Panduan Membuat Instagram Reels, Berikut Langkah Mudahnya!

ProdigitalMom

Hai Moms, mau tahu rahasia supaya konten Instagram bisa bertumbuh dan viral?

Yupss, Moms benar! Instagram Reels.

Terus melakukan inovasi dan menghadirkan berbagai fitur baru membuat Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang begitu populer.

Salah satunya adalah fitur Instagram Reels yang belakangan semakin digandrungi para pengguna, termasuk kita ya Moms.

Bagi Moms yang menjalankan bisnis maupun seorang content creator yang ingin mengembangkan akun Instagram, fitur Reels ini sangat wajib dipakai dan digunakan.

Baca juga: Apa yang harus dilakukan saat Engagement Rate Instagram rendah.

Apa Itu Fitur Reels di Instagram?

Hadir secara resmi pada tanggal 23 Juni 2021 di Instagram Indonesia, fitur Reels langsung menyita banyak perhatian pengguna.

Apabila Moms belum mengenal fitur Reels, perlu diketahui bahwa Reels ini adalah fitur untuk membuat konten dalam bentuk multi-clip vertical video, mirip dengan video pendek yang ada di aplikasi TikTok.

Kehadiran fitur Reels tersebut sedikit mengubah tampilan interface aplikasi karena icon fitur ditempatkan menggantikan ikon Postingan Baru, yaitu di antara tab Home, Explore, Store, dan juga Profile.

tampilan akun Instagram

Durasi video yang bisa dibuat menggunakan Reels antara 15 detik sampai 30 detik, dimana kita bisa menambahkan Instagram Music pada konten tersebut.

Reels juga bisa dibagikan ke Stories, Explore Feed dan tab Reels itu sendiri.

Di tab Reels, berisi Reels dari akun-akun yang sedang trending dan populer, sama seperti FYP (for you page) di TikTok.

Cara Membuat Reels Pertama Kali

Jika Moms baru menggunakan Instagram Reels pertama kali, cara membuatnya sangat mudah baik itu untuk kebutuhan personal maupun mengembangkan bisnis.

Ada tiga cara membuat Reels.

Petama, melalui Instagram home screen.

Kedua, melalui tab Reels.

Ketiga, melalui kamera Instagram stories.

cara membuat Instagram Reels

Moms dapat menemukan ikon tersebut di bagian atas sebelah kanan, tepat di samping ikon Notification dan Direct Messages. Setelah menemukannya, langsung saja klik pada ikon tanda plus tersebut kemudian pilih Reels.

Setelah itu Moms bisa langsung membuat konten sesuai keinginan.

Bagaimana Algoritma Reels Instagram Bekerja ?

Tujuan utama dari algoritma Reels Instagram tidak hanya sekadar menyajikan konten yang disukai oleh para user. Konten yang ditunjukkan kepada para user adalah yang mendapatkan paling banyak interaksi dari para pengguna. Sehingga algoritmanya mempertimbangkan seberapa besar kemungkinan seorang pengguna untuk melakukan interaksi.

Mulai dari menonton Reel sampai habis, memberikan likes pada Reels tersebut, mengomentari Reels yang dianggap menghibur atau lucu, serta menuju audio page yang digunakan untuk membuat Reels.

Intinya algoritma Instagram Reels ini bekerja berdasarkan kemungkinan aksi dan interaksi dari para user.

Cara Menggunakan Reels di Instagram untuk Bisnis

Fitur Reels di Instagram menghadirkan peluang yang besar untuk dijadikan sebagai sarana melakukan digital marketing bagi bisnis, termasuk untuk para pebisnis pemula yang berjualan secara online. Bagi anda yang ingin menggunakan Reels untuk kebutuhan bisnis, terdapat beberapa jenis konten yang direkomendasikan.

Ada 3 cara menggunakan Reels untuk bisnis diantaranya

  1. Membuat konten otentik
  2. Konten edukasi
  3. Showcase produk

Selain itu konten berupa tutorials juga cocok diterapkan untuk industri apapun, konten tips & trick, konten challenges untuk meningkatkan engagement rate, konten vlog, review produk, behind the scene, sampai konten promosi produk secara hard selling juga patut dilakukan.

Kita bisa menggunakan berbagai macam jenis secara seimbang untuk keperluan bisnis. 

Konten Otentik

Kita bisa benar-benar menampilkan personal branding kita menggunakan Reels.

Reels di desain untuk membuat konten yang menghibur dan juga cepat, membuat konten yang kita buat benar-benar bisa menghibur follower dan audiens.

Reels sangat cocok digunakan untuk membangun relasi dan juga mengambangkan komunitas.

Lebih baiknya lagi, dengan menggunakan Reels, kita bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Konten edukasi

Banyak sekali konten edukasi atau tips yang bisa kita bagikan dengan follower tergantung niche dan personal branding kita Moms.

Misalnya, saya biasa membagikan konten tentang blogging dan freelance di Instagram saya https://www.instagram.com/indriyasw/.

Konten edukasi juga bisa membantu kita memposisikan diri sebagai ahli atau expert di bidang kita.

Showcase produk

Instagram Reels membuka banyak sekali peluang antara brand dengan influencer.

Instagram Reels adalah shoppable, artinya, bisnis atau brand bisa menunjukkan produk yang mereka jual serta meng-tag langsung produk-produk tersebut.

Dengan adanya fitur showcase ini, memudahkan para influencer yang bekerjasama dengan brand untuk menunjukkan produk yang mereka review atau gunakan.

Tentu saja, showcase produk ini bisa meningkatkan traffic dan penjualan di akun IG shop kita Moms.

The Future of Reels Instagram

Melihat panduan Instagram yang cenderung sangat mudah dipahami, bukan tidak mungkin apabila fitur Reels ini akan terus mendulang kesuksesan ke depannya.

Bahkan banyak yang memprediksi fitur Reels Instagram akan menyaingi TikTok.

Lihat saja bagaimana fitur Stories di Instagram yang sudah mencapai 500 juta pengguna setiap harinya dalam rentang waktu hanya 5 tahun.

Apabila mengacu pada perkembangan fitur Instagram Stories yang sudah lebih dulu diluncurkan oleh pihak Instagram, maka kemungkinan besar fitur Reels dari Instagram ini juga akan mempunya masa depan cerah.

Terlebih Instagram sendiri terus melakukan update terhadap fitur tersebut yang pastinya semakin membuat pengguna tertarik.

Apapun brand atau bisnis yang kita punya, selalu ada kesempatan untuk menunjukkan sisi kreatif kita melalui Instagram Reels.

Kita bisa membuat Instagram Reels menggunakan Canva loh Moms, banyak sekali template yang bisa kita gunakan.

Instagram Reels template Canva

Buat Moms yang ingin menggunakan semua fitur, template, dan elemen Canva, berlangganan Canva Pro saja Mom.

Harga promo hemat banget, bayar 1 untuk ber 5. Klik banner image di bawah ini ya Moms.

2 thoughts on “Panduan Membuat Instagram Reels, Berikut Langkah Mudahnya!”

Leave a Comment