|

Ibu Rumah Tangga Tertarik Bisnis? Yuk Mulai Bisnis Hijab Brand Sendiri Bareng iPRINT

Tahukah Anda bahwa hobi dan minat bisa membawa kita mendapatkan berbagai peluang pendapatan usaha dari rumah?

Banyak ibu rumah tangga yang menekuni hobi memasak dan kemudian membuka katering. Ada juga ibu rumah tangga yang hobi membuat roti dan kue untuk keluarga, lalu mencetak income dengan open PO atau membuka toko roti.

Teman saya berjualan berbagai macam cokelat karakter dan sudah diliput berbagai media cetak dan televisi di Semarang. Artikelnya bisa dibaca disini.

Ada lagi, teman saya yang hobi menjahit kemudian membuat berbagai macam boneka imut dan lucu sebagai peluang pendapatan dari rumah. Gemma Swastie Handmade adalah nama brand yang dipilih oleh teman saya ini.

Saya sendiri, ibu rumah tangga yang memasak saja malas dan menjahit tidak bisa 😅 Duh…

Beruntung, saya mempunyai minat dan hobi di bidang digital, jadi bisa disalurkan untuk mendulang penghasilan dolar melalui freelancing.

Jika Anda adalah ibu rumah tangga seperti saya, dan masih bingung bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan dari rumah, tidak perlu berkecil hati.

Peluang usaha yang saya bagikan ini cocok buat ibu rumah tangga yang mampu mengamati tren fashion hijab dengan cermat.

Baca artikel ini sampai selesai karena disini saya akan kupas tuntas peluang bisnis hijab printing yang lagi booming dan cocok banget sebagai bisnis ibu rumah tangga.

Reseller Hijab vS Hijab Brand Sendiri

Menjadi reseller hijab mungkin menjadi pilihan paling mudah buat ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah.

Tapi, sebagai reseller kita tidak mempunyai hak untuk menaikkan harga, memilih bahan hijab atau motif hijab itu sendiri. Sebagai reseller, kita juga tidak bisa mengelola stok produk yang kita jual. Dalam berjualan, reseller harus selalu tek-tok an dengan pihak produsen atau vendor tentang stok. Jangan sampai, produk laku tapi ternyata stok sudah kosong. Kan jadi malu sama pembeli.

Meskipun bisa menghasilkan income, profit seorang reseller tidak akan bisa mencapai pendapatan yang maksimal. Sangat berbeda jika kita menjual dan membuat brand hijab sendiri.

peluang bisnis hijab printing

Bagaimana Peluang bisnis hijab Printing?

Indonesia merupakan negara dengan jumlah mayoritas penduduk beragama muslim. Relevansinya, jumlah muslimah di Indonesia pun pastinya lebih besar dari pada non muslim.

Bisnis hijab printing bisa menjadi peluang bisnis dan penghasilan bagi ibu rumah tangga karena alasan berikut ini:

Perkembangan Tren

Di satu tahun terakhir, berdasarkan data dari Google Trends, banyak orang yang mencari dan menelusuri informasi tentang bisnis hijab dan hijab printing.

Hijab printing menawarkan berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan hijab biasa, seperti desain yang lebih menarik, bahan yang lebih nyaman, dan harga yang lebih terjangkau. Hal ini tentu membuat hijab printing menjadi lebih diminati oleh konsumen.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Pada tahun 2022, industri TPT di Indonesia tumbuh sebesar 11,67%. Pertumbuhan industri TPT ini juga didorong oleh peningkatan permintaan hijab, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Data jumlah muslimah di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah muslimah di Indonesia sebanyak 237,53 juta jiwa per 31 Desember 2021. Jumlah ini setara dengan 86,9% dari total populasi Indonesia yang mencapai 273,32 juta orang.

Jika 5% saja dari total 237 juta jiwa muslimah menggunakan hijab, maka ada peluang pasar sebesar 11,8 juta muslimah pengguna hijab. Peluang yang (lumayan) besar dan menggiurkan 😊

Kabar baiknya, jumlah muslimah di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan jumlah pertumbuhan penduduk. Jadi, permintaan akan hijab pastinya juga akan meningkat.

Pasar dan Target Market Luas

Melihat data jumlah muslimah di Indonesia, tentunya, kita harus cerdik membidik target market atau pangsa pasar yang mampu untuk membeli hijab printing yang nantinya kita produksi.

Apakah kita khusus membidik ibu rumah tangga, remaja, atau ibu bekerja? Mengapa harus membedakan target market? Karena minat dan pilihan hijab bagi ibu rumah tangga, ibu bekerja, dan remaja pastinya akan berbeda. Baik dari segi model, corak, warna, maupun harga.

Pasar hijab memiliki basis pelanggan yang besar dan stabil, terutama dalam komunitas Muslim. Ini memberikan potensi penjualan yang konsisten sepanjang tahun.

Potensi keuntungan besar

Bisnis hijab printing memungkinkan kita untuk menjual produk berdasarkan nilai tambah, bukan sekedar harga dasar saja.

Hal ini karena kita bisa membuat desain yang unik serta personal dan produksi dalam jumlah yang sedikit sehingga tidak pasaran.

Kelebihan Bisnis Hijab Printing

Hijab printing memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi daya tarik bagi konsumen dan pelaku bisnis di industri mode hijab. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari hijab printing.

Salah satu kelebihan (plus) terbesar dari hijab printing adalah kita bisa dengan bebas membuat personalisasi desain hijab sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi. Konsumen dapat menciptakan hijab dengan desain, pola, dan warna yang sesuai dengan selera mereka, membuatnya unik dan eksklusif.

Hijab printing memungkinkan kreativitas yang tak terbatas dalam menciptakan desain hijab. Pelanggan dapat mengungkapkan kepribadian, minat, dan pesan pribadi mereka melalui desain yang mereka pilih.

Vendor jasa print hijab biasanya menawarkan berbagai jenis bahan, dari katun hingga satin, dan berbagai bentuk hijab seperti segi empat, segi tiga, dan bergo. Ini memberikan konsumen banyak pilihan untuk dipilih.

Kualitas Tinggi

Teknologi percetakan yang digunakan dalam hijab printing biasanya menghasilkan hasil yang tajam dan berkualitas tinggi, sehingga menghasilkan produk yang menarik secara estetika.

Pilihan Ekologis

Beberapa vendor hijab printing berkomitmen untuk menggunakan tinta yang ramah lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan, sehingga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Kemudahan Pembelian

Konsumen dapat dengan mudah memesan hijab custom mereka secara online melalui situs web atau platform e-commerce, sehingga membuat proses pembelian lebih mudah dan nyaman.

Potensi Bisnis

Bagi pelaku bisnis, hijab printing menawarkan peluang untuk mengembangkan bisnis yang kreatif dan inovatif di pasar fashion hijab yang terus berkembang.

Inklusivitas

Hijab printing dapat mengakomodasi berbagai ukuran hijab, sehingga lebih inklusif bagi berbagai jenis tubuh dan preferensi fashion.

Tren Mode

Dalam industri mode dan fashion yang terus berubah, hijab printing adalah tren yang sedang berkembang dan memungkinkan pelaku bisnis untuk tetap relevan dalam industri ini.

Tips Sukses untuk ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis hijab printing

Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk memulai bisnis hijab dengan brand sendiri?

Nah, sebelum mantap membuka usaha hijab printing, ada beberapa tips sukses nih buat ibu rumah tangga yang mau menekuni bisnis hijab printing.

Riset pasar

Pelajari pasar hijab dengan cermat, pahami tren, preferensi pelanggan, dan kebutuhan pasar.

Kenali pesaing (kompetitor) dan temukan cara untuk membedakan bisnis Anda dari mereka.

Buat Rencana Bisnis yang Komprehensif

Susun rencana bisnis yang mencakup strategi pemasaran, operasional, dan keuangan. Berikan perhatian khusus pada anggaran modal awal, biaya operasional, dan proyeksi pendapatan.

Desain unik dan Menarik

Tawarkan beragam desain hijab yang menarik dan sesuai dengan tren.

Jika memiliki kemampuan desain grafis, pertimbangkan untuk merancang desain sendiri atau bekerjasama dengan desainer.

Kenali tren mode terkini

Mengetahui tren hijab terbaru memungkinkan kita untuk menciptakan produk yang berbeda dan unik. Kita dapat mengambil elemen tren dan menggabungkannya dengan ide-ide kreatif sendiri untuk menciptakan produk yang istimewa dan ekslusif.

Mulai dengan skala kecil

Tidak perlu terburu nafsu untuk memproduksi hijab printing dalam jumlah banyak. Mulai dengan skala kecil sekaligus kita bisa melihat potensi pasar. Apakah produk kita disukai oleh pasar atau membutuhkan inovasi lebih lanjut.

Bekerja sama dengan perusahaan digital printing yang berkualitas seperti iPrint, akan sangat membantu kita di awal bisnis.

Mengapa memilih iPrint? Alasannya, bisa dibaca di bagian bawah artikel ini.

Pilih Bahan Hijab berkualitas dan Sustainable

Sebisa mungkin, pertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan mulai dari jenis kain hingga packaging.

Berikut adalah beberapa opsi berkelanjutan untuk bahan hijab dan packaging.

Bahan Hijab yang Berkelanjutan (Sustainable):

  1. Katun Organik: Katun organik ditanam tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia berbahaya. Ini adalah pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada katun konvensional.
  2. Tencel (Lyocell): Tencel adalah serat yang dihasilkan dari kayu hutan berkelanjutan, seperti pohon eukaliptus. Proses produksi tencel lebih ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan air dibandingkan dengan beberapa serat lainnya.
  3. Bambu: Bambu adalah serat alami yang tumbuh dengan cepat tanpa memerlukan banyak pestisida atau air. Serat bambu alami sangat lembut dan cocok untuk hijab.
  4. Rami: Rami adalah serat alami yang tahan lama dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada serat lainnya. Ini adalah alternatif berkelanjutan untuk serat lain seperti kapas atau linen.
  5. Daun Pisang atau Serat Tumbuhan Lokal: Di beberapa wilayah, hijab dapat dibuat dari serat tumbuhan lokal, seperti daun pisang, pandan, atau serat lainnya. Ini mendukung ekonomi lokal dan keberlanjutan.

Packaging yang Berkelanjutan:

  1. Pengemasan Minimalis: Hindari pengemasan yang berlebihan. Pertimbangkan untuk menggunakan pengemasan minimalis yang hanya melindungi produk tanpa banyak limbah.
  2. Pengemasan Kembali: Gunakan kemasan yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang oleh pelanggan. Ini dapat membantu mengurangi limbah.
  3. Kertas Daur Ulang: Gunakan kertas daur ulang untuk kotak atau kemasan produk. Pastikan juga kertas tersebut memiliki label daur ulang yang jelas.
  4. Pengemasan Biodegradable: Cari bahan pengemasan yang dapat terurai secara alami, seperti kemasan berbahan dasar tanaman atau ambar biodegradable.
  5. Daur Ulang: Pertimbangkan untuk mendaur ulang bahan pengemasan atau bekerjasama dengan program daur ulang lokal jika memungkinkan.
  6. Pengurangan Plastik: Hindari penggunaan plastik dalam pengemasan sebisa mungkin. Jika perlu, pilih plastik yang dapat didaur ulang atau lebih ramah lingkungan.
  7. Kemasan Berkelanjutan: Cari perusahaan yang menawarkan kemasan yang sudah berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Promosi dan strategi pemasaran

  • Buat website atau toko online yang profesional dan user-friendly.
  • Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk dan terlibat dalam komunitas hijab online.
  • Gunakan foto produk yang berkualitas tinggi dan kreatif.
  • Jika mempunyai budget pemasaran, buat kampanye atau iklan online untuk menjangkau calon pembeli secara lebih luas.
  • Ikuti pameran dan event offline untuk memperkenalkan produk.
  • Diskon dan promo bisa di aplikasikan saat mengeluarkan produk baru atau sale.
  • Kerjasama dengan influencer fashion akan sangat membantu untuk boosting dan mengenalkan produk ke netizen.

Inspirasi usaha hijab Printing Khas Kalimantan

Adalah bawi (perempuan) Dayak bernama Ken Rara Hemas yang mengenalkan motif batik Kalimantan Tengah dalam bentuk kerudung dan hijab.

Borneo Hijab adalah brand yang beliau rintis sejak tahun 2020 lalu. Tidak hanya pembeli lokal dari Kalimantan yang membeli produk hijabnya, bahkan banyak pembeli dari luar pulau seperti NTT, Jakarta, dan palembang.

Dalam sebulan, Ibu Ken bisa mengantongi pendapatan bersih sebesar 10 hingga 15 juta per bulan.

Beberapa desain hijab printing khas Kalimantan bisa kita temukan di Instagram beliau.

Sumber artikel.

iPrint, Vendor Hijab Printing Terpercaya

Tentang iPrint

iPrint, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2015, bergerak di bidang cetak kain / print kain / print tekstil digital yang secara khusus hanya melayani cetak large format segala jenis kain. Ada lebih dari 20 jenis bahan kain yang disediakan oleh iPrint.

Sebagai salah satu pioneer perusahaan digital printing di Indonesia, iPrint berharap dapat memudahkan para individu kreatif untuk mewujudkan kreasinya melalui Print Kain Digital.

Mengapa memilih iPrint

Buat kita yang ingin memulai bisnis hijab printing dengan skala kecil, iPrint adalah pilihan pasti.

Minimal order hijab printing hanya 12 pcs saja, bukan ratusan lembar atau pcs. Sangat membantu dan memudahkan kita yang ingin menjajal dan mengetes minat pasar.

Apapun desain yang kita buat, iPrint mampu mencetak sesuai desain dan keinginan kita.

Tersedia 7 pilihan bahan dari 6 jenis kain yang disediakan iPrint, kita bisa memilih jenis bahan yang ingin digunakan untuk membuat hijab printing.

Hasil yang berkualitas dan warna yang presisi.

Kita tidak harus pergi pulang ke kantor iPrint untuk mencetak hijab printing, ada cara yang lebih mudah. Kita tinggal mengirimkan file desain yang kita buat, setelah semua pesanan jadi, kita tinggal duduk manis di rumah karena iPrint akan mengirimkan order kita menggunakan kurir pengiriman.

Praktis, hemat, cepat.

Alur printing hijab di iPrint

Dibawah ini adalah infografis alur printing di iPrint.

Kesimpulan

Membuat bisnis brand hijab sendiri mungkin bagi sebagian orang terdengar risky dan agak menakutkan. Terutama buat kita yang awam dengan bisnis dan usaha.

Tapi, proses mempelajari model bisnis hijab printing, peluang, dan proyeksi income yang dihasilkan akan sepadan. Apalagi modal awal yang dikeluarkan tidak harus besar. Cocok untuk bisnis ibu rumah tangga.

Kenali tren, buat pasar mengenal produk kita, dan kembangkan bisnis hijab printing bersama iPrint.

iprint blog writing competition

Similar Posts