Pemberdayaan Masyarakat Indonesia dan Upgrade Skills Menggunakan Internet

Apa yang dimaksud dengan pemberdayaan masyarakat?

Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangun manusia atau masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat.

Tujuan dari pemberdayaan masyarakat

Tujuan dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk membentuk individu dan masyarakat yang mandiri. Kemandirian berpikir, kemandirian bertindak, dan mampu memutuskan apa yang akan dilakukan.

Pemberdayaan masyarakat juga bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dan memberi kesadaran akan kebebasan setiap orang.

Saya pribadi sangat terkesan dengan salah satu tujuan pemberdayaan masyarakat yaitu tentang meningkatkan standar hidup. Meningkatkan standar hidup masyarakat memang membutuhkan proses yang tidak instant. Salah satu cara meningkatkan standar hidup, diantaranya adalah meningkatkan keahlian individu.

Beruntungnya, saat ini, meningkatkan keahlian dan skills sangat mudah jika dibandingkan 10 atau 20 tahun yang lalu. Berkat adanya internet. Akan lebih mudah menyatukan masyarakat jika level pengetahuan dan income, gapnya tidak berbeda jauh. Saat ini, di Indonesia sendiri, masih ada jarak tak terbatas antara “yang kaya dan yang miskin.” Bagaimana mempersempit jarak inilah yang selalu harus kita usahakan.

Internet menyatukan Indonesia

Saat ini, jangkauan internet di Indonesia semakin luas. Bahkan, saya yang tinggal di luar pulau Jawa pun berkesempatan menikmati hasil dari kerja freelance melalui sambungan internet IndiHome. Tidak hanya internet menyatukan Indonesia, melalui internet bahkan saya bisa mendapatkan klien dari luar negeri.

Indonesia Digital Home atau disingkat Indihome adalah salah satu produk layanan internet dari Telkom Group. Di hitung-hitung, saya sudah menggunakan internet selama lebih dari 5 tahun di Kalimantan ini.

Tanggal 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Keramat sekali ya tanggal 1 Juni ini. Mumpung masih hangat nih, saya ingin sedikit bercerita tentang pekerjaan saya sebagai freelancer, juga bagaimana internet sangat bermanfaat bagi saya.

Seperti yang sama-sama kita tahu, masyarakat kita masih sangat jarang yang bisa berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Sedangkan, bisa berbahasa asing membuka peluang kesempatan pekerjaan dan pendapatan yang lebih besar.

kerja freelance di Upwork

Persatuan Indonesia akan lebih kuat terjalin antar masyarakat jika mereka berpenghasilan layak.

Bagaimana cara supaya bisa berpenghasilan layak? Upgrade dan tingkatkan kemampuan dan skills. Jangan hanya mendulang rupiah, tapi juga dolar.

Banyak cara untuk meningkatkan skill melalui internet. Kita bisa belajar dari YouTube, online course, dan tentunya belajar mandiri dari Google dan sambungan internet.

Tidak disangka, dari blog sederhana dan artikel-artikel yang saya tulis tentang freelance dan Upwork, membuat saya bisa berkenalan dengan banyak orang. Banyak yang ingin mempelajari hal yang sama tentang freelance dan virtual assistant, ada juga yang meminta kerja sama dan sharing knowledge.

Internet, membuat yang jauh menjadi dekat. Pembelajaran dengan menggunakan internet dari IndiHome pun sudah mulai saya jalankan dengan membuat online course dan kursus online di https://courses.indriariadna.com/.

Internet menyatukan Indonesia, dari yang sebelumnya tidak kenal menjadi kenal. Saat ini bahkan sudah ada lebih dari 70 peserta alumni workshop, kelas, dan webinar yang saya adakan. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Kalau banyak orang memulai usaha dari lokal kemudian mencari pangasa pasar dan target market di luar negeri, saya sebaliknya.

Setelah mendapatkan klien dari berbagai negara melalui Upwork, saat ini saya mulai fokus menghandle klien lokal. Terutama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa digital marketing dan belum mempunyai website.

Apakah saya bertatap muka dan bertemu muka dengan klien-klien saya? Tidak. Sering saya berkomunikasi dengan klien melalui teks dan online meet. Lagi-lagi, kekuatan internet dan IndiHome sangat dibutuhkan.

Paling sedih kalau IndiHome ada gangguan dan trouble, komunikasi dengan klien juga menjadi terganggu.

Buat kamu yang ingin berdaya dan mau memiliki standar hidup yang lebih baik, yuk belajar tingkatkan skills.

9 thoughts on “Pemberdayaan Masyarakat Indonesia dan Upgrade Skills Menggunakan Internet”

  1. Engga ada alasan ya Mbak. Harus upgrade skills melalui internet, apalagi jangkauan bisa world wide…
    Keren udah makin banyak aja alumninya…

    Reply
  2. Benar, paling gengges kalau jaringan internet terputus.
    Senangnya Indihome selalu bisa diandalkan sehingga informasi dan pekerjaan terkait dunia maya bisa terus lancar.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.