Pawrent Lupa Bawa Dompet? Stay Cool Pakai M-Syariah Aja!

Selain sibuk sebagai ibu rumah tangga yang juga freelancer, saya dan suami juga sibuk menjadi pawrents. Kenapa anak gak ikutan? Karena dia tinggal terpisah dengan kami, jadi gak bisa jadi tim squad pawrents nih:)

Mempunyai yayasan dan rumah sakit hewan adalah satu dari cita-cita saya. Melihat banyaknya kucing dan anjing yang seringkali tidak mendapatkan kepedulian dari manusia.

Apa sih pawrents?

Menurut Wictionary, pawrents (paw + parent) adalah sebutan bagi seseorang yang mempunyai atau memelihara kucing dan atau anjing sebagai hewan peliharaan.

Tentang Kipli

Berawal dari sekitar 5 tahun yang lalu, ada seekor kucing jantan remaja yang tiba-tiba saja mulai blusukan datang hampir tiap hari dan tak lupa meminta makan. Sebenarnya gak minta makan sih, karena kasihan saja maka saya kasih makan.

Saya sebenarnya bukan orang yang termasuk penyayang binatang (dulu) terutama kucing. Tapi karena si kucing jantan ini yang pantang menyerah dan selalu muncul, membuat saya kemudian luluh. Jatuh cinta ke semua anabul hingga hari ini.

Kucing jantan remaja yang kemudian kami beri nama Kipli, adalah kucing pertama yang kami pelihara.

Karena tidak ada pengalaman memelihara kucing sebelumnya, saya memelihara dia sekedarnya. Nasi campur ikan adalah menu sehari-hari Kipli.

Hingga tidak genap satu tahun bersama kami, terjadi kecelakaan di satu pagi dan Kipli meninggalkan kami semua.

Sudah sayang, sudah cinta, eh malah di tinggal. Rasanya beneran gak rela saat itu. Hampir beberapa hari saya suka nangis sendiri kalau teringat Kipli.

Bermula dari Kipli, kemudian saya mempunyai Cilik si kucing jantan tetangga (kitten) yang gak dipelihara dan kemudian saya ambil. Lalu ada Cemot, kucing campuran betina (kitten juga) yang saya rescue dari jalanan di depan Alfamart.

Begitu banyak lika liku dan emosi saat memelihara anabul. Dari menghadapi anabul yang pilek, cacingan, diare, dan juga steril.

Kalau di hitung, harusnya sampai saat ini jumlah anabul saya mungkin ada kali 50 lebih. Tapi ternyata tidak.

Satu hal yang bikin banyak anabul saya tidak bisa bertahan hingga usia dewasa adalah sakit karena feline panleukopenia atau di singkat virus panleu. Virus yang terkenal sangat jahat dan menular dengan sangat cepat saat anabul masih ada di fase kitten.

Dari puluhan anabul saya, hanya 3 saja yang mampu bertahan hingga hari ini dari virus panleu ini.

Dokter hewan bilang, tempat kami sudah menjadi red zone karena banyaknya kejadian kucing-kucing kami yang terkena virus panleu dan berakhir dengan kematian.

Dari yang tidak tahu apa-apa tentang anabul, menghadapi berbagai macam penyakit membuat saya mau tak mau harus belajar lebih banyak tentang dunia anabul.

Hal penting Yang Harus Dilakukan Pawrents Untuk anabul

Vaksin

Vaksin adalah hal penting dan wajib diberikan untuk anabul kesayangan mulai dari umur 8 minggu.

Vaksin apa saja yang harus diberikan? Melansir dari situs Vcahospitals dibawah ini adalah vaksin wajib untuk kucing.

1. Feline panleukopenia virus
2. Feline viral rhinotracheitis, virus herpes tipe 1
3. Feline caliciviruses
4. Rabies virus
5. Feline leukemia virus (FeLV) untuk kitten

Kebersihan tempat anabul

Kebersihan tempat tinggal anabul menjadi koentji kesehatan anabul. Tempat tinggal yang dibersihkan secara berkala bisa menghalau menularnya penyakit.

Pastikan untuk mengganti litter box setiap hari atau secara berkala. Selalu mencuci tempat makan dan minum anabul setelah digunakan.

Kualitas makanan

Sama seperti manusia, makanan menjadi satu hal yang sangat penting buat anabul.

Ada 3 tipe makanan kucing yaitu wet food, dry food dan raw food.

Wet food cocok diberikan untuk kitten atau anakan kucing karena gigi belum tumbuh sempurna. Meskipun ada beberapa brand yang memproduksi dry food untuk kitten juga seperti Royal Canin, Happy Cat Happy Dog, dan Hill’s Science.

Wet food juga sering saya berikan untuk menyuapi anabul yang sedang sakit dan gak doyan makan. Dokter hewan langganan saya bilang, meski sakit dan gak mau makan, anabul tetep harus dipaksa makan, caranya ya kita harus mau suapin.

Beberapa brand yang sering saya gunakan untuk anabul di rumah adalah Royal Canin Gastro dan Royal Canin Recovery untuk yang sakit. Untuk kitten biasa pakai Royal Canin Mom and Baby.

Banyak yang bilang dry food sebagai penyebab urinary tract disease atau kencing batu di kucing terutama kucing jantan. Padahal tidak demikian sih, bisa dibaca di artikel ini.

Hanya saja pawrents perlu memilih dengan cermat kandungan yang ada di dry food, karena tidak semua dry food mengandung ingredients yang bagus untuk anabul.

Yang perlu diperhatikan adalah prosentase protein yang cukup, adanya tambahan vitamin dan taurine.

Hindari membeli wet food dan dry food yang mengandung ingredients dibawah ini. Sumber.

  • Jagung dan tepung
  • Meat and grain meals and by-products
  • BHA (Butylated Hydroxyanisole)
  • BHT (Butylated Hydroxytoluene)
  • Ethoxyquin
  • Food Dyes (Blue 2, Red 40, Yellow 5 and 6, 4-MIE)
  • PG (Propylene Glycol)
  • Rendered fat

Di luar negeri, banyak pawrents yang memberikan raw food ke anabul mereka. Raw food adalah makanan mentah tanpa masak dan proses. Biasanya campuran beberapa daging seperti daging sapi, daging ayam, jeroan, daging kangguru yang dihaluskan menjadi satu.

Anabul saya ada satu yang suka makan raw food, ikan bandeng mentah. Dia lebih suka ikan bandeng mentah daripada yang masak. Tidak tau kenapa.

Mainan interaktif

Mainan interaktif sangat penting untuk menjaga mood, mengurangi stress dan kebosanan.

Pemeriksaaan teratur

Selain vaksin, pemeriksaan secara teratur ke dokter hewan atau vet penting untuk mengatasi masalah anabul seperti cacingan, infeksi telinga, dan sariawan.

Kucing yang saya rescue biasanya saya perikasakan langsung ke vet untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh termasuk memberikan obat cacing.

Obat-obatan

Sebagai pawrents saya selalu sedia beberapa obat-obatan untuk anabul di rumah seperti obat anti muntah, vitamin, dan juga larutan elektrolit.

Di tempat saya ini tidak ada puskeswan dan dokter hewan atau vet yang siaga 24 jam jadi sangat penting untuk mempunyai obat-obatan sebagai pertolongan pertama jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kesalahan saya sebagai pawrents Pemula

Salah satu kesalahan fatal saya sebagai pawrents (dulu) adalah memberikan nasi yang dicampur ikan ke anabul. Padahal kucing adalah hewan karnivora, dan mereka tidak membutuhkan karbohidrat. Kucing membutuhkan protein, bukan karbo.

Jangan sampai meniru kesalahan yang saya lakukan dulu ya…

Sekarang ini sih saya sudah tobat 🙂 gak ngasih nasi lagi ke anabul kesayangan.

Selain wet food dan dry food, makanan favorit anabul saya adalah ikan bandeng kukus dan ayam rebus.

Saat ini ada 7 kitten, 1 junior, 4 kucing dewasa, dan ada banyak kucing dewasa di sekitaran komplek yang saya kasih makan juga tiap hari.

Ada juga satu anabul beda spesies (anjing) yang juga suka makan ikan dan ayam.

Banyaknya anabul yang harus diberi makan mengharuskan saya rajin ke pasar dua hingga tiga kali seminggu untuk membeli ikan dan ayam. Maklum, kapasitas freezer terbatas, paling muat 5 kg ikan bandeng.

Jarak dari tempat saya tinggal ke pasar sekitar 3 kilometer. Tidak terlalu dekat, juga tidak terlalu jauh.

Ini nih penampakan pasar tradisional favorit yang sering saya datangi, pasar Kahayan.

pasar kahayan palangkaraya

Beberapa penjual ikan dan ayam sudah menjadi langganan saya karena seringnya belanja.

Malah, Mang Muin penjual ikan bandeng langganan, memberi akses WA nya supaya saya bisa order bandeng sehari sebelumnya. Keren ya penjual ikan jaman now 🙂

Nah, ini saat Mang Muin laporan berapa kilogram bandeng yang masih ada dan dia kirim video menggunakan WA 🙂

Biasanya saya beli ikan bandeng itu 5 kg, tapi karena enggak ada 5 kg, Mang Muin kasih laporan dulu.

Mang Muin Bandeng

lapak Langganan, Petshop & Vet Buat Kepentingan Anabul

Di lapak Mang Muin, di Petshop FY dan vet Klinik Paws saya seringkali membayar non tunai. Maksudnya? Membayar dengan sistem transfer.

FYI nih buat kalian yang tinggal jauh dari Palangkaraya, ATM yang tersedia dan ada di kota ini tidaklah tersebar merata dan di setiap sudut pasti ada seperti di Jawa.

Karena kadang memang enggak melewati ATM padahal mau periksa anabul di vet, jadilah pembayaran menggunakan non tunai alias transfer.

Pakai apa memang? Pakai aplikasi M-Syariah dong.

Lagi kepepet dan lupa bawa dompet, pawrents tetap bisa stay cool hehe…

M-Syariah adalah aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah yang memberikan berbagai kemudahan untuk mengelola transaksi perbankan dan non perbankan.

Digital banking dari M-Syariah ini sangat praktis karena kita tinggal install atau mengunduh dari Playstore ataupun Apple Store.

Fitur Utama Aplikasi M-Syariah

Dibawah ini fitur unggulan dari aplikasi M-Syariah

Pembukaan rekening tabungan secara online, tanpa perlu melakukan video call maupun datang ke kantor cabang. Cukup dengan mengisi data, mengambil foto KTP, dan melakukan swafoto (selfie) di aplikasi M-Syariah.

Pengiriman kartu ATM akan diantar langsung ke alamat Anda.

Pemindahbukuan atau transfer antar bank secara online.

Bisa melakukan transfer ke bank lain dengan biaya admin yang lebih murah, menggunakan layanan BI Fast.

Fitur pembelian dan pembayaran tagihan.

Fitur Berkah Islami (informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel Islami) yang mendukung ibadah.

Nah buat pawrents yang sering lupa bawa dompet, jangan sampai lupa bawa smartphone.

Dengan membawa smartphone, gak usah khawatir gak bisa bayar belanjaan karena pawrents bisa bayar menggunakan aplikasi M-Syariah.

Kerennya lagi, Bank Mega Syariah sudah menambahkan fitur transfer melalui BI-FAST. Kedepannya M-Syariah akan dilengkapi dengan fitur pembayaran QRIS dan Deposito Digital. Selain itu juga akan menambah kerja sama dengan mitra e-wallet, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa dan listrik prabayar. Sumber.

Dunia digital banking berada di genggaman tangan deh pokoknya.

Dibawah ini kemudahan membuat rekening tabungan melalui aplikasi M-Syariah, tanpa harus datang ke kantor cabang. Cocok buat pawrents yang sibuk banget dengan anabulnya.

Buka rekening dengan aplikasi M-Syariah

Yuk ikutan install dan unduh aplikasi M-Syariah agar pawrents enggak bingung lagi kalau harus bayar ini itu pas dompet ketinggalan.

Install aplikasi M-Syariah via link button dibawah ini.

Similar Posts