Belajar Menjadi Freelancer via YouTube dengan Internet Sehat IndiHome

Bekerja dari rumah dan mendapatkan penghasilan setara bahkan lebih daripada pekerja kantoran, adalah salah satu alasan mengapa pekerjaan freelance saat ini banyak diminati.

Apalagi jika bisa membidik klien luar negeri, bisa dipastikan penghasilan lebih melimpah karena perbedaan kurs yang besar.

Banyak orang yang ingin menjadi freelancer tetapi tidak tahu dari mana memulai dan bagaimana cara memulai pekerjaan freelance ini. Perlu diketahui, di ranah lokal, masih belum banyak perusahaan atau startup yang mempekerjakan freelancer. Berbalik 360 derajat dengan perusahaan dan startup luar negeri. Literasi digital masa kini sangat penting untuk diketahui dan dipahami buat kamu yang tertarik bekerja freelance.

Baca juga: Pemberdayaan Masyarakat Indonesia dan Upgrade Skills Menggunakan Internet

Apa sih arti dari literasi digital? 

Mengutip dari Wikipedia, literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari

Itu sebabnya, salah satu senjata seorang pekerja freelance adalah fast internet provider dari IndiHome Telkom Group. Mengapa? Karena semua pekerjaan dan komunikasi dilakukan secara remote atau jarak jauh dan pastinya mengandalkan kecepatan internet.

Apa pentingnya literasi digital masa kini? 

literasi digital masa kini

Wah, penting sekali, apalagi kalau kita bekerja sebagai freelancer. Mau kerja freelance tapi tidak tahu bagaimana mengoperasikan Zoom, Microsoft Office, Slack, Skype? Mundur selangkah dulu deh. Pelajari hal-hal basic dan mendasar yang bisa mendukung pekerjaan kita sebagai freelancer.

Selain berbekal fast internet provider, skill dan keahlian serta literasi digital masa kini  menjadi modal utama bagi seorang freelancer. Sudah tahu belum apa skill dan keahlianmu 🙂

Apa dampak dan manfaat positif literasi digital?

Yang pasti, kita bisa menambah dan upgrade skill dengan mudah, murah, dan cepat. 

Di era dan ruang digital saat ini, kita bisa mengakses berbagai sumber dan literasi digital masa kini termasuk cara bagaimana cara menjadi seorang freelancer. Salah satunya adalah melalui channel YouTube. 

Tidak semua channel YouTube bisa berguna buat seorang freelance pemula. Ada beberapa tips nih yang wajib kamu tahu sebelum menekan tombol subscribe di salah satu channel.

Pengalaman

Banyak channel di YouTube tentang freelance yang hanya sekedar mengambil sumber dari sana sini tapi tidak berdasarkan pengalaman sendiri.

Freelancer yang sudah berpengalaman dibidangnya pasti mempunyai banyak informasi yang berguna untuk freelance pemula. Pilih channel YouTube freelance yang mereka share berdasarkan pengalaman sendiri.

How to dan guide

Petunjuk bagaimana cara memulai kerja freelance atau bagaimana cara membuat portfolio atau bagaimana cara menghindari scam, sangat berguna untuk para freelance pemula. Pilih channel YouTube yang mengupas tentang how to atau panduan atau guide supaya kita bisa mengurangi risiko saat menjadi pekerja freelance.

Income

Jumlah income penting untuk menunjukkan apakah si empunya channel memang benar-benar bekerja sebagai freelance profesional atau tidak.

Semakin tinggi nilai project yang di handle atau hourly rate, bisa dipastikan si empunya channel bukan kaleng-kaleng.

Profile

Cari informasi profile pemilik channel di LinkedIn, Medium, Quora atau blog pribadi. Mengetahui profile sangat penting untuk melihat apakah pemilik channel YouTube ini capable dan bisa dipercaya atau tidak.

Pastinya, untuk mengakses channel-channel yang bermanfaat ini kamu harus mempunyai fast internet provider yang cepat dan handal. Pasti tidak nyaman kalau kita membuka video tapi bufferingnya lama. Yang ada, kita jadi malas untuk belajar tentang literasi digital masa kini para freelancer.

Mengetahui skill dan juga mengupgrade skill menjadi bagian penting buat para freelance pemula. jangan malah bingung tentang skill yang dimiliki atau yang belum dimiliki. Lebih mudah untuk mengupgrade skill saat kita sudah tahu apa saja skill dan keahlian yang kita miliki.

Punya skill bersosial media dan desain grafis, kamu bisa menjadi social media specialist. Punya skill menulis yang handal? Kamu bisa menjadi seorang content writer dan copywriter. Punya skill edit video? Kamu bisa menjadi seorang video editor.

Banyak sekali peluang yang bisa kita ambil jika kita mengetahui apa skill yang kita punya. Bagaimana kalau sama sekali belum punya skill? Ya, belajar dong. Ada banyak sumber di YouTube dan juga berbagai kursus online tentang freelancer. Yang penting, jangan sampai ketinggalan pengetahuan dan literasi digital masa kini.

Mengapa literasi digital masa kini penting? 

Karena sebagai freelancer, kita dituntut harus selalu update dengan berbagai perkembangan software, tools, dan berbagai alat yang kita gunakan untuk bekerja freelance.

Jika kita sebagai freelancer tidak menguasai literasi digital masa kini, yakin masih bisa mendapatkan klien? 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.