Menjaring Leads WA Menggunakan Lead Magnet dan Tribelio Page

Tribelio Page – Pentingnya lead magnet untuk bisnis

Buat Anda para Moms yang mungkin juga seorang pebisnis online, mempunyai banyak leads yang berkualitas bisa meningkatkan transaksi penjualan loh.

Di dunia penjualan, leads mengacu kepada pelanggan potensial atau bisa disebut juga prospek yang tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Ketertarikan ini diekspresikan dengan cara prospek mau secara sukarela membagikan alamat email, nomor kontak, atau sosial media mereka kepada kita.

Sudah tahu belum apa itu lead magnet Mom?

Dalam dunia marketing atau pemasaran, lead magnet adalah produk gratis yang diberikan dengan tujuan untuk mendapatkan detail kontak seperti alamat email dan nama pengguna.

Beberapa contoh lead magnet yang populer adalah ebook template, case study, template, workbook, planner, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan lead magnet, kita memiliki kesempatan yang lebih tinggi agar pengunjung website mau memberikan informasi mereka dengan imbalan atau barter produk gratis dari kita. Jangan lupa, meskipun produk yang kita berikan gratis, kualitas juga harus baik ya Mom. Jangan berpikir, barang gratis lalu kita memberikan produk seadanya ke orang lain.

Lead magnet bisa menjadi jembatan bagi prospek untuk mengawali customer journey. Jika prospek puas dengan freebie yang kita berikan, dia akan mencari tahu lebih dan bisa jadi, tidak keberatan untuk membayar informasi yang nantinya dia dapatkan.

Pernah mendengar pepatah,”Don’t leave money on the table?”

Jika diartikan secara bebas, “uang” kita sudah ada di mailing list dan leads. Jadi, daripada susah payah selalu mencari pelanggan baru, kita bisa mengolah database leads dan meningkatkan konversi prospek menjadi customer.

subscriber aktif blog indriariadna.com

Bayangkan jika Moms mempunyai database leads sejumlah10.000 kontak dan 20% nya membeli produk Moms. Pikirkan bagaimana jika leads ini terus bertambah 10% setiap harinya maka otomatis penjualan Moms pun diharapkan akan meningkat. 

Saat ini sih, subscriber saya masih di angka 900 an Mom, di blog saya yang ini indriariadna.com

Lead magnet funnel

Lead magnet funnel biasanya berbentuk seperti ini Moms.

Sumber: https://funnelytics.io/

Pada diagram diatas, LM adalah singkatan dari Lead Magnet.

Step by stepnya:

  • Kita membuat lead magnet
  • Kita membuat landing page untuk lead magnet tersebut. Landing page ini juga berisi form untuk subscribe agar audiens bisa mendapatkan lead megnet atau freebie.
  • Saat audiens subscribe, kita mengirimkan “thank you” email beserta pengiriman lead magnet.
  • Audiens bisa menerima lead magnet melalui email.
  • Setelah kita mendapatkan database audiens, kita bisa nurturing dan follow up leads lebih lanjut.

Untuk menarik pengunjung, lead magnet bisa kita selipkan di dalam artikel, atau di satu laman (page) tersendiri. Landing page untuk lead magnet.

Di bawah ini adalah salah satu form opt-in yang saya buat. Saat ada orang yang mengisi form ini, step by step cara mendapatkan lead magnet sama persis seperti funnel di atas.

.

Tujuan lead magnet 

Apa yang perlu diketahui oleh Moms, para pebisnis online dan digital marketing Indonesia adalah, more leads are more customers. Semakin banyak leads sama dengan semakin banyak customer.

Buat Moms yang masih bingung mau membuat lead magnet apa, di bawah ini ada 7 ide lead magnet populer dan paling mudah disiapkan. Tidak perlu membuat lead magnet ini selama berhari-hari karena hitungan jam pun bisa selesai dan siap kita bagikan kepada subscriber.

7 Ide lead magnet

Ada banyak sekali lead magnet yang bisa Anda buat dalam hitungan jam. Diantaranya:

  • Ebook
  • Worksheet
  • Checklist
  • Workbook
  • Planner
  • Video
  • IG template

Dengan memiliki satu atau dua macam lead magnet, kita sudah bisa menarik leads.

Cara mudah mendapatkan leads berkualitas

Kita bisa mendapatkan leads berkualitas dari website, landing page, bio link atau sosial media.

Bagaimana caranya?

Untuk mendapatkan leads secara online tentu dengan cara memanfaatkan channel yang mempunyai banyak traffic online, seperti social media (IG, FB Page, Tiktok, YouTube, etc). 

Audiens atau mereka yang menonton video kita di YouTube adalah leads. Namun, kita tidak mempunyai data kontak mereka. Lalu bagaimana cara supaya kita bisa mendapatkan leads ini ? Salah satu cara, kita bisa menggunakan Tribelio Page.

Landing Page atau Sales Page

Di dunia digital marketing, landing page adalah satu laman atau page yang berdiri sendiri. Saat seseorang mengklik tautan landing page yang ada di email atau sosial media, mereka akan landing atau mendarat di laman yang dibuat spesifik dengan tujuan tertentu. 

Landing page bisa saja ditujukan untuk mengumpulkan leads, menawarkan produk atau jasa, atau hanya supaya pengunjung bisa subscribe dengan mudah.

Salah satu tools Landing page yang bisa kita gunakan secara gratis untuk mendapatkan leads yang berkualitas adalah TRIBELIO PAGE.

Apa itu Tribelio Page

Tribelio Page didirikan oleh Denny Santoso, salah satu digital marketer expert Indonesia yang sudah berkarir di dunia digital marketing sejak tahun 2007 dan sudah belajar banyak dari mentor luar negeri, salah satunya adalah Russel Brunson. Denny Santoso merupakan orang Indonesia pertama yang mendapatkan two comma club award dari Russel Brunson di tahun 2018. 

Cara mudah menggunakan Tribelio Page untuk menjaring leads Whatsapp

Bagaimana cara membuat landing page Tribelio? Simak video di bawah ini.

Nah, di bawah ini adalah kreasi Tribelio Page saya nih Mom, bisa klik di https://tribelio.page/indriyas

Berdasarkan pengalaman selama ini, orang-orang kita lebih sering membuka WA (whatsapp) daripada membuka email. Kok tau? Saat kita blast email ke subscriber, kelihatan report berapa yang buka email, berapa yang klik link di newsletter dan berapa yang tidak membuka email tersebut.

Supaya kita tetap bisa mendapatkan leads dengan WA, kita tinggal setting landing page Tribelio kita. Jadi seperti gambar di atas, follower atau audiens yang ingin mengunduh lead magnet, bisa memberikan nama, alamat email, serta nomor WA.

Nah dari database leads WA ini nantinya yang akan kita konversikan menjadi customer.

Bagaimana Mom, komen ya kalau sudah mencoba Tribelio Page.

19 thoughts on “Menjaring Leads WA Menggunakan Lead Magnet dan Tribelio Page”

  1. Saya belum pernah menggunakan Tribelio, mba. Ini khusus untuk yang punya usaha apa aja biasanya mba?
    Kebetulan saya belum punya usaha yang bisa dibagikan ke orang lain. Kalau misal untuk branding blogger gitu bisa kah?

    Reply
  2. Ternyata skematiknya bisa terukur yaa, kak Indri.
    Aku gak mikir sampai sebegini besarnya efek branding dari sebuah landing page dan subscribe email. Bagaimana sebaiknya yang dilakukan agar kinerjanya bisa optimal padahal sudah disediakan di Tribelio Page secara gratis.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.