|

Freelancing dan ASUS ROG Phone 7 The Real Gaming Phone: Menghindari Burnout dan Meningkatkan Produktivitas

Buat para pekerja freelance dan remote worker, pernah mengalami burnout gak sih?

Burnout adalah rasa lelah, frustrasi, atau sikap apatis yang diakibatkan oleh stress yang berkepanjangan, terlalu banyak bekerja, atau aktivitas yang intens dan monoton.

Pernah gak sih, ada di posisi pegang lebih dari satu client, dan masing-masing client punya limit time 30 jam per minggu. Artinya, kita harus bekerja 10 jam per hari atau 60 jam per minggu atau 240 jam per bulan.

Jika berlangsung sebulan dua bulan sih enggak ngefek terlalu banyak ke tubuh dan pikiran. Tapi jika berlangsung terus menerus dan long term, kamu perlu waspada.

Tantangan Para Pekerja Freelance

Secara umum, pendapatan seorang freelancer itu datang dari menjual keahlian dan waktu. Semakin banyak waktu dan semakin tinggi keahlian yang bisa dijual, pendapatan akan semakin tinggi alias berbanding lurus.

Dibalik kenyamanan bisa memilih pekerjaan dan dengan siapa freelancer ingin bekerja sama, ada tantangan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Potensi risiko burnout dan dampak negatif yang terjadi pada freelancer

  • Menurunnya produktivitas. Burnout dapat menyebabkan menurunnya produktivitas dan efisiensi. Kelelahan bisa membuat sulit berkonsentrasi, sulit mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas secara efektif. Kualitas kerja yang dihasilkan juga tidak optimal.
  • Munculnya masalah kesehatan fisik. Stress dan kelelahan yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik. Stress dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pencernaan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan penyakit kronis seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.
  • Masalah emosi. Rasa jenuh sering mengakibatkan kelelahan emosional, di mana seseorang merasa terkuras secara emosional, dan tidak mampu menangani pekerjaan atau tanggung jawab pribadi. Tergerusnya emosi dapat meluas ke hubungan pribadi yang menyebabkan konflik dan masalah sosial.
  • Mental health. Kelelahan dapat memperburuk masalah kesehatan mental yang ada atau mengarah pada perkembangan kondisi seperti kecemasan dan depresi. Hal itu bisa menyebabkan perasaan putus asa, tidak berharga, dan kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya menyenangkan.
  • Pola tidur terganggu. Burnout dapat mengganggu pola tidur, sehingga sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Terganggunya pola tidur berkontribusi pada peningkatan kelelahan dan siklus penurunan produktivitas serta meningkatnya stress.
  • Dampak keuangan. Kejenuhan dan burnout memiliki konsekuensi finansial dengan meningkatnya biaya pengobatan, penurunan kinerja, dan potensi kehilangan pekerjaan atau perubahan karier.

Mengenali tanda-tanda burnout sejak dini dan mengambil langkah untuk mengatasinya sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan serta mempertahankan produktivitas freelancer.

Work life balance, mendorong keseimbangan kehidupan kerja yang sehat, mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional, dan mempraktikkan teknik pengurangan stres dapat membantu mencegah kejenuhan dan efek negatif burnout.

Bermain Game Sebagai Jalan Keluar Mengelola Burnout dan Relaksasi Bagi Freelancer

Bagi freelancer, bermain game bisa menjadi opsi untuk mengelola burnout sekaligus bersosialisasi meskipun secara online.

Bermain game bisa mengistrirahatkan otak dan mengurangi stress karena pekerjaan dan kelelahan mental.

Bermain game dapat memicu pelepasan hormon endorfin, yang merupakan bahan kimia penambah suasana hati alami di otak. Endorfin ini membantu mengurangi stress dan menimbulkan perasaan rileks dan senang.

Terlibat dalam permainan game akan mengalihkan fokus dari stress akibat tuntutan pekerjaan. Sebab, bermain game membutuhkan konsentrasi dan keterlibatan mental. Pergeseran kognitif ini memungkinkan freelancer untuk sejenak melepaskan diri dari tanggung jawab profesional pekerjaan.

Bermain game online memungkinkan interaksi sosial dengan teman atau pemain lain dari seluruh dunia. Bersosialisasi dalam komunitas game dapat memberikan rasa memiliki dan persahabatan, terutama bagi freelancer yang (mungkin) merasa terisolasi atau stress karena bekerja remote sendirian.

Bermain game juga bisa menjadi mode istirahat dan alarm bagi freelancer, membantu freelancer mengatur waktu mereka secara lebih efektif.

Menetapkan berapa lama periode permainan yang ditentukan akan mendorong freelancer untuk mematuhi batasan antara bekerja dan bersantai. Hal ini bisa mencegah kerja berlebihan dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja secara keseluruhan.

3 varian pilihan ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7 – 8 GB + 256 GB

ASUS ROG Phone 7 – 12 GB + 256 GB

ASUS ROG Phone 7 Ultimate – 16 GB + 512 GB

Bisa dipilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tentunya budget.

Dapatkan Pengalaman Bermain Game Tingkat Tinggi Bersama ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG mulai dari versi awal hingga versi 7 saat ini terkenal sebagai smartphone gaming terbaik.

Fitur gaming ASUS ROG Phone 7 memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman bermain game secara mendalam bagi pengguna.

Berikut ini fitur-fitur ASUS ROG Phone 7 yang sengaja dibuat agar para pemain game mendapatkan pengalaman bermain game di luar ekspektasi.

Refresh Rate Tinggi

ASUS ROG Phone 7 menawarkan refresh rate yang tinggi yaitu hingga 165 Hz.

Semakin tinggi angka refresh rate menandakan bahwa pergerakan layar semakin smooth dan halus tanpa lag tanpa seret.

Saat bermain game, refresh rate tinggi bisa menghasilkan pengalaman pengguna yang memuaskan secara visual. Refresh rate yang tinggi memungkinkan ASUS ROG Phone 7 mencatat input sentuh lebih cepat dan menawarkan kontrol yang lebih presisi dalam bermain game yang pastinya membutuhkan kecepatan gerak.

Refresh rate tinggi juga memungkinkan pemain menjadi lebih unggul dalam hal mengambil keputusan yang hanya sepersekian detik. Hal ini dikarenakan pengguna bisa bereaksi lebih cepat.

Kontrol dalam genggaman

AirTrigger kontrol – ASUS ROG Phone 7 menampilkan kontrol AirTrigger yang merupakan sensor sentuh ultrasonik yang terletak di tepi perangkat.

AirTrigger ini berfungsi seperti L1 dan R1 pada controller console game.

Tombol yang dapat disesuaikan berfungsi sebagai pemicu virtual, memungkinkan pemain memetakan tindakan atau kontrol dalam game ke gerakan atau ketukan tertentu. Tingkat penyesuaian ini memberikan pengalaman bermain game yang lebih intuitif dan personal.

Sumber: Channel Tang Daniel

Gaming console – Kemampuan menyesuaikan kontrol di ASUS ROG Phone 7 membantu menciptakan pengalaman bermain game seperti konsol di perangkat seluler.

Pengguna dapat menyesuaikan kontrol agar sesuai dengan preferensi personal sehingga membuat permainan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pilihan tata letak tombol – Dengan kontrol yang dapat disesuaikan, pengguna bisa mengatur tata letak tombol pilihan di berbagai permainan. Konsistensi dalam kontrol ini memastikan pengguna dapat beradaptasi dengan cepat saat beralih di antara berbagai game sehingga bisa meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Sertifikasi IP54

IP adalah singkatan dari Ingress Protection atau dengan kata lain, bagaimana device bisa menghentikan barang-barang yang tidak berguna (debu atau air) masuk ke dalam device tersebut.

Menurut International Electrotechnical Commission, menyatakan bahwa level atau rating 5 berarti device tersebut dust protected. Artinya bisa melindungi dari masuknya debu atau cipratan air.

Audio dan visual

ASUS ROG Phone 7 dilengkapi dengan dua speaker menghadap ke depan (symetrical dual front facing stereo speaker), algoritma audio yang disempurnakan, dan dukungan untuk format audio berkualitas tinggi.

Fitur-fitur ini menghadirkan bentangan suara yang menyempurnakan game, terutama dalam game dengan audio mendetail, seperti game tembak menembak.

ASUS ROG Phone 7 mendukung konten High Dynamic Range (HDR), yang menyediakan rentang warna yang lebih luas dan kontras yang ditingkatkan dalam game dan video yang kompatibel.

ASUS ROG Phone 7 Ultimate menampilkan ROG Vision, tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel yang menunjukkan inovasi berani di balik merek ROG. Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi luar biasa yang dipicu oleh peristiwa sistem, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, dan aktivasi Mode X.

cooling system

AeroActive Cooler ASUS ROG Phone 7

ASUS ROG Phone 7 menggunakan AeroActive Cooler sebagai cooling system dengan tujuan, panas di smartphone akibat bermain game bisa dibuang secara lebih baik dan maksimal.

AeroActive Cooler 7 tidak hanya menghadirkan kipas yang ditingkatkan dengan lebih banyak bilah untuk tekanan balik yang lebih tinggi, tetapi juga pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum.

Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.

Solusi pendinginan ini membantu mengelola suhu smartphone selama sesi permainan yang panjang, memastikan kinerja smartphone tetap aktif, dan mencegah pelambatan termal yang dapat berdampak negatif pada saat bermain game.

Performa Tanpa Kompromi

Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform up to 16 GB LPDDR5X RAM, 512 GB UFS 4.0 ROM, 165 Hz Samsung AMOLED display.

Dengan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 3,2 GHz, performa smartphone menjadi 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat.

ASUS ROG Phone 7 dilengkapi juga dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB yang dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

ASUS ROG Phone 7 menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1 untuk visual yang luar biasa.

Tingkat kecerahan pada ponsel ini juga ditingkatkan hingga 1.500 nits (peak brightness) agar lebih mudah dilihat di luar. Visual yang luar biasa disetel bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna yang tak tertandingi.

Efisiensi Daya Tanpa Kompromi

ASUS ROG Phone 7 menggunakan baterai dengan daya 6000 mAH.

Dengan daya 6000mAH, smartphone bisa bertahan seharian dengan berbagai aktivitas yang digunakan termasuk bermain game.

Penyesuaian CPU Snapdragon® 8 Gen 2 dan desain pendinginan yang canggih membuat ASUS ROG Phone 7 menjadi ponsel gaming paling bertenaga dan hemat energi di tahun 2023.

Fitur Bypass Charging

Fitur Bypass Charging memungkinkan pengguna untuk mengisi daya smartphone sekaligus bisa tetap bermain game tanpa takut smartphone akan panas.

Itu semua karena fitur ini memungkinkan semua daya yang masuk di alirkan hanya kedalam sistem smartphone tanpa melewati baterai. Hal ini bisa menjaga suhu smartphone tetap terkendali dan menjaga baterai lebih awet.

Gaming Tanpa Kompromi

Selain berfungsi sebagai sistem pendingin, di dalam AeroActive Cooler 7 juga terdapat subwoofer buit ini untuk menambah dentuman suara yang lebih kuat saat bermain game.

Fitur Backgound Mode

Fitur background mode di ASUS ROG Phone 7 ini memungkinkan pengguna untuk keluar dari aplikasi tapi game tetap berjalan.

Berbeda dengan smartphone pada umumnya yang, jika kita keluar dari aplikasi maka aplikasi tersebut stop dan berhenti, tidak demikian dengan ASUS ROG Phone 7.

Fitur ini memungkinkan kita bisa menerima telepon, membalas chat, atau memesan makanan online tanpa khawatir harus reload game dan memulai permainan dari awal yang bisa bikin bete.

Secara keseluruhan, kombinasi kecepatan refresh rate yang tinggi, kontrol yang dapat disesuaikan, peningkatan audio dan visual, serta solusi pendinginan canggih di ASUS ROG Phone 7 menciptakan pengalaman bermain game yang lancar, responsif, dan bisa disesuaikan dengan preferensi personal.

Fitur-fitur pilihan pada ASUS ROG Phone 7 ini berkontribusi menjadikan ROG Phone 7 pilihan utama bagi para freelancer dan gamer yang mencari pengalaman bermain game diluar nurul.

ASUS ROG Phone 7 Promo

Buat kamu para freelancer dan gamers yang ingin banget membeli dan mendapatkan ASUS ROG Phone 7, ada dua promo yang tersedia dan bisa kamu manfaatkan.

Early Bird Promo

Periode tanggal 18-31 Juli 2023.

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah.

Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

Consumer Launch Promo

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall.

Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah.

Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tanggal 8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

Kesimpulan – Gaming Sebagai Alat Untuk Menyeimbangkan Hidup dan Pekerjaan

Bermain game sebagai break out atau istirahat sejenak dari pekerjaan, ternyata memiliki arti penting bagi freelancer.

Bermain game menggunakan ASUS ROG Phone 7 adalah aktivitas yang dapat dinikmati oleh para freelancer sebagai hobi dan berkontribusi pada meningkatnya rasa bahagia.

Freelancer bisa memasukkan gaming ke dalam jadwal harian. Dengan merencanakan waktu dan sesi permainan, freelancer bisa menikmati hobi tanpa mengganggu jadwal kerja.

Bermain game juga bisa menjadi hadiah atau reward bagi freelancer. Hal ini bisa memberikan motivasi kepada freelancer, bahwa akan ada waktu untuk bermain game setelah semua pekerjaan selesai.

ASUS ROG Phone 7 bisa menjadi teman setia para freelancer untuk mencegah kejenuhan dan meningkatkan produktivitas.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

14 Comments

  1. Kesan pertama melihat Asus Rog phone 7 ini adalah tampilannya. Gagah gitu apa angle potonya yg bagus hehe.

    Tapi setelah baca artikel mbak indri emang layak sih. Keren y speknya buat anak kekinian yang suka ngegame.

  2. Didukung oleh kemampuan ASUS ROG Phone 7, bermain games menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan sehingga justru bisa meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Meskipun bekerja menyesuaikan waktu, tapi kudu ada waktu istirahat yang cukup agar bekerja lagi menjadi lebih optimal.

  3. Main game emang salah satu cara buat keliar dari stress. Tapi kalau gadget.y yang mumpini malah tambah stress. Untung ada Asus Rog phone, jadi main game lebih asik.

  4. Iya nih, Freelancer bisa burnout juga lho yang berakibat produktivitas menurun drastis, karenanya butuh juga keseimbangan antara bekerja dan melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, seperti bermain game. Spesifikasi Asus ROG Phone 7 keren banget dan cocok buat para gamers apalagi ada promonya…hmmm kapan ya bisa dapat Asus Rog Phone 7.

  5. Burnout dan gaming memang pas jika berjalan bersisian. Karena gaming beneran bisa jadi break out di tengah kepusingan akan bertumpuknya kerjaan. Apalagi kalau perangkatnya mendukung seperti ASUS ROG Phone 7 yang mumpuni ini

  6. Laily Fitriani says:

    Keren ASUS rog ini, pas banget buat gaming dan ada fitur menerima telpon atau kegiatan lain tanpe reload. Pastinya para pemain game makin aman pakai ponsel ASUS Rog ini yaa

  7. ASUS ROG 7 ini memang spesifikasinya luar biasa. Masuk dalam ponsel high-end, mulai dari prosesor hingga baterai pun didesain dengan sangat maksimal. Pantas kalau ROG 7 ini jadi amunisi yang tepat untuk main game.

  8. Mantap nih, spesifikasi tingkat dewa untuk ponsel gaming. ROG emang udah dari dulu terkenal sebagai rajanya ponsel gaming. Yang seri terbaru ini udah pasti bakalan jadi inceran para gamer.

  9. Asus ini terus berinovasi ya.. produk barunya pasti bagus

  10. Laily Fitriani says:

    Game sebagai bagian dari refreshing ya Mbak? Keren banget ponsel Asus Rog ini punya fitur menerima telpon dan aktivita lain tanpa reload ya?

  11. Enak banget ya bisa punya ROG ini . Selain bisa meningkatkan produktivitas juga bisa refresh.

  12. Saya saja yang ibu rumah tangga saja pun sering bermain game. Gimana mereka-mereka yang bekerja ya, kan. Dari dulu saya sudah pakai ASUS. Hanya saja, untuk membeli yang terbaru, rasanya masih sayang dengan yang lama. 🤭

  13. Freelancer beruntung masih bisa healing tanpa terikat jam kantor. Asal tetap ingat waktu, bermain game dengan ASUS ROG Phone 7 bisa menjadi solusi.

  14. Musdalifah says:

    Percaya sih klo hidup harus diseimbangkan dengan kerjaan kalau enggak bisa2 Qt yg stress. Hadir nya Asus ROG ini sangat membantu mereka dan kami sebagai freelance mengusir didukung dengan spesifikasi yang mumpuni. Siapa yg gak ngiler, Ada promo nya juga, mantap banget ASUS

Comments are closed.