|

Asuransi Astra Life Syariah, Pilihan Perlindungan yang Tepat untuk Single Parents

A life insurance plan is especially important if you’re a single parent because it provides financial protection to your children when you’re gone.

Berpikirlah bahwa asuransi jiwa adalah malaikat penjaga keuangan keluarga, selalu siap menyediakan dukungan saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

Asuransi jiwa bukan tentang permainan angka, tapi bagaimana kita menghargai orang yang kita cintai dan bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka.

Cinta tidak hanya datang dari keluarga. Ada juga cinta yang datang dari perlindungan untuk keluarga.

Memastikan keluarga tetap hidup dengan baik, anak-anak melanjutkan jenjang pendidikan tanpa terkendala biaya, adalah juga bentuk cinta #LoveLife.

Banyak orang yang menunda membeli asuransi jiwa, menganggap bahwa mereka bisa membeli di kemudian hari atau mereka berpikir tidak ada risiko saat ini.

Bagaimanapun, asuransi jiwa biasanya lebih mudah untuk dibeli dan lebih murah saat usia kita masih muda dan kita dalam keadaan sehat. Menunggu dan mengulur waktu bisa jadi akan membuat kontribusi premi semakin mahal dan terbatasnya manfaat yang bisa kita dapatkan.

Asuransi jiwa tidak hanya penting untuk keluarga, tapi sangat penting untuk bread winner alias pencari nafkah utama. Apalagi untuk seorang single parents, asuransi jiwa adalah wajib.

Saya mempunyai seorang sahabat yang kurang beruntung dalam hal jodoh tapi dia menolak putus asa demi anak-anaknya. Cintanya sebagai seorang ibu membuat dia harus melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya, bahkan jika dia mungkin sudah tidak ada bersama mereka lagi.

Setelah sepuluh tahun berpisah karena jauhnya tempat tinggal, saya bertemu lagi secara online dengan Dini, teman sekaligus sahabat masa SMA di Semarang dulu.

Dini sejak dulu bersifat pendiam. Setelah menikah, Dini mempunyai 2 orang anak yang saat ini masih duduk di bangku SD.

Kami sering bertukar kabar via Whatsapp, hingga satu saat, satu bulan sebelum ramadan setahun lalu, Dini bertutur bahwa dia sudah bercerai.

Meskipun perceraian adalah jalan terakhir dan Allah membenci perceraian, Dini bersikeras mengambil jalan ini. “Daripada memiliki hubungan yang toxic, lebih baik memotong akarnya, akupun bisa memikirkan anak-anak dengan lebih baik lagi,” ujar Dini pelan.

“Anak-anak bagaimana Din, kamu bagaimana?” tanya saya khawatir.

Dengan emoticon senyum, Dini menjawab bahwa anak-anak baik-baik saja dan tinggal dengan dia, ibunya. Meskipun masih terbata menata kembali keluarga kecilnya dan juga harus menghadapi omongan tetangga, Dini sudah siap mental dan ikhlas.

Setelah itu baru saya tahu kalau suami Dini adalah laki-laki yang tidak bertanggung jawab ke keluarga. Lebih suka tidur di rumah daripada bekerja. Suka minta duit ke istri daripada memberi nafkah. Boro boro memberi jajan ke anak-anak, suami sampah ini lebih mementingkan membeli rokok untuk dirinya sendiri.

Beruntung, sahabat saya ini (Dini) adalah seorang perempuan pekerja keras. Dia tidak terlalu lama terpuruk putus asa dengan perceraian yang di hadapai. Ada hal yang lebih penting #LoveLife untuk dipikirkan, kelangsungan hidup dan pendidikan anak-anaknya.

Dia ingin kedua anaknya sekolah hingga tuntas, kalau bisa hingga S3 atau kalau memungkinkan bisa sekolah di luar negeri.

Mengingat mahalnya biaya pendidikan saat ini, Dini tidak bisa hanya mengandalkan gaji dan tabungan. Just in case, amit-amit terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Dini ingin anak-anaknya tetap bisa melanjutkan hidup dan melanjutkan sekolah tanpa was was memikirkan soal biaya.

Selain bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan, Dini juga mengerjakan pekerjaan sampingan alias side hustle sebagai freelancer. Dia juga menerima pesanan katering untuk acara pernikahan.

Ibarat kepala buat kaki, kaki buat kepala, Dini bekerja tanpa lelah karena sebagai single parents Dini sangat sadar betapa pentingnya mempunyai pendapatan lebih meski harus berkorban waktu dan tenaga. Betapa pentingnya menata keuangan dan mempunyai anggaran keuangan terutama karena anak-anak beranjak besar dan membutuhkan dana sekolah yang tidak sedikit.

Dari semua penghasilan yang didapatnya, Dini menyisihkan sebagian untuk kebutuhan hidup sehari-hari, sebagian untuk tabungan, sebagian untuk investasi, dan sebagian untuk asuransi.

Meskipun tidak mempelajari secara khusus tentang keuangan, Dini paham betapa pentingnya perlindungan dari asuransi. Apalagi sebagai single parents dengan dua anak. Dini tidak mau jika terjadi sesuatu dengan dirinya sebagai satu-satunya pencari nafkah, anak-anaknya harus menghadapi risiko putus sekolah. Dini tidak mau mengorbankan masa depan anak-anaknya.

Tahukah kamu, di tahun 2023 ini, Asuransi Syariah Astra Life bisa banget menjadi pilihan perlindungan untuk #LengkapiCintadanKebaikan di bulan Ramadan? Berkaca dari pengalaman sahabat saya, saya ingin berbagi sedikit informasi dan ilmu tentang asuransi jiwa syariah, khususnya #AstraLifeSyariah

Nah, sebelum kita masuk ke asuransi jiwa syariah, sudah tahu belum apa itu asuransi jiwa?

Apa itu asuransi Jiwa?

definisi asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah kontrak yang disepakati antara seseorang dengan perusahaan asuransi.

Saat penerima manfaat atau disebut juga tertanggung membayar premi sesuai dengan ketentuan polis, perusahaan asuransi setuju untuk membayarkan manfaat secara lump sum (sekaligus) kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia.

Islam dan asuransi jiwa

Asuransi jiwa syariah dianggap sesuai dengan hukum syariah karena tidak ada unsur risiko atau ketidakpastian. Itu karena pembayaran polis dilakukan pada saat tertanggung meninggal dunia. Kepastian terletak pada, bahwa semua orang pasti akan meninggal dan ada jaminan kepastian pembayaran.

Saat membahas tentang asuransi jiwa syariah, banyak ahli berpendapat, saat prinsip-prinsip takaful diterapkan di asuransi tersebut maka hal tersebut diperbolehkan secara Islam.

Takaful adalah bentuk sistem bentuk asuransi yang sesuai dengan prinsip hukum syariah, yang pada dasarnya menghimpun dana sebagai investasi.

Takaful التكافل terkadang diartikan sebagai “solidaritas” atau mutual guarantee atau saling menjamin.

Di dalam asuransi syariah, takaful berarti sistem kooperatif yang mengganti atau membayar kembali jika terjadi kerugian yang diatur sesuai syariah untuk asuransi konvensional yang mengandung riba (bunga) dan gharar (ketidak pastian yang berlebihan). Baca juga sumber di Wikipedia tentang Takaful.

Produk asuransi jiwa yang tepat untuk muslim yang sesuai dengan ajaran dan syariat harus dipastikan tidak mengandung unsur-unsur berikut

  • unsur riba atau bunga
  • unsur ketidakpastian (gharar)
  • risiko tinggi
  • istilah yang ambigu (bermakna ganda)
  • judi

Gharar dan asuransi jiwa syariah

Asuransi jiwa adalah salah satu alat rencana keuangan yang paling penting yang bertujuan untuk menyediakan proteksi untuk keluarga dan anak-anak saat tertanggung meninggal dunia.

Gharar pada dasarnya mengacu kepada ketidakpastian, risiko, dan penipuan di dalam transaksi yang mengandung unsur spekulatif.

Perbedaan asuransi jiwa konvensional dan asuransi jiwa syariah

Perlu kamu ketahui, ada 2 tipe asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa konvensional dan asuransi jiwa syariah.

Asuransi jiwa konvensional dan syariah sebenarnya mempunyai tujuan yang sama. Namun, asuransi jiwa syariah mempunyai mekanisme yang berbeda dengan asuransi jiwa konvensional.

Asuransi jiwa syariah menggunakan prinsip sharing of risk, dimana risiko terhadap satu orang ditanggung oleh semua orang (pemegang polis). Sedangkan asuransi jiwa konvensional menggunakan prinsip transfer of risk, dimana risiko pemegang polis ditanggung oleh perusahaan asuransi.

perbedaan mekanisme asuransi jiwa konvensional vs asuransi jiwa syariah

Konsep asuransi jiwa syariah

Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, pengertian Asuransi Syariah (Ta’min, Takaful, Tadhamun) adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong diantara sejumlah orang/ pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan/ tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Sumber.

Prinsip asuransi jiwa syariah

Prinsip utama dalam asuransi jiwa syariah adalah ta’awunu ‘ala al birr wa al-taqwa (tolong menolonglah kamu sekalian dalam kebaikan dan takwa) dan al-ta’min (rasa aman). Prinsip ini menjadikan para peserta asuransi sebagai satu keluarga besar yang saling menjamin dan saling menanggung risiko.

Akad asuransi jiwa syariah

akad atau perikatan dalam konsep asuransi syariah

Akad atau perikatan dalam konsep asuransi syariah adalah tidak mengandung maysir (perjudian), gharar (penipuan), riba (bunga), penganiyayaan, risywah (suap), barang haram dan maksiat.

Akad dalam Produk Asuransi Syariah terbagi menjadi 2 (dua), yaitu Akad Tijarah (Wakalah bil Ujrah) dan Akad Tabarru (Hibah).

Akad Wakalah bil Ujrah merupakan akad yang dilakukan antara Perusahaan Asuransi Syariah dengan peserta. Peserta memberikan kuasa kepada Perusahaan Asuransi Syariah untuk mengelola Dana Peserta dengan imbalan pemberian Ujrah (fee).

Akad Tabarru merupakan Akad yang dilakukan antar Peserta Asuransi Syariah. Akad ini dilakukan dalam bentuk hibah dengan tujuan kebajikan dan tolong menolong antar peserta, dan bukan untuk tujuan komersil.

Dana hibah dari para Peserta Asuransi Syariah inilah yang kemudian akan digunakan untuk menolong peserta lain yang tertimpa musibah (melakukan klaim).

Keunggulan asuransi jiwa syariah

Sumber

keunggulan asuransi syariah

Pengelolaan dana menggunakan prinsip syariah Islami

Hal ini menjadi salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah dimana pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah harus memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Transparansi pengelolaan dana pemegang polis

Pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah dilakukan secara transparan, baik terkait penggunaan kontribusi dan surplus underwriting maupun pembagian hasil investasi. Pengelolaan dana tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan bagi pemegang polis secara kolektif maupun secara individu.

Pembagian keuntungan hasil investasi

Hasil investasi yang diperoleh dapat dibagi antara pemegang polis (peserta), baik secara kolektif dan/atau individu, dan perusahaan asuransi syariah, sesuai dengan akad yang digunakan. 

Kepemilikan dana

Kontribusi (premi) sebagian menjadi milik perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola dana dan sebagian lagi menjadi milik pemegang polis secara kolektif atau individual. Berbeda dengan perusahaan asuransi konvensional, dimana premi yang masuk menjadi milik perusahaan asuransi.

Tidak berlaku sistem ‘dana hangus’

Dana kontribusi (premi) yang disetorkan sebagai tabarru’ dalam asuransi syariah tidak hangus meskipun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan. Dana yang telah dibayarkan oleh pemegang polis tersebut akan tetap diakumulasikan di dalam dana tabarru’ yang merupakan milik pemegang polis (peserta) secara kolektif.

 Adanya alokasi dan distribusi surplus underwriting

Dalam sektor asuransi syariah, dikenal istilah surplus underwriting yaitu selisih lebih dari total kontribusi pemegang polis ke dalam dana tabarru’ setelah ditambah recovery klaim dari reasuransi dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis, dalam satu periode tertentu.

Dalam asuransi syariah, surplus underwriting dapat dibagikan ke dana tabarru’, pemegang polis yang memenuhi kriteria, dan perusahaan asuransi sesuai dengan persentase yang ditetapkan di dalam polis.

Mari berkenalan dengan Produk Asuransi Astra Life Syariah

PT ASURANSI JIWA ASTRA #AstraLife merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Ada 3 produk asuransi #AstraLifeSyariah Astra Life yang bisa menjadi pilihan khususnya buat single parents seperti sahabat saya Dini dan juga buat kamu.

Membeli asuransi Astra Syariah adalah tanda cinta ibu untuk anak-anaknya untuk #LengkapiCintadanKebaikan terutama di bulan ramadan yang berkah ini.

3 Produk asuransi Jiwa syariah Astra Life

Dibawah ini dekripsi produk asuransi jiwa syariah Astra Life. Klik masing-masing tab yaa.

Asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga Rp2M tanpa cek medis.

200% santunan tutup usia akibat kecelakaan.

Perlindungan sesuai prinsip syariah.

Mencakup perlindungan atas Covid-19.

Dapat dibeli secara online di https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448

Asuransi jiwa unit link sesuai prinsip syariah dengan manfaat perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, cacat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran.

Bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing 25%*.

Tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis*.

Manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis.

Pembayaran kontribusi berkala yang terjangkau

Dapatkan dengan mengunjungi link ini https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/asli-asya-syariah-protection/

Asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.

Memberikan tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran.

Biaya kontribusi terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan.

Diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan Yang Diasuransikan dalam satu polis.

Dapatkan di cabang PermataBank terdekat https://www.astralife.co.id/produk-syariah-asuransi-dasar/ava-ifamily-protection-syariah/

Rekap Perbandingan Produk Asuransi Syariah Astra Life

DeskripsiFlexi Life SyariahASLI Asya Proteksi SyariahAVA iFamily Protection Syariah
TipeAsuransi jiwa murniasuransi jiwa unit linkasuransi jiwa berjangka
Santunan & Manfaat100% santunan tutup usia (bukan kecelakaan) hingga 2M tanpa medical checkmanfaat meninggal dunia – 100% santunan asuransi dasar ditambah nilai dana hasil investasi manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah, serta mudik lebaran
200% santunan tutup usia karena kecelakaanmanfaat penyakit kritis – 100% santunan asuransi dasar ditambah nilai dana hasil investasi perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan, santunan harian rawat inap, santunan rawat inap ICU
Perlindungan Covid-19manfaat cacat tetap & cacat total – 100% santunan asuransi dasar ditambah nilai dana hasil investasi
manfaat mudik lebaran – santunan asuransi dasar maksimum 50% jika tertanggung mengalami kecelakaan dan meninggal dunia dalam masa mudik lebaran
manfaat akhir polis
manfaat bonus loyalitas
manfaat booster
Masa asuransi1 tahun dan bisa renewal otomatis hingga usia 85 tahunSampai Peserta Utama Yang Diasuransikan
mencapai Usia 99 tahun
1 tahun dan bisa diperpanjang
Pengajuan klaimOnlineMengirimkan dokumen ke kantor pusat Astra LifeMengirimkan dokumen ke kantor pusat Astra Life
Frekuensi pembayaran kontribusiTahunan, semesteran, kuartal, bulananTahunan, semesteran, kuartal, bulananBulanan, Kuartalan, Semesteran dan Tahunan.
Kontribusitergantung jumlah dana santunan dan usia masukminimum IDR 1 juta rupiahmulai IDR 90.000 per bulan
Renewalotomatis
perbandingan asuransi syariah Astra Life

Berapa nilai asuransi jiwa syariah yang harus dibeli?

Setiap orang pasti mempunyai pendapatan, gaya hidup, jumlah keluarga dan kebutuhan yang berbeda.

Sebelum memutuskan untuk membeli #AstraLifeSyariah, pertimbangkan dulu gaya hidup, rencana keuangan, berapa jumlah biaya studi sekolah dan pendidikan anak-anak hingga selesai. Berapa total jumlah uang yang kita butuhkan dan berapa lama waktu yang tersisa. Apakah 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun? Semakin panjang waktu yang kita punya, kontribusi premi akan semakin murah. Demikian juga usia, jika kita membeli asuransi syariah di usia yang masih muda katakanlah dibawah 30 tahun, kontribusi premi yang harus kita bayar juga semakin murah.

Gunakan kalkulator khusus asuransi Flexi Life Syariah untuk menghitung berapa kontribusi premi yang nantinya kita harus keluarkan (bayar). Klik link https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448.

Coba kalkulator kontribusi dan manfaat dari Flexi Life Syariah 

Dibawah ini video singkat bagaimana kamu bisa melakukan perhitungan simulasi menggunakan kalkulator asuransi untuk menghitung kontribusi atau premi Flexi Life Syariah per bulan.

Jangan ragu untuk menghubungi agen asuransi Astra Life supaya kamu bisa mendapat perhitungan yang lebih akurat.

Manfaat asuransi jiwa syariah Astra Life buat single parents

pentingnya asuransi jiwa syariah untuk single parents

Asuransi jiwa bisa menolong membayar berbagai biaya dan pengeluaran yang akan dihadapi anak meski jika orangtua sudah meninggal.

Biaya-biaya ini meliputi hutang, KPR, biaya pendidikan anak saat ini dan nanti, biaya hidup anak sehari-hari, dan biaya penitipan anak atau childcare.

Setelah menimbang dengan matang, Dini akhirnya memilih perlindungan asuransi jiwa AVA iFamily Protection Syariah. Selain kontribusi premi yang sangat terjangkau, manfaat yang didapat dari AVA iFamily Protection Syariah terbilang lengkap, diantaranya:

  • Memberi ketenangan dengan perlindungan di perjalanan hidup termasuk aktivitas ibadah.
  • Manfaat perlindungan jiwa yang juga dilengkapi perlindungan terhadap Santunan Dana
    Kecelakaan, Meninggal Dunia akibat Kecelakaan, Rawat Jalan Darurat, Santunan Tunai
    Harian dan Santunan Tunai ICU.
  • Dapat menambahkan Peserta Yang Diasuransikan baru dalam masa perlindungan.
  • Dapat mengubah plan yang dipilih setiap Ulang Tahun Polis.
  • Kontribusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan serta frekuensi
    pembayaran.
  • Kontribusi yang dipilih mulai dari Rp 90.000,- per Peserta Yang Diasuransikan
    per bulan.
  • Mengedepankan sifat gotong royong, saling tolong menolong di antara sesama Pemegang Polis.
ava ifamily syariah

Sahabat saya Dini, seorang single parents sudah memilih payung dan perlindungan terbaik dari Astra Life Syariah demi masa depan dia dan anak-anaknya. Kamu juga bisa loh membeli perlindungan dan bukti cinta mulai dari sekarang.

Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang produk asuransi Astra, kamu bisa klik, follow, dan mention Instagram Astra Life di tautan berikut @ilovelife.co.id @astralifeid

Astra Life Syariah Asuransi Syariah Bikin Tenteram.

Referensi

https://www.chubb.com/

https://ilovelife.co.id/

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/

astralife.co.id/

Similar Posts

12 Comments

  1. Islam dan asuransi ini menarik sekali dibahas yaa..
    Karena dari sini, pertimbangan dari ilmu ini bisa memberikan keuntungan untuk mendapatkan apa yang terbaik bagi keadaan di masa depan. Bersama Asuransi Astra Life Syariah, kita bisa setidaknya dipaksa berinvestasi sedikit demi sedikit untuk masa depan.

  2. Alhamdulillah kalau ngga mengandung unsur riba ya Mba. Saya jadi tenang kalau mau daftar di sini

  3. Terima kasih infonya mbak, saya baru tahu ini tentang konsep asuransi syariah, jadi lebih paham. Ini perpanjang langsung ya? Jika tidak perpanjang bisa langsung masuk rekeningkah?

  4. Para single parent harus berjuang keras untuk kehidupan anaknya. Meski mungkin mereka sebenarnya tak menginginkan kondisi ini tetapi harus berjuang demi masa depan anaknya. Pemilihan asuransi jiwa Astra Life Syariah rekomended banget untuk masa depan orang yang tersayang.

  5. Menjadi single parents tentu tidak mudah ya mbak
    Pasti banyak tantangannya terutama dalam urusan finansial
    Makanya penting banget juga bagi single parents untuk memiliki asuransi

  6. Detail sekali ya penjelasan mengenai Astra life syariah ini. Sesekali ingin mencoba tapi masih belum pas ilmunya dari sisi syariah apakah boleh atau tidak .

  7. Asuransi Astra Life Syariah ini ternyata punya jenis yang beragam dan dapat mengakomodasi sesuai kebutuhan tiap individu, ya. Karena konsepnya syariah, jadi bikin hati tenang. Memang asuransi apa pun jenisnya, selalu dibutuhkan, apalagi buat single parents seperti Dini, teman Mbak Indri tadi.

  8. Para single parents memang harus berjuang ekstra ya untuk mengamankan keluarga, terutama anak-anaknya. Memiliki insurance, seperti astra life syariah ini mungkin bisa jadi salah satu cara. Transparansi pengelolaan dana polis-nya salah satu hal penting nih jika ingin memilih asuransi.

  9. Masyaallahu mbak Dini betul2 perempuan mandiri. Semoga segalanya dimudahkan, ya, mba. Asuransi Astra life syariah juga bisa jadi pilihan untuk melancarkan cita2 jdi kenyataan. Lengkap sekali pelayanannya.

  10. Dengan tidak ada istilah dana hangus, meskipun kita tidak melakukan klaim, karena misalnya gak terjadi hal tidak diinginkan, apakah itu termasuk tabungan kita juga?
    Sebagai salah satu kewajiban manusia untuk berikhtiar, asuransi ini juga salah satu upaya kita dalam melindungi diri dan keluarga dai hak tidak diinginkan ya

  11. Semoga dengan diluncurkannya beragam produk Asuransi Astra Life Syariah, kesadaran masyarakat Indonesia akan asuransi akan semakin besar karena asuransi merupakan salah satu solusi menjalani hidup lebih nyaman dan masa depan yang lebih pasti terutama masalah perlindungan, baik pendidikan atau kesehatan.

  12. Asuransi syariah astra life banyak jenisnya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Manfaatnya juga bagus yaa mbak, penting juga untuk para orang tua single yang berjuang membesarkan anaknya sendirian. Bisa di bantu dengan asuransi ini.

Comments are closed.