami menonton Iron Man terutama tokoh virtual J.A.R.V.IS ini, kami sama sekali enggak ngeh bahwa J.A.R.V.I.S dibuat menggunakan program komputer berbasis AI atau kecerdasan buatan. Maklum, literasi digital di tahun 2008 masih minim yang membahas tentang artificial intelligent.

Berarti AI hanya ada di dunia film dan Marvel Cinematic Universe saja dong? Eitss,,, jangan salah. Ada banyak kecerdasan buatan atau artificial intelligent di dunia nyata yang mungkin teman-teman tidak sadar sudah menggunakannya sehari-hari.

Beberapa gambar yang saya gunakan di artikel ini menggunakan AI Midjourney (yang ada watermark nya) – yang mampu generate dan memberikan beberapa pilihan image (gambar) sesuai dengan kata kunci yang saya ketikkan.

Sebagai freelancer, saya sering menggunakan Trello dan Monday.com, alat atau tools yang menggunakan fitur-fitur AI untuk membantu mengatur dan melacak proyek. Tools grafis seperti Canva atau Adobe Spark menggunakan teknologi AI untuk mempermudah pembuatan desain grafis yang menarik.

Lebih lengkap tentang tools berbasis AI yang bisa dan biasa digunakan oleh freelancer bisa dibaca disini: Pemahaman Kecerdasan Buatan.

Pada tahun 2017, AI sudah digunakan untuk membantu banyak sektor di seluruh dunia. Industri yang paling banyak menggunakan AI adalah sektor industri teknologi. Sumber.

Pertanyaan selanjutnya, bisakah artificial intelligent bermanfaat bagi pembangunan suatu negara, khususnya negara kita tercinta Indonesia?

Menuju Indonesia Emas 2045

Di tahun 2045, Indonesia di proyeksikan mendapat bonus demografi. Jumlah penduduk Indonesia pada usia produktif (15 – 64 tahun) akan meningkat hingga berjumlah 70% dari total penduduk. Wow…

Memangnya ada manfaat apa dari bonus demografi? Bukannya hanya menambah jumlah penduduk saja? 馃檯鈥嶁檧锔 Bukan dong….

Jumlah penduduk Indonesia

Tahun 2020
Tahun 2045

Poin Penting Visi Indonesia Emas 2045

Visi Indonesia Emas 2045 bertujuan untuk mengubah Indonesia menjadi negara maju yang makmur dan berdaulat pada tahun 2045, yang juga merupakan tahun peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Beberapa poin penting dalam Visi Indonesia Emas 2045 meliputi

  • Perekonomian Maju. Meningkatkan perekonomian Indonesia untuk menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045. Melibatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat, investasi dalam industri strategis, dan perluasan ekonomi digital.
  • Infrastruktur dan Teknologi. Pembangunan infrastruktur modern dan penggunaan teknologi inovatif untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas.
  • Kesejahteraan Rakyat. Meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia melalui perbaikan dalam sektor pendidikan, kesehatan, sosial, dan lingkungan.
  • Lingkungan Hidup dan Keberlanjutan. Mempertahankan dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan hidup sambil memperhatikan perlindungan alam dan upaya mitigasi perubahan iklim.
  • Ketahanan Nasional. Meningkatkan ketahanan nasional Indonesia di berbagai bidang, termasuk keamanan, pertahanan, dan kedaulatan.
  • Kemandirian Pangan dan Energi. Mengembangkan kedaulatan pangan dan energi untuk mengurangi ketergantungan pada impor.
  • Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional. Meningkatkan peran Indonesia dalam hubungan internasional, terutama dalam hal diplomasi, perdagangan, dan kerjasama internasional.
  • Pendidikan dan Sumber Daya Manusia. Investasi dalam pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia untuk memastikan adanya tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing.

Penerapan AI yang bijaksana dan strategis dapat mendukung pencapaian tujuan Indonesia Emas 2045, yaitu meningkatkan kualitas hidup penduduk Indonesia, memajukan ekonomi, dan mencapai perkembangan berkelanjutan. Oleh karena itu, AI dapat menjadi salah satu alat yang penting dalam mencapai visi jangka panjang ini.

Manfaat dan keuntungan bonus demografi penduduk di INDONESIA

Peningkatan Tenaga Kerja

Bonus demografi berarti bahwa ada lebih banyak orang tersedia dan siap untuk bekerja. Hal ini penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

Dengan populasi yang dominan dalam kelompok usia produktif, negara dapat mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat karena lebih banyak orang yang bekerja dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi.

Sumber Daya Manusia untuk Industri

Bonus demografi dapat memenuhi permintaan tenaga kerja dalam industri-industri yang membutuhkan pekerjaan fisik dan berat, seperti konstruksi, pertanian, atau manufaktur.

Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Kelompok usia produktif seringkali berkontribusi pada inovasi dan pengembangan teknologi. Bonus demografi dapat mendorong inovasi dan penemuan baru.

Peningkatan Konsumsi

Dengan lebih banyak orang yang bekerja dan menghasilkan pendapatan, konsumsi rumah tangga cenderung meningkat, yang secara paralel mendukung pertumbuhan ekonomi.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk karena ada lebih banyak sumber daya manusia yang tersedia untuk memberikan layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur dasar.

Ada banyak manfaat bonus demografi yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung pembangunan Indonesia. Terutama karena jumlah prosentase usia produktif yang lebih banyak (70%) daripada usia non-produktif (30%).

Di era digital dan revolusi industri 4.0 saat ini, perlu dipikirkan bagaimana cara untuk menyiapkan generasi produktif melek digital untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Dampak Positif dan Negatif Artificial Intelligence

Tujuan utama AI adalah membuat program komputer yang dapat “berpikir” dan “belajar” seperti manusia, serta dapat melakukan tugas-tugas yang memerlukan pemahaman, penalaran, dan pengambilan keputusan yang kompleks. Ingat bagaimana J.A.R.V.I.S bekerja.

AI memang mempunyai banyak dampak positif bagi manusia, tapi ada juga dampak negatif AI yang perlu kita ketahui.

Dampak Positif Penggunaan Artificial Intelligence

AI memiliki banyak dampak positif dalam penggunaan sehari-hari yang telah mengubah cara kita hidup dan bekerja.

Beberapa dampak positif:
  • Rekomendasi Konten: AI digunakan untuk memberikan rekomendasi konten di platform seperti Netflix, YouTube, dan Spotify. Ini memungkinkan kita menemukan film, musik, dan video yang sesuai dengan minat kita.
  • Pencarian yang Lebih Baik: Mesin pencari seperti Google menggunakan AI untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat.
  • Pembelajaran Online: Platform pembelajaran online menggunakan AI untuk menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa.
  • Manajemen Keuangan: Aplikasi dan layanan fintech menggunakan AI untuk membantu dalam manajemen keuangan pribadi, credit scoring, perencanaan investasi, dan deteksi penipuan.
  • Penerjemahan Bahasa: Aplikasi penerjemah bahasa menggunakan teknologi AI untuk membantu dalam komunikasi lintas bahasa.
  • Kendaraan Otonom: Teknologi AI telah memungkinkan perkembangan kendaraan otonom yang dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mengurangi kecelakaan.
  • Penghematan Energi: AI dapat digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan penggunaan energi, yang berkontribusi pada penghematan energi dan pelestarian lingkungan.

Dampak Negatif Penggunaan Artificial Intelligence

Selain dampak positif, AI juga mempunyai dampak negatif yang perlu kita ketahui.

Dampak negatif dari penggunaan AI diantaranya:
  • Kehilangan Pekerjaan: Penerapan AI dalam otomatisasi dapat mengakibatkan pengurangan pekerjaan di sektor-sektor tertentu yang dapat digantikan oleh mesin.
  • Kecurangan dan Keamanan: AI juga dapat digunakan untuk melakukan kejahatan siber dan penipuan. Peretas dapat memanfaatkan kelemahan dalam sistem berbasis AI.
  • Ketergantungan pada Teknologi: Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi AI dapat membuat masyarakat rentan terhadap kerentanan teknologi dan kegagalan sistem.
  • Masalah Etika: AI dapat memunculkan pertanyaan etika tentang pengambilan keputusan otomatis dan privasi data, terutama dalam aplikasi seperti pengenalan wajah dan pemantauan.
  • Kemungkinan Bias: Algoritma AI dapat mencerminkan bias yang ada dalam data pelatihan mereka, sehingga dapat menciptakan bias dalam pengambilan keputusan.
  • Keterbatasan Kreativitas dan Empati: Meskipun AI dapat melakukan tugas-tugas tertentu dengan sangat baik, mereka masih kurang dalam kreativitas dan empati, yang merupakan karakteristik manusia.

Di Indonesia sendiri, manfaat positif AI yang bersumber dari Databoks, lebih banyak bertujuan untuk menambah produktifitas kerja. Para pekerja juga menggunakan AI untuk mencari ide.

Contohnya, seorang content writer yang menggunakan ChatGPT untuk menemukan ide topik dan headline, serta menggunakan Grammarly untuk mengecek grammar artikel berbahasa Inggris.

Penerapan Artificial Intelligence untuk Pembangunan Indonesia

Penggunaan AI di Indonesia ternyata sudah dimulai sejak tahun 1980 an, namun masih terbatas penggunaannya di industri penerbangan, logistik, minyak dan gas.

Indonesia adalah negara agraris, negara di mana sebagian besar penduduknya bergantung pada sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama.

AI memiliki potensi untuk meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan petani, dan mengurangi dampak lingkungan negara agraris.

Dibawah ini adalah bagaimana penerapan artificial intelligent bisa berguna dan bermanfaat untuk pembangunan Indonesia.

Penerapan AI di bidang Pertanian

Pile of Assorted-varieties of Fruits and Vegetables

Peningkatan Produktivitas Pertanian

AI dapat digunakan untuk memantau pertumbuhan tanaman dan memberikan rekomendasi tentang waktu yang tepat untuk menanam dan memanen sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan hasil panen.

Prediksi Cuaca dan Perubahan Iklim

AI digunakan untuk memprediksi cuaca dan perubahan iklim. Penggunaan ini bisa membantu petani mengambil langkah-langkah yang sesuai dalam merespons perubahan cuaca yang dapat memengaruhi hasil panen.

Perencanaan Tanaman yang Optimal

AI dapat memberikan rekomendasi tentang jenis tanaman yang cocok ditanam di wilayah tertentu berdasarkan analisis data dan perkiraan cuaca.


Bersumber dari Databoks, industri keuangan yang menggunakan AI mendapatkan peningkatan manfaat paling banyak dalam hal inteligensi bisnis, inovasi, keterlbiatan pelanggan, daya saing, dan margin.

Penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam industri keuangan telah mengubah cara bisnis dan layanan keuangan dikelola, memberikan manfaat signifikan kepada perusahaan dan konsumen.

Penerapan AI di bidang Keuangan

  • Analisis Risiko Kredit. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data peminjam seperti riwayat kredit, pendapatan, dan riwayat transaksi, AI dapat memprediksi sejauh mana seseorang atau bisnis dapat membayar pinjaman.
  • Manajemen Portofolio. AI digunakan untuk mengelola portofolio investasi yang mencakup pembuatan rekomendasi investasi berdasarkan analisis data dan pemantauan pasar secara real-time.
  • Trading Algoritmik. Perdagangan saham dan mata uang dapat diotomatisasi dengan algoritma AI yang menganalisis data pasar dan melakukan perdagangan dalam hitungan detik.
  • Pemrosesan Dokumen. AI digunakan untuk mengotomatisasi pemrosesan dokumen, seperti verifikasi identitas atau pengolahan klaim asuransi.
  • Pengelolaan Risiko. AI digunakan untuk mengelola risiko keuangan dengan melakukan analisis risiko dan membantu perusahaan mengelola portofolio mereka secara lebih efisien.
  • Pengembangan Aplikasi FinTech. AI memungkinkan pengembangan aplikasi FinTech seperti layanan perbankan online, pembayaran digital, dan aplikasi peer-to-peer lending.

Penerapan AI di bidang Kesehatan

Penerapan AI dalam kesehatan tidak hanya meningkatkan akurasi diagnosis dan perawatan, tetapi juga membantu meningkatkan efisiensi sistem kesehatan secara keseluruhan.

  • Diagnosis Medis. AI digunakan untuk mendukung dokter dalam mendiagnosis penyakit. Sistem AI dapat menganalisis data medis, gambar pencitraan medis (seperti CT scan dan MRI), dan riwayat pasien untuk membantu mendeteksi penyakit dan kondisi kesehatan.
  • Analisis Gambar Medis. AI digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasi gambar medis. Misalnya, dalam deteksi kanker, AI dapat membantu mengidentifikasi tumor yang kecil dan perubahan patologis pada gambar radiologi.
  • Manajemen Data Kesehatan. AI digunakan untuk mengelola dan menganalisis data medis besar seperti catatan medis elektronik (EHR), membantu dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan mengidentifikasi pola kesehatan.
  • Penjadwalan Operasi. Sistem AI dapat membantu dalam penjadwalan operasi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya rumah sakit.
  • Telemedisin. AI digunakan dalam telemedisin, memungkinkan konsultasi medis jarak jauh dan perawatan kesehatan online. Contohnya: aplikasi Halodoc.
Berry Cream Dessert

Penerapan AI di bidang Pendidikan

Penerapan AI dalam pendidikan membantu meningkatkan kualitas pendidikan, memungkinkan pembelajaran yang lebih efektif, dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas.

Personalisasi Pembelajaran

AI digunakan untuk membuat pengalaman pembelajaran yang lebih personal. Sistem AI dapat memahami kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa, dan menyediakan materi pembelajaran yang sesuai.

Analisis Kinerja Siswa

AI dapat menganalisis data kinerja siswa, termasuk hasil tes dan tugas, dan memberikan umpan balik yang lebih terperinci kepada guru dan siswa.

Tutor Virtual

Sistem AI berperan sebagai tutor virtual yang membantu siswa dalam menjelaskan konsep, menjawab pertanyaan, dan memberikan latihan yang sesuai.

Pengembangan Kurikulum

AI digunakan untuk merancang kurikulum yang relevan dan terkini, berdasarkan analisis tren pendidikan dan kebutuhan pasar kerja.

Pendidikan Jarak Jauh

AI digunakan dalam pendidikan jarak jauh, membantu siswa mendapatkan akses ke pembelajaran berkualitas tanpa harus berada di lokasi fisik tertentu.


Kesimpulan

Visi Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita jangka panjang pemerintah Indonesia untuk mencapai negara yang makmur, berdaulat, dan inovatif pada tahun 2045, yang bertepatan dengan seratus tahun kemerdekaan Indonesia.

Dalam mencapai visi ini, penerapan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI) memiliki peran yang penting. Dengan memanfaatkan potensi AI, Indonesia dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan mencapai perkembangan berkelanjutan.

Penerapan AI dalam berbagai sektor, seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi digital, akan memberikan manfaat besar dalam meningkatkan ketahanan pangan, pelayanan kesehatan yang lebih baik, pembelajaran yang lebih efektif, dan pertumbuhan ekonomi digital.

AI juga dapat membantu dalam manajemen sumber daya alam dan lingkungan, serta meningkatkan efisiensi infrastruktur dan transportasi. Dalam menggabungkan visi Indonesia Emas 2045 dengan penerapan AI, Indonesia dapat bergerak menuju masa depan yang lebih cerah, dengan masyarakat yang lebih sejahtera dan inovasi yang mendukung perkembangan berkelanjutan.

Similar Posts