5 Instagram Analitik Tools Terbaik Untuk Meningkatkan Follower Instagram

Instagram analitik tools? Apaan ya ini?

Instagram masih menjadi salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Bahkan setiap harinya, lebih dari 10 juta orang secara aktif menggunakan Instagram. 

Tak heran, media sosial ini menjadi salah satu cara terbaik untuk marketing dan mempromosikan produk sekaligus jasa yang kita miliki.

Tidak hanya mengupdate konten, kita juga harus tahu dan bisa menggunakan Instagram analitik tools untuk menghitung apakah strategi kita sudah sukses atau belum. Istilah kerennya, scalable.

Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Rate Instagram

5 Rekomendasi Instagram Tools

Minter.io

List pertama, kita bisa menggunakan analisis Instagram ini. Minter.io tergolong salah satu yang penyedia layanan analitik yang cukup lengkap.

Selain Instagram, Minter.io juga bisa digunakan untuk analisa TikTok, Twitter, LinkedIn, dan Facebook.

Dengan menggunakan Minter,io kita bisa mendapatkan berbagai data yang dibutuhkan untuk menyusun berbagai macam strategi marketing Instagram.

Minter.io bukanlah aplikasi gratis melainkan aplikasi berbayar, kita harus membayar biaya membership bulanan mulai dari $9 per bulan.

Minter.io pricing plan

Beberapa fitur analitik Instagram dari Minter.io adalah:

Follower growth

Audience insight

Engagement

engagement analitik minter.io

Instagram stories analitik

IGTV analitik

Instagram mention tracking

Instagram ads (iklan) analitik

Benchmark

Instagram audit

Salah satunya adalah dapat dengan mudah untuk mengidentifikasi filter dari foto dan juga video yang terbaik bagi audiens atau followers anda. Dengan adanya identifikasi tersebut, tentu saja akan memberikan kemudahan untuk menentukan filter pada postingan kita berikutnya.

Crowdfire

Tools Instagram berikutnya yang bisa kita gunakan adalah Crowdfire. Dengan menggunakan Instagram analitik tools satu ini, memungkinkan kita melihat performa postingan dari Instagram.

Fitur yang dimiliki Crowdfire selain fitur analitik antara lain:

Scheduling

Publish konten dari mana saja

Kurasi konten dan image

Crowdfire juga mampu menampilkan detail dari performa postingan Instagram yang dimiliki dalam rentang waktu yang dipilih. Contohnya saja, seperti waktu 90 hari, 7 hari, bahkan kemarin.

Keunggulan dari Instagram analitik tools satu ini adalah mampu menampilkan data Instagram dengan tampilan yang ramah. Sehingga akan sangat memudahkan kita yang tidak terlalu paham bagaimana cara membaca statistik.

Pixlee

Pixlee menjadi Instagram analitik tools berikutnya yang bisa kita pilih. Dengan fitur unggulan yaitu mampu memonitor performa dari akun Instagram yang kita miliki. Pastinya hal ini akan menjadi keunggulan tersendiri.

Diantara fitur yang dimiliki Pixlee, salah satunya adalah Tops Brand Influencer yang bisa mengidentifikasi tentang apa yang dikatakan oleh influencer terhadap brand yang kita miliki.

Lalu, ada pula kiriman penggemar teratas. Adanya widget satu ini, akan mampu untuk menampilkan foto sekaligus video teratas yang telah diposting oleh followers terkait dengan brand kita.

Squarelovin

Squarelovin adalah salah satu Instagram analitik tools yang bisa digunakan dengan gratis. Meskipun free, fitur yang diberikan juga tak kalah dashyat dengan aplikasi yang berbayar.

Squarelovin adalah solusi yang tepat untuk Instagram analitik tools, social commerce dan UGC (user generated content) manager.

Bagaimana cara Squarelovin bekerja?

Squarelovin Instagram analitik tools

Kita bisa mendapatkan semua hal  yang diperlukan di dalam menganalisis performa dari Instagram. Dengan tools ini, kita bisa menganalisa konten dan akun Instagram kita secara lebih mendalam.

Iconosquare

Instagram analitik tools selanjutnya yang bisa kita gunakan adalah Iconosquare. Dengan menggunakan aplikasi satu ini kita bisa mengoptimalkan strategi dari sosial media yang kita miliki.

Mulai dari kalender konten yang bertugas untuk menjadwalkan dan merencanakan konten hingga  membantu kita untuk memahami insight dari followers kita seperti jenis kelamin dan usia. 

Ionosquare pricing plans

Ionosquare memang aplikasi dan tools berbayar tapi juga mempunyai fitur gratis yang bisa kita manfaatkan. Di antaranya:

Link in bio manager

Instagram audit

Facebook audit

Tweets on Instagram

Kesimpulan

Instagram analitik tools di atas bukanlah keharusan yang harus kita pakai, tapi kalau memang kita mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya menggunakan Instagram analitik tools.

Banyak fitur yang tidak bisa kita dapatkan di aplikasi Instagram yang kita punya. Juga, ada Instagram analitik tools tersebut ada yang bisa kita pakai secara gratis.

Sebelum menentukan aplikasi mana yang akan dipilih, ketahui dulu kebutuhan dan fitur apa saja yang kita butuhkan. Terutama apabila kita adalah perusahaan atau agensi, akan sangat membantu kita apabila kita menggunakan aplikasi Instagram analitik tools ini.

22 Comments

  1. Terima kasih kak, sangat bermanfaat infonya terutama untuk aku yg followersnya masih dikit, hehe

  2. Kalau analitik hanya sebatas analisa dan reporting mba tidak ada langkah perbaikan

  3. Sejujurnya aku baru tahu kalo ada tools yang bisa memganalisa untuk IG ya..wah layak aku kenal talent itu perhatian dg IG nya.

    Memang untuk jadi digital.marketing pro.harus balajar dan tahu aplikasi seperti ini ya

  4. Terimakasih banget, kak…infonya.
    Memang menjadi profesional itu gak mudah yaa.. Harus lebih banyak belajar dan terus memberikan inovasi konten terbaik dengan menggunakan aplikasi analitik tools yang sangat membantu ER IG menjadi baik.

  5. Yusriah Ismail says:

    selalu nunggu nih konten mbak Indri 😍 btw saya baru tau ada instagram analitik ini.. menarik mba

  6. Nice info, Kak. Thank you for sharing. Ternyata ada tool-nya untuk mengoptimalkan instagram. Selama ini hanya posting-posting saja tanpa adanya evaluasi.

  7. Pengetahuan baru nih. Suka penasaran dengan hal-hal seperti ini. Ini erat banget dengan digital marketing. Saya kebetulan lagi pengin belajar soal ini.

  8. Baru tahu nih mba tool-toolsnya. bs d coba nih

  9. Hal baru semua ini bagiku ini. Jadi tahu tools untuk meningkatkan performa Instagram nih. Makasih infonya mba

  10. Thanks jadi punya referensi untuk upgrade Instagram

  11. Waw akhirnya bisa tau juga tools untuk performa media sosial. Boleh dicoba nih, terima kasih sharingnya Mbak 🙂

  12. Kalau perihal perkembangan media sosial saya masih gaptek, perlu banyak belajar lagi. kalau sudah tahu dari instagram analitic ini, apakah nanti akan diberitahukan langkah perbaikan bila kita ternayta masih kurang?

  13. Bener kak, gratis padahal yaa harusnya sih dicoba karena bisa buat identifikasi target market yaa. Mau cobain salah satu yang gratis ahh ngulik2 biar dapat insight yang lebih banyak

  14. informatif sekali, saya baru tahu hehee, terimakasih mbak

  15. Kudet banget nih saya malah nggak tau kalau ada aplikasi seperti ini untuk meningkatkan performa dan follower instagram. Thanks sharing nya

  16. numpang jejak dulu ya, kakak. yang pasti tulisan kakak nambah pengetahuan baru buat saya. soalnya saya tahunya masih manual belum ke aplikasi. dulu pernah pakai aplikasi cuma bukan dari kelima aplikasi di atas. kalau punya dana lebih, boleh kali ya, mencoba salah satu aplikasi di atas. Eh, kalau kakak pribadi, yang paling aman dan mendekati target pasar, pakai aplikasi yang mana?

  17. Wah makasih Mbak. Ternyata ada instagram analitik ya. Ketimbang analisa sendiri kadang ngga kepegang

  18. Wah wah
    Aku malah batu dengar dengan tools tools ini
    Mantap
    Makasih ya mbak, aku jadi mulai kepoin nih

  19. Ya ampuuun, kayaknya aku kurang update makanya baru tahu aplikasi beginian

  20. Wah, makasih infonya jadi tahu tools untuk meningkatkan peforma Instagram kita. Makasih ya

Comments are closed.