|

ASUS PC Desktops S500, Komputer untuk Memenuhi Kebutuhan Komputasi Keluarga Modern

Komputer, buat ibu rumah tangga pada umumnya mungkin bukan device atau gawai yang biasa dipakai sehari-hari.

Tapi, buat ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah, tiada income datang tanpa kehadiran PC alias komputer šŸ˜Š terutama yang bekerja freelance seperti saya. PC desktop adalah tools dan piranti utama untuk bekerja dari rumah.

Keluarga kecil saya hanya terdiri dari tiga orang, saya, suami dan anak.

Komputer merupakan kebutuhan mutlak sehari-hari buat keluarga kami. Suami, karena dia seorang trader saham, saya yang bekerja freelance, dan anak kami untuk kepentingan belajar dan bermain game online bareng teman-temannya.

Dibandingkan dengan smartphone, belajar dan bekerja menggunakan PC desktop lebih nyaman untuk mata karena ukuran layar yang lebih besar dan lebar. Terutama buat orang dewasa seusia saya yang kalau bales WA typo mulu, pencet apa yang keluar apa šŸ˜ƒ

smartphone vs pc desktop

Alasan mengapa saya lebih nyaman menggunakan PC desktop

Kenyamanan penggunaan PC desktop dibandingkan dengan smartphone bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Ini alasan saya lebih memilih PC desktop

Ukuran Layar

PC desktop biasanya dilengkapi dengan layar yang lebih besar daripada smartphone. Lebih cocok untuk tugas-tugas yang memerlukan tampilan yang luas, seperti pekerjaan kreatif, penulisan, pengeditan video, dan pemrograman. Dengan kata lain, cocok buat saya yang seorang blogger.

Selective Focus Photography of Wireless Keyboard on Desk
Keyboard dan Mouse

Penggunaan keyboard dan mouse fisik pada PC desktop lebih nyaman dan efisien daripada layar sentuh smartphone saat saya harus mengetik panjang, edit dokumen, atau pekerjaan yang memerlukan akurasi tinggi.

Kinerja yang Lebih Tinggi

PC desktop biasanya memiliki kinerja hardware yang lebih tinggi daripada smartphone. Cocok untuk tugas-tugas berat seperti video game, edit grafis, dan pemrosesan data yang besar.

Turned on Monitor, Keyboard, and Items on Desk
Multitasking Lebih Mudah

PC desktop lebih baik dalam melakukan multitasking daripada smartphone. Dengan layar yang lebih besar dan kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, saya dapat dengan mudah beralih ke project dan klien yang berbeda.

Home Office Interior
Kenyamanan Ergonomis

Beberapa orang menganggap bahwa posisi duduk dan penggunaan PC desktop lebih ergonomis daripada penggunaan smartphone yang seringkali melibatkan postur tubuh yang kurang nyaman. Kita tidak bisa bekerja menggunakan PC sambil tiduran šŸ˜

White and Red Computer Keyboard in Close Up Shot
Perangkat Tambahan (Periferal)

PC desktop dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat keras tambahan seperti printer, scanner, webcam, dan perangkat penyimpanan eksternal, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam bekerja dan berkomunikasi.

Anonymous woman working on laptop in room

Kami sekeluarga menggunakan PC desktop untuk 3 hal berikut ini

In general ada tiga hal yang kami sekeluarga biasa lakukan dari rumah menggunakan PC desktop.

01

Work from home

Saya dan suami sama-sama bekerja dari rumah. Jadi, sehari-hari menggunakan komputer PC dan internet untuk bekerja.

02

Learn from home

Bukan hanya anak saya yang memanfaatkan komputer untuk belajar, tapi ibunya juga. Saya banyak belajar tentang cara memasak, membuat roti, dan mempelajari tentang makanan dan bagaimana menjaga kesehatan anabul (kucing dan anjing).

03

Games from home

Ini nih, gaming, hal yang seru dilakukan saat ada waktu luang. Seringnya sih, anak saya yang menggunakan komputer PC desktop untuk nge-game bareng teman-temannya secara online. Kami juga sering nonton drakor dan film bareng-bareng.

Blogging
Investasi saham
Freelancing

Work from home

Trading saham

Demi masa depan yang lebih baik, dari tahun 2017, kami mulai mempelajari tentang investasi saham. Baik sebagai investor maupun trader.

Kami banyak belajar dari Youtube, SPM (sekolah pasar modal), dan juga praktek langsung di aplikasi Profits Phintraco Sekuritas.

FYI, aplikasi trading ini adalah pergerakan real time, komputer yang lemot dan spesifikasi rendah, membuat kita “terlambat” mengetahui pergerakan harga saham. Rugi!

PC desktop yang handal dan was wus seperti ASUS S500MC, bisa banget digunakan oleh keluarga modern yang bekerja dari rumah sebagai trader dan investor saham. Itu karena ASUS S500MC menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11Ā yang membuat kinerjanya lebih cepat.

Freelancing

Dari tahun 2017, saya memutuskan untuk bekerja dari rumah sebagai freelancer alih-alih bekerja kantoran. Sebagai freelancer yang bekerja remote, device dan gawai yang mempunyai spek tinggi sangat membantu kinerja dan berpengaruh dalam kecepatan menyelesaikan deadline.

Saya pernah menggunakan laptop dengan Intel Celeron untuk bekerja dan akibatnya pusing kepala karena loadingnya lama banget. Sedangkan saat saya bekerja, harus membuka banyak tab dan banyak Chrome sesuai klien. Iya, per satu klien, saya menggunakan satu Chrome.

Blogging untuk Pasif Income

Ngeblog atau blogging juga menjadi bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Salah satu tujuan saya ngeblog adalah mendapatkan pasif income. Hal tersebut mulai saya wujudkan melalui online course dan online workshop di courses.indriariadna.com

Recording untuk materi course

Untuk membuat konten materi course yang berbentuk video, saya butuh banget fitur noise cancelling atau peredam suara dari PC desktop yang saya gunakan, soalnya tempat tinggal saya ada di pinggir jalan besar. Meski sudah mengambil waktu untuk recording di malam cenderung dini hari, pasti ada saja suara motor dan mobil lewat yang masuk dengan santainya ke recording yang saya buat.

Maklum, belum punya studio yang dikhususkan untuk recording šŸ˜Š

PC desktop ASUS S500MC mempunyai fitur yang sangat penting dan saya butuhkan karena mempunyai peredam suara. ASUS S500MC memiliki teknologiĀ peredam bisingĀ bertenaga AI (artificial intelligent) yang menggunakan teknikĀ pembelajaran mesinĀ yang canggih.

Meski ada motor atau mobil lewat, suaranya gak akan masuk ke recording karena fitur noise cancelling tersebut.

Online meet

Selain membuat materi video, saya juga mengadakan online meet dengan para peserta online workshop. Juga, terkadang ada interview dengan calon klien dari Upwork menggunakan online meet.

Seringnya saya menggunakan Google Meet yang mempunyai fitur noise cancelling juga. Nah, digabungkan dengan PC desktop ASUS S500MC yang menggunakan teknologi yang mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Bisa dipastikan hasil recording online meet akan jernih banget kualitas suaranya.

Learn from home

Tugas Sekolah Anak

Membuat tugas, print file dan scanning untuk tugas sekolah adalah makanan sehari-hari anak saya, terutama saat harus belajar jarak jauh.

PC desktop mempunyai banyak colokan dan soket untuk perangkat tambahan seperti printer dan scanner sehingga memudahkan anak saya untuk menyelesaikan tugasnya.

Belajar Membuat Roti

Sering, saya dan keluarga mencari resep roti bareng-bareng. Iya, keluarga saya penggemar berat roti buatan sendiri. Perlengkapan per-baking-an sayapun lumayan lengkap mulai dari mixer manual, bread maker, hingga oven listrik.

Dibawah ini adalah beberapa roti hasil kreasi saya dengan menyontek resep dari Youtube dan buku resep. Sudah layak jual belum? Hehehe

Ibu dan adik saya bahkan menyarankan saya membuka PO dan menjual roti šŸ«“ hehe.. Tapi, belum waktunya deh karena saya masih suka berkecimpung di dunia digital.

Game from home = we time

Bukan hanya me time tapi we time šŸ˜„ karena kami sekeluarga suka menghabiskan waktu di rumah.

We time yang biasa kami lakukan adalah

Nonton film dan drakor

Sudah ada list judul film dan drakor yang sudah dan rencananya akan kami tonton bareng. Saya sih sukanya horor dan thriller, suami lebih suka film aksi, anak saya lebih suka film futuristik keluaran Marvel.

Nge-game

Dulu saya suka banget main game Farmville. Kalau anak saya suka main game yang seperti ini:

Mengapa ASUS S500MC adalah pilihan terbaik untuk komputasi keluarga kami?

Produktivitas

Dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dan memori DDR4-2933 hingga 64 GB membuat kinerja ASUS S500MC bebas multitasking dan bebas lag (lemot). Bisa untuk bekerja, belajar, hingga main game dengan mulus.

Grafis

ASUS S500MC dan grafis NVIDIA GeForceĀ® membantu mengedit kreasi dan banyak file dengan mulus dan mudah, baik saat membuat video online pendek, fitur berdurasi penuh , animasi, pemodelan 3D, atau menjelajahi desain grafis. Render lebih cepat, siaran lebih jelas, dan edit video lebih baik dengan GPU NVIDIA di desktop Studio. Cocok banget untuk membuat konten video course sekaligus bekerja freelance dan blogging.

Storage (Peyimpanan)

ASUS S500MC menggunakan penyimpanan dual drives yaitu SSD yang dikombinasikan dengan kapasitas HDD yang sangat besar.

Penyimpanan hingga 1 TB + 2 TB PCIeĀ®Ā x4 SSD + HDD

AI Noise Cancelling Technology

ASUS S500MC memiliki teknologiĀ peredam bisingĀ bertenaga AI yang menggunakan teknikĀ pembelajaran mesinĀ yang canggih. Teknologi ini mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Ini memastikan gangguan minimal untuk komunikasi berkualitas tinggi, jadi seperti berada di ruangan dengan orang lain.

Flat Screen Computer Monitor

Gaming

Grafik yang halus dan jelas sangat penting dalam esports, di mana waktu reaksi sangat berpengaruh untuk sukses tidaknya permainan. ASUS S500MC memiliki kartu grafis diskrit NVIDIAĀ®Ā GeForce RTXā„¢Ā 3060 hingga menghasilkan kecepatan frame rate tinggi yang andal untuk permainan yang cepat dan lancar tanpa lag.

Desain

Tampilan unik, terinspirasi oleh arsitektur geometris modern, mengusung pola segitiga 3D kontemporer dan tekstur rumit untuk melengkapi ruang interior apa pun ā€” dan sangat ideal untuk rumah atau studio kecil. Lebih dari sekadar estetis: sasis yang dimiringkan memungkinkan peningkatan aliran udara melalui alas, meningkatkan pendinginan untuk kinerja yang mulus.

Konektivitas

Untuk konektivitas yang lebih baik, ASUS S500MC memiliki total 8 port USB.

Empat port dipasang di depan untuk menghubungkan drive eksternal, kamera, atau perangkat seluler tanpa harus menjangkau bagian belakang PC.

Handal

ASUS S500MC dirancang untukĀ penggunaan jangka panjang dan sudah menjalani serangkaian uji kebisingan, getaran, jatuh, dan kejut termal yang ketat untuk memastikan memenuhi standar ASUS dan melebihi standar yang ditetapkan oleh produsen lain.Ā 

Spesifikasi ASUS S500MC

Model
S500MC
Color
Black
Operating System
Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Mutakhirkan ke Windows 11Ā¹Ā 
Processor
IntelĀ® Coreā„¢ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
IntelĀ® CeleronĀ® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
IntelĀ® PentiumĀ® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
IntelĀ® Coreā„¢ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
IntelĀ® Coreā„¢ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
IntelĀ® Coreā„¢ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
Chipset
IntelĀ® B560 Chipset
Memory
2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
SATA
4 x SATA 6.0Gb/s ports
Storage
1TB SATA 7200RPM 3.5″ HDD
Optical Drive (Optional)Without optical drive
Front I/O Ports
1x MIC in
1x Headphone
2x USB 2.0 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Rear I/O Ports1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
1x DVI-D
2x PS2
1x Serial port
3 x Audio jacks
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Expansion Slots(includes used)1x M.2 connector for storage
1x PCIeĀ® 3.0 x 16
2x PCIeĀ® 3.0 x 1
1x M.2 connector for WiFi
AudioHigh Definition 7.1 Channel Audio
Network and CommunicationWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + BluetoothĀ® 5.3 Wireless Card
Power Supply160W power supply (peak 200W)
200W power supply (80+ Bronze, peak 250W)
300W power supply (peak 350W)
500W power supply (80+ Bronze, peak 550W)
Weight
05.90 kg (13.01 lbs)
Dimensions (W x D x H)16.00 x 31.89 x 36.78 cm (6.30″ x 12.56″ x 14.48″)
Microsoft Office1-monthĀ trialĀ forĀ newĀ MicrosoftĀ 365Ā customers.Ā CreditĀ cardĀ required.
Ecolabels & CompliancesRoHS
REACH
SecurityKensington Security Slotā„¢
McAfee LiveSafeā„¢ 30-day trial
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
Included in the Box (Optional)Wired optical mouse
Wired keyboard
Spesifikasi ASUS
S500MC

Akhir kata

Brand ASUS yang didirikan tahun 1989 ini mempunyai banyak pilihan line produk untuk komputasi keluarga modern.

Pilih yang sesuai kebutuhan dan sesuai juga dengan budget pastinya ya.

Kalau saya dan keluarga, ASUS S500MC lebih cocok sebagai pilihan karena sesuai dengan kebutuhan untuk bekerja, belajar, dan bermain.

Apa nih, produk ASUS pilihan kalian?

Referensi:

https://www.asus.com/id/displays-desktops/tower-pcs/everyday-use/asus-s500mc/techspec/

Similar Posts