|

Pentingnya Kursus Business English dan Pemahaman Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Bagi Freelancer

Di era digital yang semakin terkoneksi, menjadi seorang freelancer adalah peluang luar biasa untuk bekerja dengan klien dari berbagai belahan dunia sekaligus mendapatkan peluang penghasilan tak terbatas.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari pasar global ini, ada dua komponen kunci yang penting yaitu: penguasaan bahasa Inggris yang baik dan pemahaman tentang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).

Kombinasi kedua aspek ini dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan bagi para freelancer. Memungkinkan freelancer tidak hanya berkomunikasi dengan lebih efektif tetapi juga dapat mengotomatisasi tugas-tugas rutin, menganalisis data, dan mengoptimalkan strategi kerja.

Penguasaan Bahasa Inggris – Kursus Business English untuk Sukses

Penguasaan bahasa Inggris adalah keterampilan inti bagi para freelancer, terlepas dari bidang spesialisasi skills mereka.

Mengapa? Karena bahasa Inggris adalah bahasa universal untuk bisnis dan komunikasi global. Kemampuan berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris memungkinkan freelancer berinteraksi dengan klien dari berbagai industri. Hal ini akan membuka peluang untuk proyek-proyek yang lebih beragam dan pasar yang lebih luas.

Komunikasi yang baik adalah dasar dari hubungan yang kuat dengan klien. Penguasaan bahasa Inggris memungkinkan freelancer untuk menjelaskan ide dengan jelas, memahami kebutuhan klien dengan lebih baik, dan menghindari risiko kesalahpahaman yang dapat menghambat proyek.

Selain itu, kemampuan berbahasa yang baik juga mencerminkan profesionalitas dan dapat meningkatkan kredibilitas di mata klien.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting bagi para freelancer:

Mengakses Pasar Global

Penguasaan bahasa Inggris membuka pintu menuju pasar global. Di lingkungan bisnis yang semakin terkoneksi, freelancer memiliki kesempatan untuk bekerja dengan klien dari berbagai negara. Dengan berbicara dalam bahasa yang dikenali secara internasional, freelancer dapat menjalin hubungan bisnis dengan lebih mudah dan meraih peluang proyek dari seluruh dunia.

Komunikasi Efektif dengan Klien

Bahasa Inggris memainkan peranan kunci dalam komunikasi antara freelancer dan klien. Kemampuan untuk menjelaskan ide, memahami kebutuhan klien, dan berbicara dengan jelas menghindari kesalahpahaman yang dapat mengganggu jalannya proyek. Komunikasi yang efektif menciptakan hubungan kerja yang baik, yang dapat berdampak positif pada ulasan dan rekomendasi di masa depan.

Akses ke Sumber Informasi dan Sumber Daya

Banyak sumber informasi, panduan, dan referensi berkualitas tinggi dalam dunia profesional tersedia dalam bahasa Inggris. Freelancer yang mahir bahasa Inggris dapat dengan mudah mengakses materi-materi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang.

Kredibilitas dan Profesionalisme

Kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik memberikan kesan profesionalisme dan kompetensi. Ini dapat memberikan kepercayaan kepada klien bahwa freelancer memiliki kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi dan berkomunikasi dalam lingkungan bisnis yang kompleks.

Akses ke Peluang Pekerjaan yang Lebih Beragam

Banyak proyek dan pekerjaan membutuhkan bahasa Inggris sebagai syarat wajib. Penguasaan bahasa Inggris memberikan akses kepada freelancer untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek yang memerlukan kemampuan berbahasa asing, seperti translation, content writing, dan digital marketing.

Peningkatan Potensi Penghasilan

Bekerja dengan klien internasional atau pada proyek-proyek yang memerlukan bahasa Inggris dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Biasanya klien akan membayar dengan rate dolar atau USD. Tahu sendiri kan, kurs USD lebih tinggi dari IDR.

Kemampuan Beradaptasi dalam Lingkungan Kerja yang Berubah

Dunia kerja semakin mengalami perubahan dengan cepat, terutama dengan perkembangan teknologi. Bahasa Inggris menjadi dasar dalam memahami teknologi dan tren industri, memungkinkan freelancer untuk beradaptasi dengan lebih cepat dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Memahami Kecerdasan Buatan untuk Produktivitas Maksimal

Di sisi lain, Kecerdasan Buatan (AI) adalah konsep yang mampu mengubah cara kita bekerja. Dalam dunia freelance, pemahaman tentang AI dapat membuka pintu menuju efisiensi yang lebih tinggi dan analisis yang lebih mendalam.

Artificial Intelligence memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti pengelolaan proyek, pengiriman email, atau penjadwalan. AI mampu untuk memberikan lebih banyak waktu berharga bagi freelancer untuk fokus pada aspek kreatif pekerjaan.

Beberapa Jenis AI yang digunakan Freelancer

Para freelancer dapat memanfaatkan berbagai jenis Kecerdasan Buatan (AI) sesuai dengan bidang pekerjaan dan kebutuhan mereka. Beberapa jenis AI yang biasanya digunakan oleh freelancer diantaranya:

Penerjemahan Otomatis

Alat penerjemahan otomatis seperti Google Translate, Microsoft Translator, dan DeepL dapat membantu freelancer yang berurusan dengan teks dalam bahasa asing. Ini memudahkan pekerjaan penerjemahan atau pembuatan konten multibahasa.

Chatbot

Freelancer yang menawarkan dukungan pelanggan atau berkomunikasi dengan klien secara langsung dapat memanfaatkan chatbot. Chatbot dapat memberikan respons cepat kepada pertanyaan umum atau memberikan informasi dasar kepada klien. Beberapa AI chatbot diantaranya: Chatfuel, ManyChat, Dialogflow.

Pengenalan Suara

AI pengenalan suara seperti Google Speech-to-Text dan IBM Watson Speech to Text, dapat membantu freelancer dalam transkripsi audio atau rekaman. Ini bermanfaat untuk pekerjaan transkripsi wawancara, podcast, atau video.

Analisis Teks

Alat analisis teks AI seperti IBM Watson Natural Language Understanding dan MonkeyLearn dapat membantu freelancer menganalisis sentiment, topik, atau tren dalam teks yang besar. Sangat bermanfaat dalam mengidentifikasi opini di konten sosial media atau ulasan produk.

Pembuatan Konten Otomatis

Dalam penulisan konten, AI dapat membantu dalam pembuatan konten awal berdasarkan panduan tertentu. Ini dapat mempercepat proses penulisan dan memberikan ide untuk konten. Beberapa AI yang digunakan diantaranya OpenAI’s GPT-3 dan CopyAI.

Pengenalan Gambar

Freelancer dalam bidang desain atau fotografi dapat memanfaatkan AI seperti Google Vision AI dan Amazon Rekognition untuk mengenali dan mengkategorikan gambar dengan cepat. Berguna untuk membantu dalam pengelompokan dan pengurutan koleksi gambar.

Optimasi SEO

AI dapat membantu freelancer yang bekerja di bidang pemasaran digital untuk mengoptimalkan konten untuk mesin pencari. AI dapat memberikan rekomendasi tentang kata kunci, struktur konten, dan lebih banyak lagi. Beberapa AI optimasi SEO yang digunakan adalah SEMrush, Moz, Ahrefs.

Analisis Data

Freelancer yang bekerja dengan data besar dapat menggunakan Tableau, Power BI dan RapidMiner untuk menganalisis data dengan lebih cepat. Analisis data bermanfaat dalam membuat laporan atau merumuskan rekomendasi berdasarkan data.

Rekomendasi Produk atau Konten

AI seperti Adobe Sensei dan Dynamic Yield dapat memberikan rekomendasi produk atau konten yang disesuaikan berdasarkan perilaku pengguna atau preferensi. Hal ini bisa membantu meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

Manajemen Proyek dan Tugas

AI dapat membantu freelancer mengatur jadwal dan tugas, memberikan peringatan, dan membantu mengelola alur kerja secara lebih efisien. Beberapa AI yang sering digunakan di antaranya Trello, Asana, dan Monday.com.

Analisis Pasar dan Tren

AI Google Trends, Brandwatch, dan Mention dapat membantu freelancer dalam melacak tren pasar, perilaku konsumen, dan preferensi dengan menganalisis data yang ada.

Desain Generatif

Dalam desain, AI dapat digunakan untuk menghasilkan desain alternatif berdasarkan parameter yang diberikan oleh freelancer. Ini dapat membantu dalam eksplorasi kreatif. Autodesk Dreamcatcher dan Runway ML adalah AI yang bisa digunakan.

Semua AI kecerdasan buatan ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Freelancer yang fasih menggunakan bahasa Inggris pasti akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Apakah Freelancer Harus Bisa Bahasa Inggris?

Banyak teman-teman yang berkirim email bahkan WA, bertanya, apakah sebagai freelancer harus bisa berbahasa Inggris?

Jawaban saya selalu “HARUS BISA” kalau mau mendapatkan peluang penghasilan lebih dan klien global.

Meskipun bahasa Inggris bisa dipelajari secara otodidak, akan lebih baik lagi kalau kita mengambil program khusus dan intensif. Artinya, program pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Apakah ingin belajar bahasa Inggris khusus writing, grammar, atau khusus bisnis. Tentunya masing-masing program dengan goals yang berbeda mempunyai materi dan modul yang berbeda juga.

Mengenal Kursus Business English Lister

Lister adalah perusahaan startup teknologi pendidikan (edu-tech) yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu siswa mencapai impian profesional mereka.

Ada banyak pilihan program pelajaran bahasa asing dan bahasa Inggris, untuk anak, remaja hingga dewasa.

Nah, khusus buat teman-teman freelancer pemula yang ingin memperbaiki skill bahasa Inggris, ada banyak pilihan program Kursus Business English yang bisa dipilih.

Teman-teman bisa menggunakan kode promo BLOG23 untuk mendapatkan harga spesial.

Seperti yang teman-teman tahu, proses seorang freelancer mendapatkan project tidaklah gampang. Pertama, kita harus bidding atau submit proposal. Selanjutnya, mungkin akan ada stage untuk interview secara conversational. Setelah itu mungkin akan ada negosiasi terkait rate card dan diskusi terkait cakupan project.

Di Lister.co.id, teman-teman bisa memilih program bahasa Inggris yang ingin dipelajari.

English for Job Interview

Program English for job interview bertujuan untuk mengembangkan keterampilan khusus bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan, baik perusahaan lokal maupun mancanegara.

Deskripsi program

Kursus Business English for Job Interview merupakan program yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris yang sangat dibutuhkan para pencari kerja. Program ini akan membantu mengidentifikasi keterampilan pribadi serta bagaimana menuliskannya dalam surat lamaran yang baik dan menarik dalam Bahasa Inggris.

Program ini cocok untuk individu yang ingin mendapatkan pekerjaan impian dan bekerja di perusahaan nasional/multinasional yang menjanjikan. Peserta program ini akan mendapatkan tips dan strategi agar sukses dalam wawancara kerja.

Materi pembelajaran

  • Bagian 1: Preliminary Preparation – Assesing yourself
  • Bagian 2: Researching the company
  • Bagian 3: Making an application letter
  • Bagian 4: Making curriculum vittae
  • Bagian 5: Tips and strategies
  • Bagian 6: Planning for the interview – key interview principle, tips and techniques
  • Bagian 7: Personal data and competencies
  • Bagian 8: Common interview questions and how to answer
  • Bagian 9: Strengths and weakness
  • Bagian 10: Management ability
  • Bagian 11: Career objectives
  • Bagian 12: Salary negotiations
  • Bagian 13: Contribution and impact for company
  • Bagian 14: Questions to ask the interviewer

Business English

Deskripsi program

Program Business English dirancang untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Bisnis dengan melibatkan siswa dalam kegiatan mendengarkan, membaca, menulis, berbicara, dan tata bahasa yang relevan dengan konteks bisnis secara umum dan internasional.

Program ini sangat cocok untuk staff, manajer, pengusaha, mahasiswa jurusan bisnis, dan siapa saja yang memiliki minat besar belajar Bahasa Inggris untuk tujuan bisnis. Program ini mengharuskan memiliki keterampilan Bahasa Inggris level Basic A2.

Materi pembelajaran

  • Introduce yourself
  • Managing people
  • Socializing and networking
  • Useful language for employee and manager
  • Describing and responding problems
  • Emphasizing and explaining reasons and suggestion
  • Making, structuring, and presenting company profile
  • Talking about advertising and markets
  • Participating in discussion
  • Telephoning: exchanging informations, making offer
  • Writing a short report
  • Making arrangements for meeting and suggesting reschedule

Business Conversation

Kursus seni percakapan dalam bahasa Inggris.

testimonial business conversation

Deskripsi program

Business conversation dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kepercayaan diri dan kelancaran serta keterampilan dalam lima konteks komunikasi utama yaitu bersosialisasi, menelepon, presentasi informasi, berpartisipasi dalam pertemuan dan negosiasi.

Program ini cocok untuk pegawai perusahaan, mahasiswa, dan siapapun yang ingin meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berbicara dalam bahasa Inggris untuk tujuan bisnis. Program ini mengharuskan peserta memiliki keterampilan bahasa Inggris B1 Intermediate.

Materi pembelajaran

  • Bagian 1: Socializing and networking
  • Bagian 2: Telephoning
  • Bagian 3: Meetings
  • Bagian 4: Negotiation and presentations

Business Presentation

Deskripsi program

Program business presentation bertujuan membangun kepercayaan diri saat melakukan presentasi. Program ini berfokus meningkatkan kemahiran dan keterampilan bahasa Inggris dalam menyampaikan presentasi bisnis. Peserta akan belajar bagaimana memberikan presentasi yang jelas, percaya diri, dan efektif.

Program ini mengharuskan peserta untuk memiliki keterampilan bahasa Inggris B1 Intermediate.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris di Lister?

  • Sistem terarah. Sistem belajar menyesuaikan dengan gaya belajar dan kebutuhan masing-masing peserta. Dengan sistem belajar terarah ini, peserta dapat belajar secara efektif dan efisien dengan materi yang relevan dan uptodate. Dilengkapi tes dan dan latihan yang dapat membantu mengevaluasi kemajuan peserta.
  • Jadwal fleksibel. Jadwal fleksibel memungkinkan peserta belajar kapan saja dan di mana saja.
  • Tingkatkan karir. Program pelatihan yang bisa meningkatkan karir sesuai kebutuhan dan tujuan karir.
  • Free trial, coba kelas gratis
  • Tutor profesional dan berpengalaman
  • The Lister Method. Cepat paham dengan metode The Lister Method.
  • Kurikulum berbasis internasional
  • Private, semi private, group
  • Biaya terjangkau

Kesimpulan

Penguasaan Bahasa Inggris adalah investasi penting bagi para freelancer dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja global. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, menjalin hubungan bisnis, dan mengakses peluang internasional akan memberikan keunggulan kompetitif yang tak ternilai bagi para freelancer di berbagai bidang.

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi para freelancer. Dengan memanfaatkan potensi AI secara bijak, freelancer dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada klien mereka dan meraih kesuksesan yang lebih baik di lingkungan kerja yang terus berkembang.

Buat teman-teman yang ingin segera meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, daftar saja di Lister, pakai kode promo dibawah ini untuk mendapatkan harga spesial.

Similar Posts