|

Laptop Dua Layar Terbaik untuk Freelancer dan Digital Creator

Setahu saya, banyak teman-teman freelance yang berprofesi sebagai graphic designer atau web developer yang menggunakan lebih dari satu layar monitor. Tapi, apakah hanya mereka?

Tujuan menggunakan lebih dari satu layar monitor adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pengalaman penggunanya dengan memberikan lebih banyak kemampuan multitasking. Sayangnya, bekerja lebih dengan satu layar monitor seperti ini membuat ruang kerja dan meja kerja jadi lebih sempit dan kadang membuat engap.

Semakin lapang ruangan dan meja tempat kita bekerja, pastinya akan semakin nyaman dan membuat kita betah. Bagi freelancer dan digital creator yang sehari-harinya bekerja dari rumah, tidak ada yang lebih membahagiakan dan menyenangkan daripada tempat kerja yang nyaman, perangkat laptop yang handal, dan kopi yang selalu panas ☕️

Hingga sekarang ini, saya memiliki 6 perangkat PC desktop dan laptop. Anak saya bilang, macam “cyberpunk” kalau menyala semua 😆

Meskipun ada 6 perangkat, saat ini hanya 3 perangkat saja yang masih on buat kerja karena yang lain sudah pensiun. Mungkin pada gak tahan dengan cara kerja saya yang cenderung bar bar. Komputer mulai on dari jam 10 pagi hingga 2 malam 🙀

Baca juga: ASUS Proart, Perfect Device for Multitasking Mom

Maksud hati gak mau beli banyak perangkat komputer biar ruangan enggak sumpek dan pastinya lebih hemat pengeluaran. Inginnya satu perangkat komputer saja bisa dibuat kerja apa pun dari mulai blogging, trading, freelancing, dan membuat digital produk dengan nyaman dan tenang. Tapi…..

Flashback ke belakang, kalau melihat lagi riwayat pembelian perangkat komputer saya selama hampir sepuluh tahun ini, saya lebih memilih menyesuaikan harga laptop ketimbang fitur wkwk 🤓 yang penting masuk budget 😌. Hasilnya, komputer dan laptop yang saya beli adalah perangkat mendang mending karena lebih fokus di harga.

Pekerjaan saya sebagai freelancer, blogger serta digital creator, meskipun tidak bisa dibilang berat dan membebani komputer banget, tapi saya biasa bekerja hingga lebih dari 8 jam sehari. Belum lagi, trading saham dan belajar kripto.

Harusnya, saat membeli laptop, saya memilih yang punya performa handal, mampu multitasking, gak cepet panas, punya sistem pendingin yang bagus meski harganya sedikit lebih mahal (macam ASUS Zenbook DUO UX8406).

Ibu-ibu seperti saya (biasanya) memang lebih mengutamakan budget ketimbang fitur. Sekarang sudah tobat sih saya, mending nabung lebih banyak untuk membeli laptop sesuai spesifikasi yang dibutuhkan daripada menyesuaikan budget.

Pekerjaan yang membutuhkan perangkat laptop handal & Mampu multitasking

Freelancing

Di pekerjaan freelancing, satu client atau satu project saya buat di Chrome yang berbeda. Seperti di bawah ini karena masing-masing project mempunyai tools, login dan pekerjaan yang berbeda. Jadi, saya tidak pernah menggunakan satu Chrome untuk semua pekerjaan.

Agak susahnya, setiap hari setelah buka komputer, harus senam jari buka masing-masing Chrome dan buka tab yang berderet-deret lebih dari 5 tab sesuai dengan prioritas kerjaan.

Ada kalanya jari terpeleset dan tergelincir saat harus membuka Chrome klien tapi ternyata malah kebuka Chrome website sendiri. Harus punya stok sabar yang melimpah biar makin berkah.

Pengen banget punya laptop yang tidak hanya handal buat bekerja, tapi sekaligus hemat space dan mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dengan nyaman alias multitasking tanpa ngelag tanpa lemot supaya produktivitas saya maksimal setiap hari.

Digital Creator

Sudah hampir 3 tahun ini, selain freelancing dan blogging, saya juga membuat kursus online dengan tema seputar freelancer dan virtual assistant.

Buat teman-teman yang belum tahu, proses membuat kursus online itu gak mudah …. tidak bisa sak ndang sak nyat jadi alias ujug-ujug done. Waduh 3 bahasa di mixed gapapa lah ya 🤣 byelingual…

Saya harus memilih topik yang banyak dicari terutama yang berhubungan dengan bekerja dari rumah, lalu membuat kisi-kisi materi, membuat module dan lessons. Kemudian membuat presentasi berdasarkan materi tersebut, biasanya saya menggunakan Canva atau Gamma App.

Setelah pembuatan presentasi selesai, dilanjut membuat rekaman atau recording nya. Setelah recording, perlu editing sebelum di upload ke website. Step gampangnya seperti ini ya, tapi pelaksanaannya hemmmmh lebih ribet percaya deh.

Saat membuat kursus online, saya harus loncat tab ke sana sini, yang biasa bekerja dengan satu layar pasti paham. Ingin banget saat sedang editing maupun upload recording ke website, saya langsung bisa melihat preview nya secara langsung tanpa buka tab yang lain. Ini hanya mungkin jika saya menggunakan dua layar.

Cara upload file recording ke website menggunakan kode html seperti di bawah ini dan setelah di preview atau di publish, baru deh videonya terlihat.

Blogging

Menulis sudah menjadi keseharian buat saya sejak sepuluh tahun lalu. Menulis artikel di blog tidak hanya sekedar curhat buat saya, tetapi lebih ke berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para pembaca dan audiens. Alias ngeblog dan menulis yang punya value.

blogging

  • Cek kata kunci dan keywords
  • Buat topik artikel berdasarkan pertanyaan dari para pembaca
  • Membuat plan konten
  • Repurpose konten
  • Cek infografis yang berhubungan
  • Mencari dan membaca artikel referensi

Di atas adalah sedikit persiapan ngeblog yang biasanya saya lakukan.

Gonta ganti tab sudah menjadi makanan sehari-hari apalagi kalau ikutan lomba blog. Di tab A saya buka persyaratan lomba, di tab B saya membuat draft, di tab C+D+E saya mencari referensi, tab F untuk membuka Canva. Kebayang ya klak klik tab yang berderet panjang 👩‍💼

Saham dan Kripto

Setelah hampir 9 tahun berkecimpung di saham-saham BEJ, tahun ini kami mulai memantapkan diri belajar tentang kripto. Sudah memberanikan diri topup IDR 500K di salah satu aplikasi kripto.

Suami saya biasa menggunakan laptop dan PC saat trading. Mengecek portfolio, mengecek saham-saham mana saja yang ada kemungkinan naik dan pastinya mengecek grafik analisa teknikal nya.

Belum lagi membuat database koin kripto, melihat tren grafik dan lain sebagainya. Seandainya suami saya menggunakan ASUS Zenbook DUO (UX8406) dia gak butuh 2 perangkat deh. Layar pertama bisa untuk membuka dan cek akun saham dan layar kedua bisa untuk membuka dan cek akun kripto.

ASUS Zenbook DUO (UX8406) Cocok Buat Saya dan kamu

Saat membuat kursus online, seandainya saya menggunakan ASUS Zenbook DUO UX8406 pasti langsung terlihat deh tayangan preview lesson nya, karena layar Zenbook Duo ini ada 2.

Maksud saya seperti ini loh 👇 Layar di sebelah kiri untuk upload file html dan layar sebelah kanan bisa untuk preview tampilan atau tampilan website setelah publish.

Sepertinya bakalan asik banget membuat berbagai kursus online menggunakan ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Sebagai blogger, freelancer, trader dan digital creator, kita bisa berinteraksi dengan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan 5 mode pilihan loh…Apa saja? Yuk lanjut baca…

MODE LAPTOP DUA LAYAR

5 Pilihan Mode Penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Pengguna bisa memilih 5 mode saat menggunakan ASUS Zenbook DUO UX8406

Dual Screen Mode

Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Pengguna bisa mengontrol Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisik secara nirkabel melalui koneksi bluetooth.

Desktop Mode

Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) adalah memposisikan dua layar secara vertikal dan berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk blogger dan freelancer saat menulis artikel, browsing, dan coding.

Laptop Mode

Laptop mode membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop clamshell pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

Laptop Mode dengan Virtual Keyboard

Dengan ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.

Sharing Mode

Memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain dengan lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

WHY ASUS ZENBOOK DUO (UX8406)

Mengapa memilih ASUS ZENBOOK DUO (UX8406)?

Ini loh alasan mengapa ASUS Zenbook Duo UX8406 cocok banget jadi pilihan kita 🫶

display
2 Display Cantik dalam 1 Device

Zenbook Duo memiliki dua layar sentuh OLED ASUS Lumina yang terhubung dengan engsel yang tahan lama.

limitless possibility
Kemungkinan Tak Terbatas

Dengan 5 pilihan mode, kita bisa menggunakan laptop Zenbook Duo dengan 5 cara yang berbeda.

layar lebar
Open Wide

Dengan Zenbook Duo yang sepenuhnya terbuka, kita dapat memanfaatkan Mode Presentasi. Dengan kedua layar datar, mudah untuk menyajikan konten dengan sekelompok kecil kolega dan rekan kerja. Dalam mode ini, kita juga bisa menggunakan Zenbook Duo sebagai tablet besar dan kuat dengan dua layar cantik.

artificial intelligence
AI-ready performance

Sebagai laptop Intel Evo, Zenbook Duo dapat diakses dengan cepat, memberikan kinerja yang bagus, dan memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Kipas ganda di dalamnya juga memberikan pendinginan yang cukup untuk mendukung prosesor hingga 32W, yang membuatnya cocok untuk prosesor Intel Core Ultra 9.

Dengan fitur AI seperti terjemahan bahasa secara real-time, kita dapat melakukan lebih banyak hal dengan laptop ini. Untuk memudahkan multitasking dan meningkatkan kreativitas, Zenbook Duo juga dilengkapi dengan RAM hingga 32GB dan penyimpanan SSD PCIe 4.0 hingga 2TB untuk menyimpan aplikasi dan data.

connection
Konektivitas

Zenbook Duo dilengkapi dengan beragam opsi konektivitas. Dua port USB Type-C™ Thunderbolt 4 yang serbaguna menawarkan kecepatan transfer file yang sangat cepat, cara mudah untuk menghubungkan layar eksternal, dan kemampuan pengisian daya untuk perangkat lain

Port USB Type-A 5Gbps yang berguna, serta port HDMI 2.1 siap untuk terhubung ke berbagai jenis monitor. Untuk jaringan nirkabel yang sangat cepat, Zenbook Duo menawarkan WiFi 6E. Ketika dipasangkan dengan router yang kompatibel, dapat menggunakan band 6GHz untuk koneksi yang cepat dan minim gangguan. Untuk perangkat nirkabel, Zenbook Duo juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.2.

Setup webcam pintar menyediakan berbagai kenyamanan sehari-hari. Kamera IR Full HD memungkinkan kita masuk dengan cepat dengan Windows Hello. Time of flight sensor terintegrasi dapat meredupkan dan/atau mengunci layar ketika kita tidak berada di depan layar untuk meningkatkan daya tahan baterai dan privasi data, sedangkan ambient light sensor dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar.

sustainable
Berkelanjutan dan Tahan Lama

Zenbook Duo mengintegrasikan beberapa solusi ramah lingkungan terbaru. Zenbook Duo menargetkan persyaratan sertifikasi EPEAT Gold dengan memasukkan bahan-bahan berkelanjutan (sustainable) dalam produk dan kemasannya. Chassis dibangun dari paduan magnesium-alumunium yang didaur ulang 90% pasca-industri, dan laptop dikirim dalam FSC™ mixed kemasan bersertifikat. Inovasi-inovasi ini tanpa mengorbankan daya tahan – Zenbook Duo telah di uji secara ketat untuk memastikan bahwa ia memenuhi standar daya tahan militer AS.

Spesifikasi ASUS Zenbook Duo (UX8406)

Main Spec.Zenbook DUO (UX8406MA)
CPUIntel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB LPDDR5X
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
DisplayDual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support
GraphicsIntel® Arc™ Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
CameraFHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm
Weight1.39 Kg (laptop)0.3 Kg (keyboard)
PriceRp33.999.000
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Akhir kata

ASUS Zenbook Duo (UX8406) adalah laptop yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para freelancer, blogger dan digital creator dengan desain layar ganda yang inovatif. Dengan dua layar OLED yang fleksibel, pengguna dapat dengan mudah multitasking membuat konten dan mengelola proyek dengan efisiensi tinggi. Selain itu, laptop ini menawarkan portabilitas yang tinggi, dibangun dengan bahan-bahan berkelanjutan seperti paduan magnesium-alumunium yang didaur ulang, sehingga cocok untuk bekerja di mana saja tanpa mengorbankan keberlanjutan lingkungan.

Performa tinggi adalah salah satu keunggulan utama dari Zenbook Duo, dengan prosesor Intel Core Ultra 9 dan RAM hingga 32GB, memberikan daya untuk menangani tugas-tugas berat seperti penyuntingan video dan pengembangan konten tanpa kendala. Selain itu, fitur-fitur seperti Thunderbolt 4 USB Type-C, USB Type-A, dan HDMI memberikan konektivitas yang luas, sementara WiFi 6E dan Bluetooth 5.2 memastikan terhubung dengan perangkat tambahan dengan mudah.

Fitur-fitur pendukung seperti kamera IR Full HD dengan Windows Hello, sensor time of flight, dan ambient light sensor menambahkan kenyamanan penggunaan sehari-hari, sambil meningkatkan keamanan dan efisiensi daya.

Dengan kombinasi antara inovasi desain, performa tinggi, dan fitur-fitur pendukung yang komprehensif, Zenbook Duo adalah pilihan yang solid bagi para freelancer dan digital creator yang membutuhkan alat produktivitas yang kuat dan fleksibel untuk menunjang pekerjaan secara maksimal.

Referensi

https://channel.asus.com/#/index/ExternalLink?code=f1668629d39e42ea83e14d917c798d6d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.