|

Content Creator Kreatif Mendulang Income Bareng ROG Phone 8

“Nanti kalau sudah besar, apa cita-citamu Nak?”

“Aku ingin jadi YouTuber”

“Aku Gamer”

Di era digital sekarang ini, sudah lumayan langka anak kecil menjawab ingin menjadi petani atau pegawai. Maaf tidak bermaksud mendiskreditkan profesi tertentu.

Serbuan berbagai informasi yang sedari kecil sudah diserap melalui internet, mengubah cara pandang anak-anak dalam membangun persona dan cita-cita mereka.

Terlintas pertanyaan, anak-anak itu tahu tidak ya bahwa menjadi YouTuber dan Gamer itu sama saja dengan menjadi content creator?

Content creator adalah seseorang yang menciptakan dan memproduksi berbagai jenis konten untuk platform digital seperti YouTube, Instagram, TikTok, blog, podcast, dan lain sebagainya. Konten yang dibuat dapat berupa video, gambar, tulisan, audio, atau kombinasi dari semuanya.

ProdigitalMom

Jenis dan macam content creator

Ada berbagai jenis content creator yang masing-masing fokus pada konten yang berbeda sesuai minat dan keahlian mereka.

Apakah menjadi content creator bisa sukses dan menghasilkan banyak uang?

Dari Databoks dibawah ini, kita bisa melihat bahwa menjadi content creator juga bisa sukses dan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit.

Mr Beast dengan channel YouTube nya mampu menghasilkan income $82 juta per tahun. Kalau dirupiahkan, sekitar 1,278 T (triliun) duh lap iler 😆

Bagaimana dengan content creator Indonesia? Lihat sumber Databoks dibawah ini.

Sisca Kohl diperkirakan memiliki pendapatan dari YouTube lebih besar daripada Jess No Limit, diperkirakan sekitar US$17.000-US$381.700 per bulan atau kalau dirupiahkan sekitar 265 juta – 5 T per bulan. Hitung sendiri kalau per tahun yak, silakan dikalikan 12 🥹

Jess No Limit, yang seorang gamer menghasilkan $140.300 per bulan atau sekitar 2 M per bulan. Fantastis ya, seorang gamer bisa berpenghasilan em-em an per bulan.

Mungkin ini juga yang membuat banyak anak muda mulai tertarik menekuni bisnis content creator sebagai gamer.

Skills, hobi dan passion bisa banget hasilkan pendapatan

Saat dunia semakin berkembang dengan masuknya teknologi digital dan internet, banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan income alias penghasilan. Plus, semua peluang ini bisa banget kita kerjakan dari rumah. Salah satu peluang ini adalah dengan menjadi content creator.

Sekarang ini banyak sekali content creator dengan berbagai niche yang menjual kreativitas dan memonetisasi konten untuk menghasilkan pendapatan. Fenomena content creator telah menjadi game changer dalam banyak hal, termasuk sebagai sumber pendapatan yang signifikan bagi individu.

Jika kamu mempunyai skills atau keterampilan, mempunyai hobi serta passion, ketahui bahwa semua itu bisa mendatangkan cuan jika kamu mampu mengulik, mengemas, dan menjualnya.

Bagaimana content creator mendapatkan penghasilan?

Ini adalah beberapa cara bagaimana content creator memperoleh penghasilan.

Content creator memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan langsung dari karya kreatif mereka melalui berbagai model bisnis, termasuk iklan, sponsor, afiliasi, penjualan produk atau layanan, dan dukungan langsung dari penggemar melalui platform seperti Patreon.

Content creator memiliki fleksibilitas untuk mendiversifikasi sumber pendapatan melalui berbagai cara, termasuk kolaborasi dengan merek (brand), menjual produk digital atau fisik, menciptakan kursus online, dan menghadirkan acara langsung atau event.

Content creator memiliki basis penggemar yang setia dan terlibat secara aktif, yang dapat mendukung mereka melalui berbagai cara, termasuk berlangganan, donasi, atau pembelian merchandise.

Saya mulai berkenalan dengan dunia digital dan internet di sekitar tahun 2007 an. Di tahun 2016 mulai berkenalan dengan blogging dan freelancing. Lalu beberapa tahun terakhir tertarik mempelajari bagaimana cara membuat kursus online hingga akhirnya di 2022 saya bisa membuat kursus online sendiri.

Bisa dibilang, saya juga seorang content creator karena memproduksi dan menghasilkan tulisan untuk blog, video untuk Youtube dan kursus online, serta menjual produk-produk digital.

Mengapa tertarik membuat kursus online sendiri? Alasan pastinya karena saya ingin memiliki pasif income sebagai content creator.

Membuat produk digital secara mandiri memungkinkan saya untuk lebih mampu memonetisasi skills, keahlian dan hobi yang saya miliki.

Potensi pendapatan content creator sukses memang bisa bikin mupeng, tapi tidak semua orang bisa dan mampu menjadi seorang content creator. Ada 3 hal yang wajib dilakukan oleh content creator yaitu:

Content Creation

Produksi kontent seperti artikel, video, foto, sesuai dengan niche dan topik.

Engagement

Berinteraksi dengan follower melalui komentar, like, DM (direct message) dan live stream.

Promosi

Brand dan perusahaan sering kali berkolaborasi dengan content creator untuk mempromosikan produk, layanan dan pengaruh influencer untuk terhubung dengan audiens .

Perlu konsistensi dalam memproduksi konten dan juga engagement. Jika ingin bekerja sama dengan brand, salah satu tolok ukur adalah mempunyai follower dalam jumlah banyak dan ER (engagement rate) yang tinggi. Ini yang perlu kita bangun dan kerjakan secara konsisten. Baca juga: 20 Cara Meningkatkan Follower IG.

Tips hasilkan income buat content creator

Saya punya beberapa tips buat para content creator pemula nih, bagaimana cara kita menghasilkan income atau pendapatan.

Ketahui hobi dan passion

Kita tidak bisa kemana-mana alias stuck di tempat jika kita tidak mengetahui kita ini mau apa, mau kemana, mau ngerjain apa.

Mengetahui hobi dan passion, mendorong kita untuk bisa memulai melangkah. Misal: saya hobi banget bikin roti (ini beneran) dan suka mencoba berbagai macam resep. Saya ingin nih suatu saat nanti bisa membuat channel Youtube dengan niche atau topik seputar roti dan per-baking-an.

Nah, kalau sudah mengetahui hobi kita apa, target kita apa, akan lebih mudah untuk mengembangkan konten kita.

Jika kamu mempunyai hobi gaming, mulai pelajari bagaimana algoritma YouTube bekerja. Buat akun atau channel YouTube dan mulai buat konten game yang disukai dan diminati banyak orang (gamer) dengan cara penyampaian yang unik dan berbeda daripada content creator lainnya.

Melek teknologi

Meskipun tidak harus tech savvy banget, paling tidak, sebagai content creator kita harus tahu dan paham aplikasi apa saja yang digunakan untuk membuat konten. Untuk edit video bisa menggunakan Adobe Premier, grafis sederhana bisa menggunakan Canva, menggali ide topik menggunakan Open AI, dll.

Mengapa? Karena menjadi content creator selalu berhubungan dengan yang namanya teknologi. Akan sangat menghambat kerja dan kinerja jika kita sebagai content creator tidak paham cara menggunakan aplikasi berbasis teknologi. Pasti akan ketinggalan dari content creator yang lain.

Kemampuan membuat produk digital

Contoh saya lagi nih yang suka buat roti 🫓 🫶 Satu saat nanti saya ingin membuat resep roti yang sudah pernah saya coba dan sukses. Resep-resep roti yang dijamin pasti bisa jadi (enggak bakal bantet) dalam satu ebook khusus.

Saya juga ingin membuat video-video bagaimana preparation yang diperlukan dan cara membuat resep tersebut dan mengumpulkannya menjadi kursus online seperti Sourdough School House.

Kita tidak akan bisa memonetisasi konten jika tidak mampu membuat produknya. Itulah mengapa, bagi saya, kemampuan untuk membuat produk digital itu sangat penting bagi content creator.

Tools dan alat

Smartphone dan komputer sangat membantu content creator untuk membuat konten. Apalagi Smartphone dengan kamera pro dan telephoto ciamik seperti ROG Phone 8. ROG Phone 8 juga memiliki fitur Gimbal Stabilizer yang membuat konten bergerak menjadi lebih stabil dan tidak goyang. Ini mah cocok banget buat content creator. Nanti kita lihat spesifikasinya yaa…

ASUS ROG Phone 8 si paling cocok untuk content creator

ASUS ROG sudah terkenal banget dengan brandingnya sebagai gaming phone. ROG Phone 8, dari smartphone gaming untuk hardcore gamer menuju lifestyle mainstream smartphone gaming premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer smartphone gaming. Tentunya dengan semua fitur yang menjadikan ROG Phone 8 worth it banget digunakan oleh content creator.

ROG Phone 8 dirancang khusus lebih dari sekedar smartphone untuk bermain game tapi juga mampu menghadirkan pengalaman premium terbaik bagi audiens yang lebih luas termasuk para gamer, streamer, content creator dan masih banyak lagi.


Fitur-fitur HANDAL ASUS ROG Phone 8



AI noice cancellation

Salah satu fitur ROG Phone 8 yang membuat saya kagum dan berbisik dalam hati “woww keren” selain kamera dan telephoto nya adalah fitur AI noise cancellation. Buat saya yang seorang content creator, fitur ini penting banget. Apalagi buat saya yang hampir setiap hari membuat konten video untuk kursus online.

Mau tahu bagaimana perbedaan recording yang tanpa AI noise cancelling vs dengan AI noise cancelling? Saya merekam di waktu dan jam yang sama sekitar jam 17.30 sore. Dengerin yaa…

Background suara yang tidak diinginkan hilang dan suara recording jadi lebih nyaman untuk di dengar.

Risiko tinggal di dekat jalan besar provinsi adalah banyaknya mobil, truk, motor yang lalu lalang tak kenal waktu. Sering saya sengaja menunggu waktu hingga jam 1 pagi berharap jalanan agak lengang untuk memulai recording. Tapi begitu sudah mau take record, truk lewat lagi dengan suara bising, motor, kucing yang lagi bertengkar 🥲 dan semua itu masuk ke recording. Stress ga sih…

Beda banget kan, recording yang menggunakan AI noise cancelling vs yang tidak pakai. Apalagi jika dipadukan dengan konten video dari ASUS Rog Phone 8, pasti bakalan oke banget. Bening dari sisi visual dan audio nya. Memanjakan penggemar dan follower itu salah satu resep menjadi content creator sukses loh..


32 MP RGBW Ultrawide Selfies

ROG Phone 8 memiliki kemampuan untuk mengambil foto selfie dengan resolusi tinggi 32 megapiksel, menggunakan sensor dengan urutan warna RGBW, dengan lensa yang mampu mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas. Mau foto group selfie? Atau mau foto pernak-pernik properti di atas meja? Pasti kelihatan semua ga ada yang kepotong ❤️


AI kamera

50 MP utama dengan 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0; 13 MP ultrawide yang memiliki lensa bebas; 32 MP telephoto dengan 3X optical zoom dan OIS (Optical Image Stabilization).

itur “6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0” menunjukkan bahwa kamera dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar yang canggih untuk mengurangi goyangan dan getaran saat pengambilan gambar atau video. Ini membantu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan stabil, terutama dalam kondisi smartphone bergerak atau pada saat cahaya rendah.

Fitur “lensa bebas” menunjukkan bahwa lensa ini memberikan sudut pandang yang sangat luas, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan cakupan yang lebih luas daripada kamera utama. Fitur lensa bebas berguna untuk mengambil foto lanskap atau group dengan banyak subjek.

Fitur “3X optical zoom” menunjukkan bahwa kamera ini dilengkapi dengan kemampuan zoom optik 3X, yang memungkinkan pengguna untuk mendekatkan subjek tanpa kehilangan kualitas gambar. Fitur “OIS” (Optical Image Stabilization) mengindikasikan bahwa kamera ini juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar optik untuk mengurangi goyangan saat pengambilan gambar dengan zoom atau dalam kondisi smartphone bergerak atau goyang.


Aero Active Cooler

Meskipun bentuknya lebih ramping, ROG Phone 8 memiliki struktur termal presisi yang revolusioner. Fitur GameCool 8 menggunakan desain Sistem Pendinginan SoC Cooling System Gen 2 yang revolusioner, yang menghasilkan peningkatan efisiensi termal sebesar 22% sehingga perangkat tetap bekerja pada suhu yang aman dan optimal.

Meskipun kita geber untuk nge-game atau editing video, ROG Phone 8 tidak akan mudah panas.


Rapid Cooling Conductor

Membantu menjaga smartphone agar tidak terlalu panas, meningkatkan kinerja, umur, dan efisiensi energi.


Ultra Bright Display

ROG Phone 8 Pro menampilkan panel AMOLED fleksibel terbaru dengan ukuran 6,78 inci yang menggunakan teknologi LTPO untuk mendukung kecepatan refresh adaptif. Sistem yang cerdas dapat secara otomatis menyesuaikan kecepatan refresh dari 1 hingga 120 Hz sesuai dengan tugas yang sedang dilakukan, mengoptimalkan konsumsi daya perangkat.

Pengguna juga memiliki pilihan untuk meningkatkan kecepatan refresh hingga 165 Hz untuk pengalaman bermain game yang halus, sementara kecepatan sampling sentuhan mencapai 720 Hz, memberikan respons yang sangat cepat.

Dengan tingkat kecerahan tertinggi mencapai 2500 nits, pengguna dapat menikmati visual yang luar biasa bahkan di bawah sinar matahari, tanpa kehilangan detail. Kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka, Pixelworks®, memastikan akurasi warna terbaik di dunia. Dengan fitur-fitur ini, ROG Phone 8 Pro menawarkan tampilan yang tak tertandingi, ideal untuk bermain game, menonton film, dan menciptakan konten visual yang mengesankan.


Dust & Water Ressistant

ROG Phone 8 adalah smartphone pertama bersertifikat IP68. IP68 adalah kode sertifikat yang dirilis oleh Komisi Elektronik Internasional yang berarti produk ini bisa dibawa berenang hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. 


AniMe Vision

ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka.

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. 

Dengan semua fitur yang dimiliki ROG Phone 8, percaya deh, pekerjaan content creator seperti mengambil foto, membuat video, mengedit video, merekam game, akan semakin menyenangkan dan wat wut sat set karena di dukung perangkat yang handal banget dan mumpuni.

Semakin menyenangkan saat semua konten yang kita hasilkan bisa menghasilkan pendapatan.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 8

Dimensions / Weight163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g
ColorROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom BlackROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black
Rear CameraMain: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form LensTele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm(Actual output photo: 8 MP)
Front Camera32 MP RGBW,pixel binning 1.4 μm(Actual output photo: 8 MP)
Screen6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits
Battery / Charging5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging
Memory12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB
Frequency5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n794G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B664G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHzGSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz
OthersAccelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC
sumber: press release ASUS ROG 8

Harga dan varian ASUS ROG Phone 8

👉 Berikut adalah harga dan varian produk ASUS ROG Phone 8 yang tersedia:
📱ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – IDR 10.999.000
📱ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – IDR 10.999.000
📱ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – IDR 14.999.000
📱ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – IDR 19.999.000

Promo ASUS ROG Phone 8

🥇 First Sale Promo ⏰ 🏷️

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan
harga mulai dari IDR 10.999.000.

Promo berlaku mulai 20 Mar – 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

🆓 Consumer Launch Sales Promo 🚀 👩‍💼

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap
pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari IDR 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 – 23 Mar 2024.

Akhir kata

ROG Phone 8 adalah pilihan yang ideal untuk content creator karena kombinasi kemampuan kamera yang superior, termasuk resolusi tinggi dan teknologi cooling yang canggih, memungkinkan content creator menghasilkan konten visual yang berkualitas tinggi tanpa khawatir tentang performa atau overheating perangkat.

Dengan fitur-fitur seperti 50 MP kamera utama dengan sistem pendinginan terbaru, lensa ultrawide 13 MP, dan telefoto 32 MP dengan zoom optik, ROG Phone 8 memungkinkan content creator untuk mengambil foto dan video dengan detail yang tajam dan sudut pandang yang luas. Ditambah dengan sistem pendinginan yang efisien dan stabil, ROG Phone 8 memastikan kinerja perangkat yang konsisten bahkan dalam penggunaan berat seperti pengeditan video atau streaming langsung.

Oleh karena itu, bagi content creator yang mencari perangkat yang kuat, andal, dan mampu menghasilkan konten berkualitas tinggi, ROG Phone 8 adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana? Tertarik membeli ASUS ROG Phone 8?

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.