|

ASUS ExpertBook, Laptop Terbaik ASUS Versi Gue

Dulu banget jaman masih kerja digaji, saya tidak pernah peduli komputer apa yang disediakan kantor. Merk apa, tipe apa dan spesifikasi bagaimana, tidak pernah kepikiran dan penasaran sama sekali.

Masuk kerja, komputer bisa nyala dan gak rewel meskipun agak lemot, gak jadi masalah. Gak paham spesifikasi komputer juga tidak ada hubungannya dengan kinerja dan job desc saya waktu itu. Jadi ya begitulah, saya jadi awam banget dengan yang namanya merk dan spesifikasi laptop serta komputer.

Beda cerita saat saya memulai freelancing alias kerja remote di tahun 2017 lalu.

Namanya freelancer, sudah pasti harus menyediakan sendiri equipment dan alat-alat untuk bekerja remote. Sebagai freelancer, saya menyediakan sendiri laptop atau komputer, wifi, aplikasi, software hingga ke mic merk Fifine yang tidak mahal tapi suara terdengar lebih jelas saat membuat video.

Btw, tahu gak sih tentang komputer rakitan? Mungkin teman-teman yang seusia saya paham deh haha….duh ketahuan umur.

Saya agak ter brain wash soal komputer rakitan ini gara-gara dulu teman saya ada yang bilang, komputer rakitan lebih fleksibel kalau ada komponen yang rusak. Tidak harus beli komponen asli yang mahal karena bisa menggunakan merk lain yang lebih murah. Kanibal komponen maksudnya.

Alasan itu yang membuat saya akhirnya membeli komputer rakitan seharga 4 jutaan di satu toko komputer ditemani teman saya tadi. Berhubung komputer rakitan, jadi saya harus order dulu dan memberi DP (down payment), baru toko merakit komputer sesuai pesanan.

Komputer rakitan tersebut saya beli sekitar tahun 2010 an, jauh sebelum pindah ke tempat tinggal sekarang di Palangkaraya. Komputer rakitan harga 4 jutaan itu pun saya tidak tahu spesifikasinya seperti apa karena saya percaya saja sama teman saya ini.

Sewaktu kami pindahan tempat tinggal ke luar pulau, komputer PC segede gaban itu kami bawa beserta barang-barang penting lainnya.

Tidak sampai setahun, komputer rakitan yang sudah ikutan menyeberang laut ini malah keok. Beberapa kali saya bawa ke toko service komputer dan beberapa kali juga harus ganti komponen ini itu.

Terakhir, giliran motherboard nya yang kena. Ya sudahlah, mungkin dia sudah lelah….Saya ikhlas kan kepergian komputer rakitan ini meskipun belum ada dana untuk membeli komputer atau laptop baru saat itu.

Setelah beberapa lama, dipikir-pikir, kok saya mau ya beli komputer rakitan begitu. Dari segi harga memang lebih murah tapi sama saja karena pada akhirnya usia pemakaian tidak bisa lama.

Meskipun masih “buta” tentang spesifikasi komputer dan laptop yang baik dipakai untuk kerja freelance, mau gak mau suka gak suka memang saya harus mempelajari dan mencari tahu spek (spesifikasi) laptop sebelum membeli alat tempur baru.

Jangan sampai, sudah beli laptop baru eh ternyata saat di gas pol buat kerja malah lemot. Bikin sakit hati namanya. Amit-amit deh ya . . .

Salah satu brand atau merk komputer dan laptop yang “masuk radar” dan pertimbangan terutama tentang budget adalah ASUS.

Tentang ASUS

ASUS adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di Taiwan. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu produsen terkemuka dalam bidang perangkat keras komputer, laptop, perangkat seluler, monitor, kartu grafis, router, dan solusi teknologi lainnya yang berkualitas tinggi.

ASUS memiliki reputasi yang baik dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan inovatif untuk pasar global.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh T.H. Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh, dan M.T. Liao. ASUS dikenal dengan logo “AsusTek Computer Inc.” dan seringkali hanya disebut sebagai ASUS.

Saya sebagai freelancer (virtual assistant & link building specialist)

Pekerjaan freelance utama saya adalah sebagai Virtual Assistant dan Link Building Specialist. Pekerjaan yang tidak sesulit atau serumit Website Developer, UI/UX Designer ataupun Machine Learning AI.

Tapi, saya tipe orang yang suka sat set saat bekerja dan tidak sabaran. Dalam artian, tidak pernah sabar menunggu laptop loading lama, atau aplikasi yang lambat loadingnya.

Sebagai freelancer, sangat wajar jika kita (saya) menghandle klien lebih dari satu. Lebih aman karena ada backup income.

Sepengalaman saya, menghandle beberapa klien dalam satu waktu, membutuhkan perangkat kerja terutama laptop yang memiliki memory cukup, RAM, dan ketahanan baterai yang maksimal. Belum lagi jika di sela pekerjaan freelance ada acara online event yang bisa memakan waktu satu hingga dua jam.

Laptop lemot? Sudah pasti akan bikin emosi.

Saya pernah menghandle 4 klien dalam satu waktu dan semuanya saya kerjakan sendiri. Meski kadang-kadang rasanya capek dan exhausted banget. Satu hari bisa lebih dari 10 jam berada di depan layar laptop. Sepertinya, laptop yang aman untuk mata juga saya butuhkan nih đź‘€

Saya dan keamanan data klien

Bekerja membantu klien mengerjakan pekerjaan administratif mengharuskan saya menggunakan berbagai macam aplikasi dan software yang tentunya digunakan juga oleh klien.

Bahkan seringkali saya harus menggunakan user name dan password milik klien untuk masuk atau login ke beberapa aplikasi tertentu.

Keamanan data, termasuk di dalamnya password, menjadi hal yang sangat penting buat saya sebgai freelancer.

Inginnya, mempunyai dan menggunakan laptop yang FREE alias bebas virus, malware, maupun ransomware.

Profesionalitas saya terjaga, keamanan data klien juga terjaga.

Saya sebagai blogger dan digital creator

Sebagai digital creator yang meng create online course, saya juga membutuhkan laptop yang ngebut. Baik dalam proses pembuatan video ataupun saat mengedit video pembelajaran.

Saya juga suka menulis konten artikel untuk blog. Meskipun bukan pekerjaan yang memberatkan laptop, tapi akan lebih menyenangkan jika keyboard yang digunakan untuk mengetik sesuai dengan kecepatan jari saya.

Mau tahu seperti apa pekerjaan-pekerjaan saya? Cek dibawah ini deh!

Berbagai pilihan laptop ASUS for work

Ada banyak pilihan produk laptop ASUS seperti Zenbook, Vivobook, Chromebook, dan Expertbook dengan masing-masing kegunaan dan fungsi.

Zenbook, cocok buat mereka yang suka travelling sekaligus bekerja, seperti para digital nomad. Vivobook, laptop yang multi serba guna untuk bisnis. Chromebook cocok digunakan untuk cloud business dan Expertbook yang oke banget digunakan untuk bekerja bagaikan partner bisnis pribadi.

Tentu saja, untuk pekerjaan freelance dan remote work, laptop ASUS terbaik versi saya adalah seri laptop Expertbook, terutama Expertbook Advanced.

Laptop ASUS terbaik versi gue, ASUS Expertbook B6 Flip

Spesifikasi ASUS ExpertBook B6 Flip

  • Windows 11 Pro/Windows 11 Home
  • Intel® Core™ i9 vPro Processor Gen 12
  • 360°-flippable design
  • Two-way AI noise-cancelling audio technology with instant mic-mute key
  • NVIDIA® RTX™ A2000 Graphics
  • Up to 128 GB DDR5 4800 MHz and 4 TB PCIe® 4.0 SSD
  • ISV certificated for professionals across industries termasuk Adobe, Autocad, Solidworks, dan Autodesk.
  • Enterprise-grade security with the fingerprint-reader power button

Tentang Windows 11 Pro

Kelebihan dari Windows 11 Pro diantaranya:

  • Fitur Keamanan Tambahan: Windows 11 Pro dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan tambahan seperti BitLocker, yang memungkinkan enkripsi disk penuh untuk melindungi data. Hal ini berguna jika kita menggunakan perangkat untuk pekerjaan yang melibatkan data sensitif.
  • Kemampuan untuk Bergabung ke Domain: Windows 11 Pro memungkinkan untuk bergabung dengan domain jaringan, yang sangat berguna jika kita bekerja dalam lingkungan perusahaan yang menggunakan server domain.
  • Kemampuan Remote Desktop: Kita dapat menggunakan fitur Remote Desktop untuk mengakses komputer dari jarak jauh, yang berguna jika kita perlu mengelola atau mengakses komputer dari tempat lain.
  • Mode Bisnis: Windows 11 Pro memiliki mode bisnis yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi bisnis di lingkungan yang lebih terisolasi, meningkatkan keamanan dan kompatibilitas.

Intel® Core™ i9 vPro Processor Gen 12

Kelebihan dibanding versi sebelumnya:

  • Performa yang lebih tinggi. Intel® Core™ i9 vPro Processor Gen 12 menggunakan arsitektur hybrid baru yang menggabungkan performance-core (P-core) dan efficient-core (E-core). P-core dirancang untuk menangani tugas-tugas yang intensif, seperti game dan aplikasi produktivitas, sedangkan E-core dirancang untuk menangani tugas-tugas yang ringan, seperti browsing internet dan multitasking. Kombinasi ini menghasilkan kinerja yang lebih tinggi secara keseluruhan.
  • Efisiensi daya yang lebih baik. Intel® Core™ i9 vPro Processor Gen 12 menggunakan teknologi Intel® Efficiency Core (Intel® E-core) yang lebih efisien daya. Hal ini memungkinkan laptop untuk bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya.
  • Fitur keamanan yang lebih kuat. Intel® Core™ i9 vPro Processor Gen 12 dilengkapi dengan fitur keamanan vPro yang ditingkatkan, seperti Intel® Hardware Shield dan Intel® Threat Detection Technology. Fitur-fitur ini membantu melindungi perangkat dari serangan malware dan ransomware.

Pentingnya 360°-flippable design

Laptop ASUS Expertbook B6 Flip dengan desain yang dapat diputar 360 derajat (360°-flippable) memiliki sejumlah manfaat dan kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pengguna.

  • Fleksibilitas dalam Mode Penggunaan. Mode konvensional, mode tablet, dan mode tenda.
  • Portabilitas yang Tinggi. Laptop dengan desain flip seringkali ringan dan mudah dibawa.
  • Peningkatan Kreativitas. Mode tablet dilengkapi dengan layar sentuh, yang membuatnya sangat cocok untuk aktivitas kreatif seperti menggambar, merancang, atau mengedit foto dan video dengan pena stylus atau sentuhan jari.
  • Fungsionalitas Multitasking. Kita dapat membagi layar menjadi beberapa jendela atau aplikasi terbuka dalam berbagai mode, seperti split-screen, yang membuat pekerjaan lebih produktif.
  • Keamanan dan Privasi. Beberapa laptop 360°-flippable memiliki kamera yang dapat disembunyikan saat tidak digunakan, yang membantu meningkatkan privasi dan keamanan.

Two-way AI noise-cancelling audio technology with instant mic-mute key

Teknologi yang digunakan di ASUS Expertbook Flip B6 menggunakan Two-way AI noise-cancelling audio technology with instant mic-mute key untuk mengurangi kebisingan dan meningkatkan kualitas suara. Teknologi ini dapat mengenali dan mengurangi kebisingan dari berbagai sumber, seperti latar belakang berisik atau suara lingkungan, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan fokus.

Selain itu, teknologi ini dilengkapi dengan tombol mute mikrofon instan yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mematikan mikrofon saat tidak ingin suara mereka didengar. Ini sangat berguna dalam panggilan konferensi atau pertemuan daring saat ingin menghindari suara yang tidak diinginkan dari lingkungan sekitar kita.

Fitur-fitur NVIDIA® RTX™ A2000 Graphics

  • Arsitektur NVIDIA Ampere. NVIDIA Ampere adalah arsitektur GPU terbaru dari NVIDIA. Arsitektur ini menawarkan performa yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Ray tracing. Ray tracing adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk merender gambar dengan tingkat realisme yang tinggi. RTX A2000 dilengkapi dengan 26 RT Core yang mempercepat kinerja ray tracing.
  • AI. AI adalah teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa dan efisiensi aplikasi grafis. RTX A2000 dilengkapi dengan 3.328 Tensor Core yang mempercepat kinerja AI.
  • DLSS. DLSS adalah teknologi yang menggunakan AI untuk meningkatkan resolusi gambar tanpa mengurangi performa. RTX A2000 mendukung DLSS 2.0, yang dapat meningkatkan resolusi gambar hingga 4K.

Spesifikasi

  • RAM DDR5 adalah generasi terbaru dari RAM yang menawarkan performa yang lebih tinggi dibandingkan RAM DDR4. RAM DDR5 memiliki kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa laptop untuk berbagai aplikasi, termasuk gaming, desain, dan editing video.
  • SSD PCIe® 4.0 adalah generasi terbaru dari SSD yang menawarkan performa yang lebih tinggi dibandingkan SSD SATA. SSD PCIe® 4.0 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa laptop untuk boot up, membuka aplikasi, dan transfer file.

Sertifikasi ISV (Independent Software Vendors)

Sertifikasi ISV sangat penting bagi para profesional yang membutuhkan laptop yang dapat diandalkan untuk menjalankan software profesional mereka. Dengan memiliki sertifikasi ISV, laptop tersebut dapat memastikan bahwa para profesional dapat bekerja secara produktif tanpa harus khawatir tentang masalah kompatibilitas software.

Laptop ASUS Expertbook di lengkapi dengan sertifikasi ISV dari beberapa lembaga di antaranya:

  • Autodesk
  • Adobe
  • Autocad
  • Creo
  • Solidworks

Enterprise grade security

Laptop yang memiliki spesifikasi enterprise grade security adalah laptop yang dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang canggih untuk melindungi data dan sistem dari serangan malware, ransomware, dan serangan siber lainnya. Fitur-fitur keamanan ini biasanya mencakup:

  • Biometrik authentication, seperti fingerprint sensor atau facial recognition, untuk melindungi akses ke laptop.
  • Encryption, untuk melindungi data yang disimpan di laptop.
  • Firewall, untuk melindungi laptop dari serangan dari jaringan internet.
  • Antivirus dan anti-malware, untuk melindungi laptop dari serangan malware.
  • Device management, untuk memungkinkan administrator IT untuk mengelola keamanan laptop dari jarak jauh.

Enterprise Grade Security untuk Kemanan Data Klien

Satu hal yang paling menyita perhatian saya terutama karena adanya Enterprise Grade Security yang ditanamkan di ASUS ExpertBook.

Dengan keamanan data yang dirancang sedemikian rupa, virus dan malware mah lewat banget……

Apalagi ada encryption yang mempu melindungi data yang kita simpan di laptop. Encryption atau Enkripsi adalah salah satu komponen kunci dari keamanan data yang sangat penting. Ini adalah proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci enkripsi yang sesuai.

Mengapa enkripsi sangat penting untuk keamanan data klien?

Inilah salah satu alasan, saya sangat berhati-hati saat bekerja sama dengan klien terutama tentang masalah keamanan data.

ASUS ExpertBook sudah mengantisipasi semua hal dan semua kemungkinan buruk yang mungkin terjadi karena adanya kebocoran data dengan adanya fitur Enterprise Grade Security.

Hal ini juga yang membuat saya jatuh cinta dengan ASUS ExpertBook, laptop ASUS terbaik versi gue banget deh pokoknya.

Gak bakalan ada drama klien marah-marah karena data nya bocor terutama user name dan password yang dibagikan ke saya sebagai freelancer.

Infografis ASUS ExpertBook B6 Flip

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Kesimpulan

Akhirnya, demi kelangsungan hidup supaya bisa selalu bekerja freelance dengan nyaman dan menghasilkan income, saya berhasil mengetahui spesifikasi laptop terbaik versi saya.

Keamanan data, ketahanan daya baterai, kecepatan, hingga desain yang mengagumkan, bisa saya temukan di ASUS ExpertBook B6 Flip. Plus, ada garansi hingga 3 tahun, membuat saya merasa lebih aman bekerja.

Apa laptop ASUS terbaik versi kamu?

Similar Posts