Membangun Usaha Bakery Dari Rumah Bareng KiriminAja

Sedari remaja, saya suka sekali mengumpulkan berbagai resep dari tabloid cetak. Maklum, di tahun 1990-an belum ada blog atau Youtube yang bisa kita baca dan tonton seperti saat ini. Jadi, jika saya membeli tabloid dan ada resep yang menarik, tabloid itu akan saya simpan.

Beberapa kali saya mencoba resep yang saya pikir “agak” mudah dibuat anak seusia 15 tahun kala itu. Bakwan jagung, perkedel kentang, bolu kukus, nasi goreng, dan brownies kukus adalah beberapa resep yang pernah saya coba sewaktu remaja. Rasanya seneng aja melihat apa yang kita buat bisa di makan. Bonus jika bentuknya cantik 😊

Selama satu tahun menganggur setelah lulus kuliah pun, saya tidak benar-benar menganggur. Saya menunggu kesempatan mendapat panggilan interview sambil membuat bolu kukus yang kemudian saya titipkan di beberapa tempat. Kantin sekolah dan beberapa toko.

Meski hasilnya receh, saya bangga bisa menghasilkan uang sendiri untuk sekedar bisa membeli jajan.

Masa ini, hampir sepuluh tahun sudah saya menekuni pekerjaan remote dan digital sebagai freelancer. Meski sibuk, membuat roti sendiri adalah satu kegiatan yang bisa menjadi stress release tersendiri buat saya. Menakar adonan, mengaduk, mengulen, dan membentuk roti mampu membuat otak saya rehat dan rileks sejenak.

Beberapa teman FB berkomentar, “kok sempat-sempatnya bikin roti..”

Mereka tidak tahu, stress release saya bukan healing bukan gaming tapi bermain dengan tepung 😁

Keluarga kecil saya bisa dibilang sangat menyukai roti. Roti apapun yang saya buat, pasti bakalan laris manis diserbu anak dan suami. Mereka adalah penggemar berat roti buatan saya 😊 Dibawah ini beberapa roti yang sempat saya abadikan.

Homebake selling for additional income

Buat ibu rumah tangga, mempunyai keterampilan membuat aneka roti bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Hobi yang dibayar pasti lebih mengasyikkan daripada kita terpaksa bekerja yang tidak sesuai passion.

Pernah terpikir untuk mendapatkan lebih dari satu sumber income? Saya sering banget…dan sudah melakukan beberapa hal untuk menambah income.

06

Custom WordPress Website

Untuk teman-teman blogger dan UMKM yang kesulitan membangun website, saya menawarkan bantuan untuk install dan customized website berbasis WordPress.

07

Program Affiliate Indri Ariadna

Saya membuka program affiliate partner untuk teman-teman yang tertarik berjualan produk digital seperti ebook dan ecourse.

08

Trading dan Invest Saham

Sejak tahun 2017, saya dan suami mulai belajar tentang pasar modal dan bertransaksi sebagai trader dan investor.

Additional income

Beberapa sumber tambahan penghasilan

01

Ebook

Ada banyak ebook yang saya buat. Salah satu diantaranya adalah Guide to Upwork.

02

Online courses

Saya memulai membangun online courses tentang freelancing dan virtual assistant sejak dua tahun lalu.

03

Workshop dan Webinar

Workshop dan webinar tentang freelance juga sering saya adakan untuk berbagi pengalaman.

04

Freelancing di Upwork

Dari tahun 2016, saya bergabung menjadi freelancer di Upwork.

05

Knowledge Sharing

Berkolaborasi dengan komunitas ibu-ibu dan perempuan untuk berbagi pengalaman tentang freelancing.

Jika dilihat, semua keran income yang saya bangun berhubungan erat dengan dunia digital. Benar, dunia digital adalah hal yang saya sukai dari pertama kali saya mengenal komputer.

Di sisi lain, menjual produk digital sangat minim resiko, bisa dikerjakan tanpa modal besar. Produk-produk digital dibuat sekali dan kita bisa menjualnya berkali-kali. Sangat berbeda dengan produk fisik.

Tapi entah mengapa, selama beberapa tahun ini saya sering memimpikan untuk bisa berjualan roti homemade. Bukan membuka toko roti, tapi membuat dan menjual roti dari rumah.

Dalam membuat produk apapun entah produk digital ataupun fisik, saya selalu berusaha menekan modal keuangan. Saya berusaha menggunakan apa yang ada dulu daripada harus berinvestasi banyak di depan.

Sama dengan usaha roti yang ingin saya rintis ini, duh betapa saya harus menahan diri untuk tidak membeli cetakan-cetakan kue dan puding yang lucu-lucu dan menarik hati. Meskipun sudah beberapa kali checkout juga hahaha….

Beberapa peralatan seperti loyang berbagai ukuran, cup untuk bolu kukus, cetakan puding, cetakan kue bolu, semua sudah ada. Jadi saya berpikir untuk memanfaatkan yang sudah ada dulu sehingga roti-roti yang saya buat nanti bentuknya akan menyesuaikan loyang yang ada.

Beberapa roti yang sudah pernah saya coba buat dan sukses adalah brownies, kue sus, roti manis, roti sosis, bolu tape, bolu original dan cookies.

Meskipun mungkin akan lebih melelahkan daripada membuat produk digital, tapi rasanya akan sepadan jika hobi membuat roti ini bisa sukses dan menjadi rintisan UMKM.

Meskipun berupa usaha rumahan dan masih akan memulai, saya tetap perlu membuat bisnis plan untuk usaha bakery impian saya.

Pentingnya bisnis plan usaha bakery rumahan

bisnis plan

Ini yang saya lakukan sebelum launching usaha bakery dari rumah

Saya melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mendukung usaha bakery yang saya ingin wujudkan.

High angle of metal saucepans on wooden table with eggshells rolling pin and flour

Pentingnya memilih partner delivery

Saya sering membeli barang dari ecommerce. Salah satu alasan, harga ecommerce lebih murah daripada harga toko di kota tempat saya tinggal. Meskipun sudah ditambah ongkos kirim, masih lebih murah juga harga dari ecommerce.

Saya senang dong mendapatkan gratis ongkir, tapi seringkali pengirimannya ampunnnn lama banget, ada kalau 2 minggu barang yang saya beli baru bisa saya terima. Sebenarnya gapapa banget sih membayar ongkos kirim (dengan subsidi) asalkan saya bisa menerima barang lebih cepat.

Nah, untuk usaha bakery saya nantinya, saya ingin memilih partner delivery dengan lebih cermat. Jika bisa, pelanggan bisa mendapatkan gratis ongkir serta layanan delivery yang cepat. Saya inginnya pelanggan menerima produk yang mereka pesan dalam keadaan hangat kalau bisa.

Mengapa KiriminAja menjadi pilihan saya?

KiriminAja adalah aplikasi yang membantu kita memudahkan dalam pengiriman paket. Kamu tidak perlu repot lagi, tinggal klik lewat aplikasi, kurir akan datang mengambil paket dirumah. Cocok banget untuk partner usaha bakery yang ingin saya rintis nih!

Salah satu fitur yang tidak bisa saya temukan di platform lain adalah, kita bisa mengecek ongkos kirim dari berbagai ekspedisi melalui dashboard KiriminAja. Menghemat waktu dan kita bisa membandingkan tarif ongkos kirim lebih cepat.

Selain cek tarif ongkos kirim, kita juga bisa melacak keberadaan paket dengan cara memasukkan nomor resi ke website KiriminAja. Tidak khawatir barang yang kita beli menghilang di tengah jalan.

Layanan KiriminAja

kiriminaja

Benefit dan keuntungan menggunakan KiriminAja

Solusi pengiriman efektif dan efisien untuk bisnis saya dan Anda.

Layanan Kurir

Pengiriman Instan, sameday, Next day, reguler, ekonomis, dan kargo

Support 24/7

Kemudahan

Dengan Platform yang lengkap Dashboard, Mobile, dan API sangat mudah menggunakan KiriminAja

Sistem Otomatis

Cetak resi / AWB, tracking, dan Report yang lengkap

Service Kurir

Kemudahan memilih banyak kurir dalam satu platform

Jangkauan Terluas

Dengan Jumlah kurir 15+ seluruh area origin dan destinasi terbuka luas untuk pengiriman

Pembayaran

Semua pembayaran menggunakan digital

Pickup/DropOff

Dengan tanpa minimal paket dapat di pickup di tempat / di drop agen

KiriminAja juga berkomitmen memberikan pendampingan demi peningkatan penjualan dan perluasan pasar pelanggannya dalam bisnis daring (online). Jadi, ibu rumah tangga yang kurang cakap digital tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis atau usaha online.

Cara Menggunakan Aplikasi KiriminAja

Kita bisa membuka aplikasi KiriminAja melalui browser maupun via aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore maupun Appstore.

Kita bisa mendaftar gratis untuk mengetahui bagaimana dashboard dan apa saja yang bisa kita lakukan di aplikasi layanan KiriminAja.

Di atas adalah tampilan dashboard aplikasi KiriminAja.

Nah, saya sempat mengulik di tab pengiriman dan saya mencoba Paket Instant untuk mengetahui berapa tarif ongkos kirim dan kurir apa saja yang tersedia jika ada pelanggan yang membeli roti saya.

Dibawah ini saya sertakan video singkat setelah memasukkan data-data yang diperlukan seperti alamat asal pengiriman, nama pengirim, nomor telpon pengirim. Lalu data nama penerima, alamat pengiriman, nomor telpon penerima. Juga barang yang dibeli (bisa di search atau ambil dari katalog produk) baru kemudian kita bisa melihat kurir apa saja yang tersedia beserta dengan tarif ongkos kirimnya.

Akhir kata

#BisnisJadiTenang kalau kita sudah memahami elemen-elemen penting yang ada di dalam usaha yang akan kita jalankan.

Saya mau membuat usaha roti dan bakery dari rumah nih, kalau kamu?

Apapun usaha yang kita lakukan, jika harus menggunakan jasa layanan pengiriman, pastikan untuk menggunakan aplikasi KiriminAja, platform order pengiriman berbagai ekspedisi, agar para online seller dapat dengan mudah melakukan pengiriman paket COD maupun NON COD ke seluruh Indonesia.

Referensi

https://kiriminaja.com/

https://www.gatra.com/news-561386-regional-kiriminaja-ekspedisi-lokal-yogyakarta-beri-pendampingan-bisnis.html

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.