|

Sukses Belajar Matematika: Bimbel Live Interaktif di Sinotif

Sejujurnya, saat anak saya El mulai menginjak bangku SMA, emaknya ini bingung. Setelah SMA mau sekolah dimana, mau ambil jurusan atau fakultas apa? Kuliah disini di Palangkaraya atau di Jawa?

Mungkin saja saya sebagai ibunya terlalu OT alias over thinking. Tapi lebih baik over thinking daripada gak memikirkan apa-apa kan?

Sekian lama bekerja kantoran dan lima tahun lebih bekerja dari rumah menjadi freelancer, saya melihat bahwa teknologi masih membuka ruang untuk banyak kesempatan pekerjaan baik onsite maupun remote.

Saya juga beberapa kali berdiskusi dengan salah satu orang tua teman sekelas El, karena beliau sudah berpengalaman menguliahkan 3 orang anaknya di fakultas kedokteran, apoteker, dan teknologi informasi.

Setelah mengumpulkan informasi baik tentang biaya, tempat kuliah, akhirnya kami dan El mantap untuk memilih salah satu institut teknologi di kota Malang.

Pilihan El: Data Analyst

Saat ini anak saya, El, sudah memasuki semester 5 di salah satu institut teknologi di Malang. Setelah mempelajari mata kuliah umum, di semester 5 mahasiswa mulai untuk memilih spesialisasi skill atau penjurusan.

Beberapa pilihan penjurusan adalah data analyst, data warehouse, interface, sistem informasi geografis, cyber security, dan jaringan.

Sebelum menentukan pilihan, kami sempat berdiskusi via telpon dan pada akhirnya menyerahkan keputusan akhir ke El. Toh, dia yang menjalani apapun pilihannya. El sempat bilang, dia lebih memilih data analyst dengan melihat apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dan mata kuliah yang sudah dipelajari.

Meskipun, dalam hati kecil, emaknya ini berpikir cyber security lebih afdol, tapi ya kembali lagi yang menjalani yang paling berhak menentukan keputusan.

Beruntungnya, nilai pelajaran matematika semasa El SD hingga SMA, meskipun tidak sempurna sekali tapi tidak bisa dibilang jelek juga.

Baru kami (orang tuanya) tahu, bahwa jurusan data analyst membutuhkan keterampilan matematika yang kuat.

Apa itu Data Analyst?

Mengutip dari Dicoding, data analyst adalah seorang profesional pada bidang data yang memiliki kemampuan untuk menganalisis dan membuat visualisasi data-data internal dengan tujuan membantu sebuah perusahaan dalam membuat keputusan.

Tugas Seorang Data Analyst

Data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk basis data, sistem informasi, dan sumber-sumber lainnya.

Data yang dikumpulkan seringkali memerlukan pembersihan, pemformatan, dan pengolahan untuk memastikan keakuratannya sebelum analisis dilakukan.

Data analyst menggunakan berbagai teknik analisis data untuk mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang relevan. Analisis ini bisa melibatkan statistik, visualisasi data, dan teknik pemodelan data.

Data analyst juga membuat laporan, grafik, dan visualisasi data yang mudah dipahami untuk membantu pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.

Berdasarkan hasil analisis, data analyst memberikan rekomendasi kepada manajemen atau tim terkait untuk tindakan lebih lanjut.

Data analyst juga bisa terlibat dalam memantau kinerja operasional dan mengukur dampak dari keputusan yang diambil berdasarkan analisis data.

5 Skills Wajib Data Analyst

Sumber

Data analyst memerlukan keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak analisis data, pemahaman statistik, dan pemahaman bisnis untuk menghubungkan temuan analisis dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan. Peran data analyst ini sangat penting dalam dunia bisnis saat ini karena data telah menjadi aset yang berharga dalam pengambilan keputusan strategis.

Sebagai orang yang (nantinya) berkecimpung dalam dunia data, seorang data analyst harus mempunyai kemampuan lebih di bidang analisis dan visualisasi.

5 skills wajib yang harus dimiliki data analyst diantaranya:

Bahasa Pemrograman

Hal dasar yang harus dikuasai seorang data analyst adalah bahasa program seperti SQL, Python, dan Bahasa R.

Mahir Microsoft Excel

Microsoft Excel berguna untuk mengolah data menggunakan rumus. Contoh yang dibuat El seperti ini.

Statistik dan Matematika

Matematika dan statistik sangat penting untuk seorang data analyst. Matematika adalah dasar dari banyak teknik dan metode analisis data yang digunakan dalam pekerjaan seorang data analyst.

Visualisasi data

Visualisasi data memungkinkan data analyst untuk mengubah data yang kompleks menjadi grafik, diagram, atau visualisasi lainnya yang lebih mudah dipahami oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknis. Ini memungkinkan informasi yang tersembunyi dalam data menjadi lebih terlihat dan dapat di interpretasikan.

Presentasi

Kemampuan untuk memberikan presentasi yang efektif adalah salah satu tanda profesionalisme dan kemampuan dalam dunia analisis data. Hal ini dapat meningkatkan reputasi seorang data analyst di dalam organisasi dan di industri.

Buat ibu-ibu yang anaknya seringkali malas kalau belajar matematika, sekarang gak usah khawatir. Ada Sinotif, bimbel live interaktif.

Jaman saya muda dulu, pernah juga mengajar anak-anak tetangga memberi les pelajaran dan dibayar 😊 Mayan bisa buat beli es.

Sayangnya, karena satu grup ada beberapa anak yang belajar, membuat kurang fokus dan waktu yang dibutuhkan untuk mengajari mereka juga lebih lama. Karena ada yang kelas 4 SD, kelas 5 SD jadi pelajarannya berbeda.

Palingan saya membantu mereka mengerjakan PR sih 😁 Ceritanya, dulu itu saya memberi les pelajaran anak-anak ini secara manual. Jaman sekarang sih beda banget ya, anak kita bisa belajar secara daring (online) dan sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih serta tingkatannya.

Teknologi dan Edukasi: Bimbel Matematika di Era Digital

Mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan jaman. Saat ini, laju perkembangan dunia digital sudah sangat cepat. Baik dalam hal industri maupun dalam hal teknologi pendidikan.

Era digital membawa perubahan yang signifikan dalam cara kita mengakses dan memahami pelajaran dan matematika.

Saat ini, bimbel matematika tidak lagi hanya mengandalkan buku teks atau pengajar tradisional. Teknologi telah memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif, adaptif, dan efisien. Platform daring dan aplikasi pendidikan menawarkan solusi yang inovatif untuk mengajarkan matematika dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti bagi siswa dari berbagai tingkat usia.

Di era digital saat ini, siswa dapat dengan mudah mengakses materi matematika, latihan soal, dan sumber daya pendidikan lainnya melalui perangkat komputer, tablet, atau ponsel pintar mereka. Hal ini menciptakan fleksibilitas dalam belajar di mana dan kapan saja, menghilangkan hambatan geografis (lokasi tempat tinggal), dan memungkinkan siswa untuk memajukan pemahaman mereka sesuai kecepatan masing-masing.

Selain itu, teknologi memungkinkan pelatihan adaptif, yang menyesuaikan materi belajar dengan tingkat pemahaman individu siswa. Ini membantu memastikan bahwa setiap siswa dapat memaksimalkan potensinya dalam matematika. Dalam era digital, bimbel matematika bukan lagi pilihan sekunder, tetapi menjadi solusi utama dalam membantu siswa memahami dan menguasai mata pelajaran yang krusial ini.

Bagaimana Sinotif mengubah cara belajar matematika

Sinotif mengubah cara belajar matematika dengan menghadirkan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk mengajar dan memahami mata pelajaran matematika.

Dengan cara-cara ini, Sinotif membawa matematika ke dalam era digital dengan pendekatan yang lebih dinamis dan relevan. Pastinya, akan membuat belajar matematika menjadi lebih menarik, mudah diakses, dan efektif bagi siswa dari berbagai latar belakang dan tingkat keterampilan.

Bimbel Live Interaktif & Bimbel Matematika di Sinotif: Kunci Sukses Belajar Matematika

Mau tidak mau,suka tidak suka, matematika menjadi mata pelajaran wajib dan menjadi dasar bagi banyak kompetensi keahlian. Matematika adalah keterampilan yang sangat dicari dalam berbagai bidang karier, termasuk sains, teknologi, teknik, ekonomi, keuangan, dan banyak lagi. Pemahaman matematika yang baik dapat membuka pintu banyak peluang pekerjaan.

Belajar matematika bukan hanya tentang memahami angka, tetapi juga tentang mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan karier.

Mau anak kita sukses belajar matematika? Ikuti program bimbel live interaktif dan bimbel matematika di Sinotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.